Ide Camilan Legit Ala Kafe yang Bisa Dibikin Sendiri di Rumah

unsplash.com

Duduk manis di kafe memang membawa suasana yang beda untukmu. Mungkin karena interior dan dekorasinya yang cozy dan tampilan makanannya yang menawan membuat pelanggannya jadi betah berlama-lama di sana.

Namun karena pandemi belum suai, sepertinya agenda ke kafe jangan dilakukan terlalu sering dulu. Sekalian penghematan, bikin sendiri resep dessert yang tersaji di kafe dan meraciknya di dapur rumah sendiri.

Resepnya nggak serumit yang dibayangkan. Jika diperhatikan, kamu tak akan menyangka kalau cara membuatnya ternyata semudah ini. Bahkan ada yang hanya cukup memakai tiga bahan.

1. Strawberry toast

unsplash.com

Dessert ini cukup sering ditemukan resepnya di akun-akun gaya hidup ala Korea dan Jepang. Bikinnya nggak susah. lho. Kamu hanya butuh roti tawar yang dihilangkan pinggirannya, krim keju atau whipped cream, dan buah stroberi. Tata dengan cantik dan sajikan di piring bareng teh atau kopi. Kamu bisa bikin versi krispi dengan memanggang dulu roti tawar tanpa mentega.

2. Potato wedges

unsplash.com

Harga potato wedges di sebuah kafe bisa dibanderol cukup mahal. Itu karena kamu pun secara tidak langsung membayar untuk menikmati suasananya yang kece dan nyaman. Potato wedges begini sangat mudah dibuat. Cukup siapkan kentang, garam, dan saus sambal.

Cuci bersih kentang, tidak perlu dikupas, potong berbentuk balok dan rendam dulu dalam air dingin selama beberapa menit. Setelah itu, buang air rendamannya. Proses ini bisa membuat kentang terasa lebih krispi karena patinya terbuang. Rebus dengan air garam selama beberapa menit sampai agak lunak.

Angkat dan goreng sampai keemasan, tiriskan. Setelah itu, taburi dengan bumbu dedaunan seperti oregano, basil, atau lain sebagainya. Kamu juga bisa memanggangnya dalam oven di atas loyang. Siram sedikit dengan minyak sayur dan taburi dengan bumbu dan dedaunan agar wangi.

3. Meringue

www.instagram.com

Kangen kafe tapi lagi bokek dan mager? Bikin camilan dari meringue, yuk. Bikin adonan meringue-nya dulu dari 4 putih telur, 200 gr gula halus, 1 sdt krim tar tar, ekstrak vanila dan garam secukupnya. Kocok dulu putih telur, krim tar tar, dan garam. Baru saat putih telur sudah mulai kaku, tuang gula secara bertahap dan terakhir vanila. Gunakan mixer kecepatan tinggi sampai adonan benar-benar kaku.

Meringue bisa kamu panggang dalam oven sampai mengeras atau dimakan bareng camilan pretzel yang gurih. Rasanya imbang dan unik, cobain sekarang.

4. Wafel
www.instagram.com

Bahannya persis banget dengan pancake. Kamu tinggal buat adonan dari telur, tepung, susu, sedikit gula, dan mentega yang sudah dicairkan. Untuk dapat tekstur yang fluffy, kocok putih telur di mangkuk terpisah sampai kaku. Baru tuang di adonan tepung dan telur yang sudah diaduk rata dan lembut. Tinggal sajikan bersama es krim dan buah-buahan!

5. Minuman segar dari selai
unsplash.com

Ada juga yang menyebutnya cocktail jam, tapi bisa bikin tanpa alkohol. Bahannya mudah. Siapkan selai buah, es batu, dan air perasan lemon atau jeruk nipis. Sediakan gelas saji, masukkan beberapa sendok selai, kemudian taruh es batu. Tuang air putih dan perasan air lemon. Air putih bisa kamu ganti soda, kok. Segar dan simpel, murah banget. 

6. Kimbap murah meriah

www.instagram.com

Kangen masakan Korea? Bikin sendiri deh di rumah. Siapkan dulu lembaran rumput lautnya. Kemudian, jangan lupa nasi dan topping berupa sayuran atau daging. Pastikan untuk membuat nasi yang lemas, ya. Campur nasi dengan kecap asin dan minyak wijen. Kalau ada boleh biji wijennya juga. 

Tata nasi di atas lembaran rumput laut kering secara melebar, kemudian tata topping di atasnya. Gulung dengan seksama sampai padat. Potong-potong dan nikmati sebagai lauk atau side dish ala kafe. 

Ngafe di rumah bukan lagi hal yang mustahil, lho. Praktikan resep di atas dan nikmati saat santai atau bekerja. Kamu pun langsung bisa menyantap camilan ini dengan bermodal tak lebih dari Rp50 ribu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

7 Aplikasi Terbaik Pengubah Suara di Android | Keepo.me

Mempertahankan Passion Buat Cari Kerja? Ini Langkah yang Seharusnya Dipilih!

Mempertahankan Passion Buat Cari Kerja? Ini Langkah yang Seharusnya Dipilih!

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

100% Ampuh, 13 Cara Mengusir Cicak dari Rumah, Biar gak Kembali! | Keepo.me

"Kita Masih Temenan Kok Walau Udah Putus" Adalah Fiktif Belaka

"Kita Masih Temenan Kok Walau Udah Putus" Adalah Fiktif Belaka

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Beginilah Aksi Nekat Copet di Brasil. Terang-Terangan Banget, Padahal di Tengah Keramaian! | Keepo.me

Inspirasi Headboard Kreatif untuk Membuat Kamar Jadi Lebih Aesthetic

Inspirasi Headboard Kreatif untuk Membuat Kamar Jadi Lebih Aesthetic

loading