Ingin Agar Tidak Cepat Pikun? Baca 10 Fakta Menarik Ini

30 Maret 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Sadar nggak sih, ketika kita berbicara, menyetir, atau melakukan sesuatu itu merupakan hasil dari ingatan kita? Kita nggak mungkin bisa mengucapkan kata “I love you” tanpa adanya ingatan mengenai arti “I love you” itu sendiri. Sama juga ketika kita menyetir, kita nggak akan bisa lancar membawa mobil kalau kita tiba-tiba lupa banget bagaimana caranya menghidupkan mesin mobil kan? Ternyata ingatan terutama tentang informasi berperan penting di keseharian kita, tapi sayangnya banyak yang nggak memelihara ingatannya dengan baik sehingga jadi cepat lupa. Kalau kamu tahu 10 fakta menarik tentang ingatan ini, pasti kamu nggak ingin cepat pikun dan jadi tua kan.

1. Hipokampus sang aktor utama

Semua ingatan itu disimpan di dalam otak dan bagian yang paling berperan penting adalah hipokampus. Mulai dari kamu melihat, mendapatkan informasi, mengaturnya, sampai menyimpannya ke dalam kotak memori adalah tugasnya hipokampus. Semakin tua, fungsi kerja hipokampus menjadi lebih lambat sehingga cepat pikun. Kalau hipokampus rusak, ini bisa membuat kamu mengalami anterograde amnesia alias hanya ingat kejadian lalu dan nggak bisa mempelajari sesuatu yang baru. Sedih banget kan?

2. Kebanyakan ingatan jangka pendek cepat terlupakan

Pernah lupa nama seseorang beberapa detik setelah kenalan? Faktanya, secara umum kita hanya mampu mengingat 7 hal dalam jangka waktu 20-30 detik. Kalau kita dipaksakan untuk menghapal lebih dari 7 hal dalam jangka waktu tersebut, udah pasti bakalan banyak bengongnya deh. Itulah mengapa kita nggak dianjurkan untuk menghapal banyak materi sehari sebelum ujian, karena waktunya nggak cukup untuk menampung sebanyak itu.

3. Ujian mempertajam ingatan

Tujuan dari ujian adalah untuk ngetes apakah kita mengingat apa yang sudah kita pelajari. Ketika ujian pun kita dipaksa untuk mengingat-ingat materinya, sehingga ujian dianggap sebagai ajang untuk menguji kemampuan otak kita. Sebenarnya semakin sering ingatan kita diuji, maka semakin tajam pula ingatan kita. Jadi harus berterima kasih nih sama bapak ibu guru!

4. Ningkatin ingatan? Bisa dipelajari kok

Mungkin kita sering mengeluh kenapa sih kita mudah lupa. Dari kamar jalan ke dapur, sampai dapur kok lupa ya mau ngapain? Sering terjadi? Nah, agar kita nggak mudah lupa, kita bisa banget nih meningkatkan kapasitas memori kita. Cara simpelnya sih bisa dengan catatan, mengaitkan kata-kata dengan gambar, menghapal dengan cara dinyanyikan, dan masih banyak lagi.

5. Ada 4 hal yang bikin kita lupa

Kenapa sih kita bisa lupa? Bisa jadi karena kita gagal menerima informasi secara lengkap. Kedua, bisa jadi karena apa yang ingin diingat tertimpa ingatan lain. Ketiga, informasi yang akan diingat mirip dengan ingatan yang lain jadi tertukar deh. Dan yang terakhir kalau kita mengalami trauma atau kerusakan pada sistem ingatan kita.

6. Gambaran amnesia dalam film seringkali salah

Jadi, ada dua jenis amnesia. Anterograde amnesia adalah ketidakmampuan mengingat hal-hal baru, jadi hanya ingat memori-memori lama. Kalau retrograde amnesia adalah ketidakmampuan mengingat memori lama, tapi bisa mengingat hal baru. Seringkali di film amnesia digambarkan sebagai seseorang yang lupa identitas secara total. Padahal nggak gitu. Amnesia yang sebenarnya hanya lupa di bagian-bagian hidup tertentu. Dan faktanya, di dunia lebih banyak yang mengalami anterograde amnesia daripada retrograde amnesia lho.

7. Aroma atau wewangian bisa memicu ingatan

Lagi jalan-jalan di mall dan tiba-tiba tercium aroma parfum mantan pacar yang kemudian bikin kita galau? Itu karena memang aroma bisa memicu kita mengingat sesuatu yang penting, terutama tentang kejadian yang berkaitan dengan aroma itu. Sederhananya, ketika kita mencium aroma mie goreng instan, tanpa melihat mie tersebut kita sudah bisa mengingat betapa enaknya makanan tersebut. Jadi laper deh!

8. Ada jalur baru yang dibuat di otak setiap kali kita mengingat

Otak kita terdiri dari milyaran sel saraf beserta serabut-serabutnya yang saling berhubungan. Ketika kita membuat ingatan baru, kita pun akan membentuk jalur sel saraf yang baru. Semakin sering kita berlatihnya dan mengingat maka semakin kuat pula ikatan antar sel saraf tersebut. Makanya, kita harus memeliharanya agar kita bisa mudah mengingat sesuatu yang penting seperti menghindari stres, nggak mengonsumsi narkoba, banyak berlatih, dan terus menstimulasi.

9. Tidur nyenyak bikin ingatan semakin bagus

Ketika kamu selesai belajar, sebaiknya segera tidur. Ketika tidur, informasi yang telah diterima sebelumnya disimpan dengan baik karena nggak ada stimulasi lain yang mungkin bisa mengganggu informasi yang disimpan tersebut. Itulah mengapa kita nggak dianjurkan untuk begadang ketika menjelang ujian sebab sebenarnya apa yang kita pelajari akan terhapus begitu aja karena kita nggak tidur cukup.

10. Kita nggak bisa terhindar dari pikun di masa tua

Sebaik apa pun kita mencoba memelihara ingatan kita, tetap aja akan ada waktunya kemampuan memori kita menurun dan nggak sebagus saat muda. Itu karena semakin berumur, sel saraf yang saling berkaitan tadi semakin berkurang kekuatannya. Jadi maklum aja ya sama kakek dan nenek yang udah pikun karena nanti kita pun akan pikun juga. Tapi kita bisa banget mengundur masa pikun kita dengan sering melatih ingatan kita seperti membaca dan bersosialisasi.

Fakta-fakta ini mengingatkan kita untuk memelihara otak kita agar kemampuan kita dalam mengingat bisa lebih optimal dan nggak cepat pikun. Kita bisa berolahraga, rajin-rajin membaca, dan mengasah ingatan kita dengan terus belajar. Nggak mau kan cepat pikun, apalagi masih muda?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES