Hilangkan Stress Hingga Bikin Bahagia, 7 Alasan Penting Harus Sering Tersenyum

05 Desember 2017
|Robertus Jeje
0SHARES

Tersenyum adalah tindakan sederhana  yang mudah kamu lakukan. Hal ini juga sangat baik bagi dirimu sendiri dan orang lain yang melihatnya. Kamu akan terlihat lebih menarik, berjiwa besar, dan terkesan ramah. Sebab senyuman, bisa mengatakan sesuatu tentang dirimu sendiri. Ini juga termasuk bagaimana orang melihatmu. Namun selain bisa memberikan efek positif bagi hidupmu, ternyata juga memiliki manfaat juga bagi kesehatan.

Tapi sayangnya, masih cukup banyak orang yang suka malu-malu untuk tersenyum dan belum mengetahui manfaatnya. Untuk itu, ketahuilah 7 manfaatnya bagi kesehatan.

1. Tersenyum bisa meredakan stres

Orang ketika stres bisa terlihat dari wajahnya. Tapi dengan tersenyum, bisa membantu kamu menyamarkan rasa letih dan lelah. Jadi kalau kamu lagi stres, cobalah ambil sedikit waktu untuk membuat kamu senyum, sehingga stres pun berkurang dan nantinya kamu bisa mengambil sebuah tindakan yang tepat.

2. Senyum juga bisa menurunkan tekanan darah

Saat kamu sedang senyum, maka akan ada penurunan tekanan darah dalam tubuh. Kamu bisa mencobanya dengan mengukur tekanan ini. Misalnya saat kamu duduk santai, membaca buku di rumah, kamu bisa coba ukur tekanan darah kamu. Kemudian cobalah untuk senyum selama 1 menit, lalu ukur tekanan darah kamu dan lihat perbedaannya.

3. Senyum bisa melepaskan endorfin penghilang rasa sakit

Studi telah membuktikan bahwa saat senyum bisa membantu melepas endorfin – yang bisa mengurangi rasa sakit dengan cara alami dan serotonin. Hal ini bisa menjadi altefnatif kamu untuk mengurangi rasa sakit dan membuat kamu merasa lebih baik.

4. Ketika senyum, lipatan di wajah bisa membuat kamu terlihat lebih muda

Saat senyum, otot-otot pada bagian wajah akan bereaksi dan mengangkat wajah tampak lebih muda. Jadi, cobalah untuk sering tersenyum agar kamu bisa nampak lebih fresh dan muda dari umurmu sebenarnya.

5. Dengan tersenyum bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Studi mengatakan saat kamu tersenyum akan melepas sel darah putih lebih banyak. Apa artinya? Ini sama saja kamu membantu tubuh untuk melindungi diri dari penyakit yang bisa menular seperti flu maupun batuk. Karena sel darah putih fungsinya untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh.

6. Senyum bisa membantu kamu untuk lebih produktif

Tersenyum di tempat kerja ternyata bisa membantu kamu meningkatkan kinerja untuk lebih berpikir aktif dan produktif. Hal ini dibuktikan oleh Andrew Oswald, Profesor of Economics di Warwick Business School pada penelitiannya tahun 2010.

7. Tersenyum akan membuat kamu merasa lebih bahagia

Seperti yang sudah diketahui, bahwa tersenyum bisa membuat kamu merasa lebih bahagia, terlepas dari situasi yang sedang kamu alami. Ketika kamu tersenyum, otak akan melepaskan endorfin yang berfungsi untuk memperbaiki mood secara keseluruhan, bahkan juga bisa membantu menurunkan stres.

Nah, itulah tadi manfaat tersenyum bagi kesehatan. Selain itu, tersenyum juga bisa membuat kamu makin percaya diri dan memberikan sukacita dengan orang di sekitarmu. Bahkan dengan cara ini, mampu untuk membantu kamu meringankan permasalahan hidup yang terkadang berat, karena bisa meningkatkan mood dan memperbaiki suasana hati. Jadi tunggu apa lagi, tersenyumlah sekarang juga!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Jeje
"be kind to each other"
0SHARES