Ingin Cepat Beli Rumah Impian? Ini 9 Langkah Mudah yang Harus Kamu Terapkan

brunch.co.kr

Siapa sih yang nggak pengen beli rumah? Pasti semua menginginkannya, terlebih bagi kamu yang sudah bekerja dan memiliki karier. Namun, membeli rumah impian juga nggak mudah, banyak yang harus dilakukan dan dipikirkan. Tapi meski begitu bukan mustahil kok untuk kamu wujudkan.

Yang perlu kamu tahu adalah jangan menunda-nunda. Jika kamu merasa karier sudah stabil, mulailah untuk berpikir membeli hunian untuk masa depan. Tapi bagaimana memulainya? Yuk, kepoin!

1. Pertama, mulailah melunasi semua utang-utang kamu

www.popsugar.com

Mungkin ini langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai semuanya. Sebab, utang akan menjadi beban perjalananmu dalam mewujudkan rumah impian nanti. Jadi pastikan sebelum memulainya, utang kamu semua sudah lunas. Sehingga kamu akan lebih nyaman dan fokus dalam melancarkan strategi nantinya.

2. Jangan menunda dan mulailah tujuan yang jelas

www.huffingtonpost.com

Rumah adalah bentuk investasi positif dan nilainya selalu bertambah. Artinya apa? Semakin kamu menunda, harganya akan semakin mahal. Lalu kamu harus bagaimana? Yang jelas kamu harus mulai membenahi keuangan kamu, salah satu caranya dengan menabung. Dalam hal ini kamu harus punya komitmen sejak awal, agar lancar dalam mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Tak lupa, tujuan juga harus kamu miliki agar semua fokus dan terarah. Sebab akan susah jika kamu menabung tapi tujuan dan misinya tidak jelas.

3. Tentukan jumlah yang paling ideal untuk ditabung.

dbafamily.com

Jangan menentukan nominal yang tidak mungkin kamu lakukan. Jadi carilah yang paling ideal dan kamu mampu. Sebenarnya tak perlu dengan jumlah yang tinggi juga, sekalipun itu uang recehan, karena prinsip menabung adalah konsisten. Jika kamu memiliki jumlah yang ideal, tentu menjalaninya nggak jadi beban.

4. Kamu juga harus memiliki target tabungan yang jelas

www.huffingtonpost.com

Tentu menabung akan terasa lebih mudah jika semua sudah tersistem. Pengelolaan keuangan juga harus tertarget, misal target harian, mingguan atau bulanan. Tapi jumlahnya juga nggak harus besar, yang penting kamu nyaman saat menjalaninya. Sebab, kontrol semua ada di tanganmu.

5. Pengeluaran kamu harus dikelola secara ketat
www.tplmoms.com

Masalah pengeluaran biasanya menjadi masalah utama semua orang. Sebab, tanpa perhitungan yang baik tentu kamu bisa menjadi boros. Jadi yang bisa kamu lakukan adalah membiasakan diri memperhitungkan setiap rupiah yang kamu keluarkan, sekalipun itu jumlahnya kecil. Karena sekecil apa pun itu nominalnya, akan menjadi besar nantinya.

6. Mulailah belajar untuk hidup hemat
abcnews.go.com

Mungkin ini menjadi tantangan paling sulit bagi kamu. Sebab, dengan banyaknya ‘godaan’ diskon dan lainnya, hidup hemat akan tidak mudah. Tapi demi rumah impian, hal ini harus kamu lakukan dan membiasakan diri untuk hidup seperti ini. Jika kamu bisa melakukannya, uang bisa kamu alokasikan untuk mengisi tabungan kamu.

7. Terapkan belanja cerdas

sonomachristianhome.com

Jika tanpa perhitungan dan pengelolaan yang baik, belanja bisa tak tepat sasaran dan terkesan pemborosan. Cara paling mudah untuk meminimalisir hal ini adalah dengan menbuat catatan atau daftar belanja. Tulis belanja yang paling prioritas hingga kebutuhan secara umum. Tapi kamu wajib mematuhi catatan ini agar semua pengeluaran terkontrol.

8. Tabungan dalam bentuk emas

themeefy.com

Jika ingin memiliki tabungan jangka panjang, emas menjadi pilihan yang tepat karena nilainya cenderung stabil. Cara ini cukup efektif, terutama bagi kamu yang menabung dalam waktu yang panjang. Tapi, tentu saja sebelumnya kamu harus belajar dulu tentang investasi emas itu seperti apa, agar kamu nggak kebingungan nantinya.

9. Lakukan trik menabung dalam bentuk ‘rumah’

www.educatiefinanciara.info

Seperti apa menabung dalam bentuk rumah? Tentu yang dimaksud bukan rumah beneran. Tapi begini, setiap uang yang masuk kamu alokasikan untuk mencicil ‘membangun’ rumah. Misalnya, mengumpulkan uang untuk membangun pondasi, atap, dinding, dan lainnya. Cara ini bisa menumbuhkan motivasi dan semangat untuk kamu menabung.

Saat menjalankan langkah-langkah tadi tentu akan tidak mudah dan membutuhkan komitmen yang kuat dari awal. Kamu juga bisa melibatkan anggota keluarga, bahkan calon suami untuk menabung membeli rumah, agar menjalaninya terasa lebih ringan. Jangan lagi menunda-nunda jika kamu memang menginginkan membeli rumah, karena semakin lama nilai ini akan semakin tinggi dan mahal. Selamat mencoba!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Artis-artis Pria dengan Wajah Pas-pasan ini Berhasil Merebut Hati Wanita yang Cantiknya Aduhai!

Artis-artis Pria dengan Wajah Pas-pasan ini Berhasil Merebut Hati Wanita yang Cantiknya Aduhai!

7 Alasan Kamu yang Suka Begadang Bisa Disebut Pribadi yang Cerdas dan Kreatif!

7 Alasan Kamu yang Suka Begadang Bisa Disebut Pribadi yang Cerdas dan Kreatif!

Kalau Nggak Mau Mati Muda, Ini Pola Hidup Remaja yang Harus Kamu Perbaiki

Kalau Nggak Mau Mati Muda, Ini Pola Hidup Remaja yang Harus Kamu Perbaiki

10 Nama Akun Facebook Orang Indonesia yang Unik dan Bikin Ngakak

10 Nama Akun Facebook Orang Indonesia yang Unik dan Bikin Ngakak

Ingin Jadi Pebisnis Sukses? Gabung Deh di 5 Komunitas Bisnis Anak Muda Ini!

Ingin Jadi Pebisnis Sukses? Gabung Deh di 5 Komunitas Bisnis Anak Muda Ini!

Kalau Cewek Punya 10 Hal Ini, Dijamin Cowok Nggak Bakalan Mau Nikahin Kamu

Kalau Cewek Punya 10 Hal Ini, Dijamin Cowok Nggak Bakalan Mau Nikahin Kamu

loading