Hindari Hal Ini Agar Dirimu Tidak Mudah Cemas Lagi

pixabay.com

Memiliki perasaan cemas itu wajar bagi setiap insan manusia. Tapi kalau terlalu sering, bisa berbahaya. Kecemasan bisa saja dari faktor beban pekerjaan yang cukup berat, tekanan dari keluarga, lingkungan yang kurang kondusif, bahkan dari diri sendiri.

Dari beberapa tulisan yang terangkum, berikut ini adalah hal yang harusnya dihindari. Tujuannya biar rasa insecure-mu tidak semakin bertambah buruk. Disimak dulu, ya!

1. Terlalu aktif di media sosial

pixabay.com

Teknologi yang semakin berkembang membuat kehidupan pribadi seolah-olah seperti tidak ada bersekat lagi. Bagai dua sisi mata pisau, teknologi memberi kemudahan sekaligus meningkatkan potensi stres.

Melihat kebahagiaan orang lain yang dibagikan sebagai unggahan social media terkadang membuat rasa cemas pada diri seseorang yang melihat. Tidak jarang timbul rasa rendah diri dan merasa inferior.

Kalau merasa sering gelisah ketika membuak sosial media, ada baiknya untuk mengurangi intensitas untuk mengaksesnya. Logout atau uninstall aplikasi di smartphone untuk sementara waktu. Alihkan dengan kegiatan offline lain yang bikin kamu lebih sibuk dan bahagia.

2. Pola tidur nggak wajar

pixabay.com

Tubuh memiliki jam biologisnya sendiri. Ketika seseorang tidur menyalahi jam yang seharusnya, kekacauan akan terjadi. Kebiasaan begadang karena mengerjakan sesuatu ini bisa menyebabkan stres.

Penelitian dari University of California menyebutkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi tingkat kecemasan seseorang. Seseorang bisa mengubah pola tidur jadi dini hari dan bangun siang hari karena faktor rutinitas pekerjaannya.

Padahal dengan pola tidur yang tidak wajar seperti itu, seseorang malah semakin stres dan bisa jadi menderita depresi. 

3. Too much Nexflix and chill

pixabay.com

Gangguan kecemasan bisa didapat dari menonton tayangan, baik televisi atau yang ada di Netflix. Mungkin film yang ditonton membuatmu berpikir terlalu dalam. Ceritanya yang terlalu kompleks hingga mempengaruhi pemikiranmu. Bisa jadi karena kamu terlalu lama menatap layar tanpa banyak bergerak.

Selain mata bisa mengalami kelelahan, pikiran juga bisa lelah karena waktu istirahat malah digunakan untuk menonton. 

4. Terlalu banyak duduk
pixabay.com

Lamanya duduk ternyata memengaruhi tingkat stres seseorang. Penelitian dari BMC Public Health merilis hasilnya bahwa durasi duduk seseorang yang terlalu lama membuat seseorang jadi rentan terkena stres dan gangguan kecemasan.

Sebagai pekerja, biasanya kita akan duduk selama 8 jam menghadap komputer, mengerjakan tugas kantor, dan tekanan lainnya. Untuk mengurangi risiko tersebut, kamu bisa melakukan peregangan, berjalan-jalan mengitari kantor setiap 90 menit sekali. Kalau kebanyakan rebahan malah gampang cemas.

5. Adiktif dengan kopi
pixabay.com

Kopi, senja, dan kamu. Sebuah semboyan hidup manusia zaman sekarang ini ternyata bikin ganguan kecemasan pada pemiliknya. Kopi mengandung kafein, terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan banyak penyakit. Salah satunya adalah penyakit ginjal.

Terlalu banyak kafein dalam tubuh juga menyebabkan mentalmu jadi tidak stabil. Kamu bisa tiba-tiba sangat berenergi, lalu bisa jadi sangat lemas tidak bertenaga. Di beberapa kasus, meminum kopi bisa membuat seseorang mengalami serangan panik.

6. Pola makan tidak teratur

pixabay.com

Biasa merapel makan pagi dan siang menjadi brunch alias breakfast dan lunch ternyata bisa jadi salah satu faktor seseorang punya kecemasan. Kekurangan insulin bisa membuatmu mengalami gejala cemas seperti pusing, gemetar, dan sulit bicara.

Makan yang teratur tidak hanya membuat mood jadi stabil dan tenang, tetapi melatih disiplin agar tubuh tidak bertambah lemak. Memiliki pola makan yang teratur bisa memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah bisa membuat tubuh langsing!

7. Curhat dengan orang yang sama cemasnya

pixabay.com

Tidak semua sesi curhat adalah jalan terbaik memecahkan masalah. Ada kalanya saat kurang beruntung memilih rekan yang diajak diskusi mengenai kecemasan kita, malah kita yang jadi semakin cemas.

Meski mereka kerabat dekat atau bahkan keluarga sekalipun, jika kita curhat dengan orang yang juga sama cemasnya malah tidak akan berhasil. Yang ada, kecemasannya malah menular kepada kita.

Ada baiknya kalau kalian tidak bercerita pada orang yang sedang mengalami kecemasan sepertimu. Cobalah curhat kepada professonal dibandingkan dengan orang biasa. Kita nggak butuh validasi untuk perasaan cemas yang dimiliki, 'kan?

Itu tadi hal-hal yang dapat membuat seseorang jadi cemas. Untuk menghindari hal yang tidak dinginkan, ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan tersebut, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Pemicu yang Membuat Seseorang Jadi Social Climber

Pemicu yang Membuat Seseorang Jadi Social Climber

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Rebut Perhatian Si Gadis Introvert dengan Cara Sederhana Ini

Rebut Perhatian Si Gadis Introvert dengan Cara Sederhana Ini

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Saran Menyesatkan yang Sering Diterima dari Teman

Saran Menyesatkan yang Sering Diterima dari Teman

loading