Hubungan Tak Direstui Orang Tua? Coba Terapkan "Contekan" Ini

www.pexels.com

Di negara yang menjunjung tinggi adat ketimuran, restu orang tua merupakan hal wajib yang harus dimiliki sebelum menentukan langkah selanjutnya dalam hubungan yang dijalani bersama pasangan. Jika memaksakan untuk masuk ke dalam fase hubungan yang lebih jauh tanpa adanya restu, bisa-bisa, ada banyak kesulitan yang datang di masa depan.

Posisi orang tua dalam budaya masyarakat Timur memang sangat penting dan sakral. Ibaratnya adalah semacam gerbang untuk memulai hidup baru.

Bagaimana jika orang tua tidak merestui hubungan kamu dengan pasangan? Haruskah kalian berdua menyudahi hubungan padahalsudah saling cinta dan cocok?

1. Tanyakan alasan pasti dari orangtua

www.romper.com

Pasti ada alasan khusus mengapa orangtua tak menyetujui hubunganmu dan pasangan. Alih-alih meluapkan kekesalan dengan berdebat, ada baiknya untuk menanyakan alasannya. Tanyakan baik-baik kira-kira hal apa yang membuat orangtuamu merasa tak menyukai pasangan pilihanmu. Apakah karena suku, ras, pekerjaan, sikap, atau hal lainnya.

Pasalnya, orangtua kerap memiliki naluri tersendiri untuk melihat pasangan yang baik dan tidak untuk mendampingi anaknya. Tanyakan secara baik-baik. Saat alasannya sudah diketahui dengan pasti, kamu bisa mulai untuk mencari jalan tengahnya.

2. Jangan terbawa emosi

www.rd.com

Saat sudah mengetahui alasan pastinya, coba untuk membicarakannya dengan kepala dingin. Ajak orangtua untuk berbicara dari hati ke hati untuk membahas masalah ini secara khusus.

Di sini, kamu bisa mengungkapkan dengan terbuka bagaimana perasaan kalian. Ceritakan pula pada orangtua mengenai hal yang menurutmu menjadi nilai plus dari pasangan.

Jika permasalahannya terletak pada stereotip suku dan etnis, kamu bisa meyakinkan orangtua dengan lebih sering mengajak pasangan dalam acara keluarga.

Lama-lama, orangtua pasti bisa menilai pasangan secara objektif. Hal ini juga berlaku untuk permasalahan lainnya. Coba untuk berdiskusi karena tidak selalu pilihan orangtua benar dan tidak selalu juga pilihanmu yang benar.

3. Usahakan jangan memihak

www.quietrev.com

Saat hubungan tak direstui, ada baiknya untuk tidak memihak. Meski rasanya ingin membela pasangan habis-habisan, sebenarnya yang dicari bukan soal menang atau kalah. Akan tetapi, lebih kepada bagaimana caranya bisa bersama-sama menemukan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

4. Jangan merahasiakan hubunga
www.brides.com

Saat tahu bahwa hubungan tak direstui, jangan justru menghindar dengan berpacaran diam-diam. Jangan sampai mengatakan pada keluarga sudah tak lagi berhubungan dengannya hanya karena takut disuruh putus.

Justru yang perlu dilakukan adalah melibatkan pasangan dalam berbagai acara keluarga. Selain bertujuan untuk mendekatkan, hal ini juga dilakukan agar orangtua bisa menilai secara langsung sikap dan sifat pasangan.

5. Mau mendengarkan pendapat orang lain
www.weddingwire.com

Saat orangtua menilai bahwa dia adalah orang yang kurang baik untuk dan memperlihatkan segala buktinya, jangan menutup mata. Jangan sampai kamu terbutakan oleh cinta yang begitu besar dan mengabaikan berbagai tkamu jelas bahwa si dia memang bukan pasangan terbaik.

Justru dalam hal ini, kamu perlu mendengarkan saran orangtua agar tak salah langkah. Percayalah bahwa orangtua menginginkan yang terbaik untuk anaknya, termasuk soal pasangan hidup.

Ketika orangtua menyatakan ketikdasukaannya karena alasan jelas, jangan menyangkalnya. Siapa tahu cinta tak direstui orangtua adalah salah satu pertanda bahwa hubungan kalian saat ini memang belum layak diperjuangkan ke tahap berikutnya.

Tidak mendapat restu orang tua bagi hubungan yang sedang kamu jalani bukanlah akhir dari segalanya. Bisa saja orang tua tidak merestui sebab mereka belum mengenal pasangan. Mungkin mereka punya pandangan lain terhadap pasangan.

Tinggal bagaimana kamu dan pasangan meyakinkan kedua orang tua dan tetap menghargai serta menghormatinya. Dilematis namun harus dilalui.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bikin Seru! 10 Tempat Outbound Malang untuk Acara Kantor & Keluarga | Keepo.me

Bikin Seru! 10 Tempat Outbound Malang untuk Acara Kantor & Keluarga | Keepo.me

Apa Jobdesc dari Seorang Account Executive yang Sebenarnya?

Apa Jobdesc dari Seorang Account Executive yang Sebenarnya?

Pemotor Ini Keberatan Ditilang karena Masuk Jalur Cepat. Alasannya karena Dia Juga Cepat | Keepo.me

Pemotor Ini Keberatan Ditilang karena Masuk Jalur Cepat. Alasannya karena Dia Juga Cepat | Keepo.me

Tanda Kamu Sudah Menjadi Fans Fanatik, Bukan Sekadar Penggemar Biasa

Tanda Kamu Sudah Menjadi Fans Fanatik, Bukan Sekadar Penggemar Biasa

Punya Selera Fashion yang Gaul, Nenek Ini Bikin Influencer Fashion Malu Sendiri | Keepo.me

Punya Selera Fashion yang Gaul, Nenek Ini Bikin Influencer Fashion Malu Sendiri | Keepo.me

Single Saat Valentine's Day? Kamu Tetap  Bisa Seru-seruan dengan Cara Ini!

Single Saat Valentine's Day? Kamu Tetap Bisa Seru-seruan dengan Cara Ini!

loading