Ilmu Tak Tertulis yang Harus Dipelajari Sebelum Resmi Menikah

unsplash.com

Siapa yang nggak ingin menikah dan menjalani kehidupan bersama dengan orang tersayang selamanya? Semua orang pasti ingin menikah dan hidup bahagia. Tahan, menikah ternyata nggak sesimpel itu.

Menikah memang proses penyatuan antara kamu dan pasangan. Yang harus kamu tahu pernikahan bisa jadi membahagiakan jika kita punya ilmu. Tapi juga bakal menyiksa kalau sejak awal kamu buta dengan realita.

Menikah menyatukan banyak kepala untuk segala kondisi. Nggak cuma akan berhubungan dengan pasangan, tapi juga keluarga besar. Menikah nggak hanya modal cinta, melainkan ilmu dan sikap dewasa. Maka dari itu, sebaiknya kamu menyadari alasan kenapa menikah nggak cuma butuh cinta dan uang. Tapi juga ilmu!

1. Baru akan mengenal siapa dan seperti apa pasanganmu

pexels.com

Di masa pacaran, semua serba ditoleransi. Kamu dan pasangan bakalan jaga image. Semuanya terlihat indah dan seperti nggak menemukan kekurangan di pasanganmu. Tapi setelah menikah dan menganggap sudah saling memiliki satu sama lain, seluruh sifat dan karakter yang selama ini disembunyikan akan muncul ke permukaan.

Di sinilah ilmu dibutuhkan. Banyak orang yang beranggapan setelah menikah sifat buruk pasangan bisa berubah. Tapi faktanya, nggak. Sifat dan karakter itu bawaan. Setelah mengetahui sifat buruk pasangan, kamu butuh bimbingan dalam menjalani pernikahan. Perlu bekal ilmu yang kuat untuk mengolah emosi dan perasaan dalam menghadapi sifat buruk yang baru kamu tahu. Kalau nggak pintar mengolah perasaan, bisa-bisa rumah tangga jadi taruhan.

2. Nggak lagi punya pilihan untuk putus

pexels.com

Ketika pacaran, kamu bebas untuk memutuskan apakah hubungan masih bisa dilanjutkan atau nggak. Kamu masih memiliki banyak kesempatan untuk menilai dan mengenal pasanganmu dengan baik sebelum kamu mantap untuk menikah.

Tapi setelah menikah, kamu nggak punya pilihan lagi untuk putus. Ini kenapa menikah aja butuh ilmu. Kalau kamu masih aja egois dan berkeinginan agar pasangan mengikuti semua kemauanmu, imbasnya bisa ke kehidupan pernikahanmu. Maka dari itu, perlu untuk mematangkan mental dan siap lahir batin untuk menikah.

3. Harus dewasa dalam menghadapi masalah

pexels.com

Selain percaya, kunci dari pernikahan adalah harus berubah menjadi lebih dewasa. Waktu pacaran, mungkin masih bisa manja-manjaan dan nggak mau mengakui kesalahan karena gengsi. Setelah menikah, kamu akan bergelut dengan banyak hal yang mungkin nggak semuanya bisa diterima oleh kamu.

Maka dari itu, kedewasaan sangat dibutuhkan saat menikah. Kamu harus berani mengakui kesalahan, meminta maaf bahkan berbesar hati untuk memaafkan. Kamu nggak cuma butuh cinta dan uang untuk menikah. Karena masalah nggak selalu bisa diselesaikan tanpa adanya kedewasaan.

4. Sadar bahwa berumah tangga itu butuh kesiapan finansial

pexels.com

Menikah itu nggak perlu nunggu mapan. Tapi menikah nggak juga bisa lepas dari materi. Kamu dan pasangan harus benar-benar realistis. Menikah itu memulai kehidupan yang baru. Semuanya sangat baru untuk dilalui.

Tadinya listrik nggak pernah bayar, makan tinggal minta mama, uang kadang masih minta papa. Setelah menikah, semuanya harus ditanggung berdua. Mulai dari uang sewa rumah buat yang mengontrak, listrik, belanja bulanan hingga makan sehari-hari.

Kalau nggak pernah dan nggak biasa mengelola finansial sendiri, pasti bakalan pusing tujuh keliling. Maka dari itu, kalian butuh untuk membuat rencana keuangan secara matang.

5. Nggak terbuka dengan pengeluaran
pexels.com

Hal yang sepele lama bisa berbahaya bagi pernikahanmu. Selingkuh uang apalagi. Selingkuh uang adalah ketidakterbukaan antara kamu dengan pasangan tentang penggunaan uang. Entah itu pendapatan dan pemasukan yang didapat nggak jelas dari mana.

Selingkuh uang ini umumnya terjadi saat pasangan yang sembunyi-sembunyi saat membeli sesuatu. Mungkin awalnya bertujuan supaya nggak ada cekcok karena masalah sepele. Tapi jika terus-terusan terjadi, bakalan jadi masalah besar.

6. Tahu kapan waktu yang tepat untuk memiliki anak

pexels.com

Bagi sebagian besar orang, tujuan menikah adalah memiliki keturunan. Tapi, nggak semua pasangan memiliki kesiapan mental yang baik untuk punya anak di awal pernikahan. Hal ini bisa dipicu usia yang masih muda, keinginan untuk berkarier ataupun kesiapan finansial.

Maka dari itu, merencanakan waktu yang tepat untuk memiliki anak itu sangat penting. Jangan terlalu mendengarkan kata orang tentang harus segera memiliki anak. Kamu bisa mengatur rencana kalian berdua tentang kapan siap untuk memiliki anak. Kesiapan mental si calon orangtua jadi hal terpenting untuk memiliki anak yang sehat dan bahagia di kemudian hari.

7. Sepakat tentang banyak hal terlebih dahulu

pexels.com

Ketidaksepakatan dalam hal kecil bisa menimbulkan permasalahan. Ada baiknya sebelum menikah, kalian membicarakan segalanya secara terbuka sebelum memutuskan untuk menikah. Banyak pasangan yang nekat menikah tanpa terlebih dahulu menyepakati hal yang riskan terjadi perbedaan pendapat.

Sebelum menikah, ada baiknya kalian membicarakan tentang usia yang pas untuk memiliki anak, kelanjutan karier sampai visi dan misi untuk memiliki hunian tetap. Penting dibicarakan sejak dini agar pernikahan kalian punya tujuan yang jelas.

Menikah itu gak sesederhana kelihatannya. Selalu ada selisih paham, sifat buruk yang baru ketahuan dan  ketidakcocokan yang akan dihadapi. Dibutuhkan ilmu sebelum menikah agar masing-masing bisa lebih menjaga ego dan keutuhan rumah tangga.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

Cara Download Foto di Instagram Paling Lengkap dan Anti Rempong | Keepo.me

Langkah Sederhana untuk Kurangi Plastik dan Sampah Rumah Tangga

Langkah Sederhana untuk Kurangi Plastik dan Sampah Rumah Tangga

Hijau dan Segar, Ini 16 Manfaat Selada untuk Bantu Perbaiki Kualitas Hidupmu | Keepo.me

Hijau dan Segar, Ini 16 Manfaat Selada untuk Bantu Perbaiki Kualitas Hidupmu | Keepo.me

7 Tanda Mentalmu Sudah Sekuat Baja, Nggak Gampang Melempem Kayak Tempe

7 Tanda Mentalmu Sudah Sekuat Baja, Nggak Gampang Melempem Kayak Tempe

Warganet Singapura Dihebohkan Sama Kemunculan Mobil Misterius, Milik Sang Penjelajah Waktu? | Keepo.me

Warganet Singapura Dihebohkan Sama Kemunculan Mobil Misterius, Milik Sang Penjelajah Waktu? | Keepo.me

Nasihat Bijak Agar Pantang Menyerah dalam Meraih Cita-cita

Nasihat Bijak Agar Pantang Menyerah dalam Meraih Cita-cita

loading