Hati-hati, Ternyata Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dipanaskan dengan Microwave

unsplash.com

Sekarang ini, microwave sudah menjadi salah satu barang yang hampir bisa ditemukan di setiap rumah. Dengan adanya mesin ini, kita bisa lebih mudah, cepat dan praktis dalam memasak maupun memanaskan makanan. Pokoknya bisa menghemat waktu dan nggak merepotkan. Cukup pencet tombol, tunggu sebentar, makanan sudah siap buat disantap dalam keadaan hangat.

Tapi, tahukah kamu kalau nggak semua makanan bisa dimasak atau dipanaskan dengan microwave? Untuk keamanan dan kesehatan, berikut ini adalah beberapa jenis kudapan yang sebaiknya tidak usah dimasak atau dipanaskan dengan microwave

1. Wortel

www.goodhousekeeping.com

Sebenarnya, wortel bisa saja dimasak dan dipanaskan dengan microwave. Tapi kamu harus mengetahui sebuah fakta bahwa wortel mentah yang belum dikupas bisa bahaya jika dimasukkan ke dalam microwave. Jika sayuran tersebut tidak dicuci sampai benar-benar bersih, ada kemungkinan akan ada kotoran dan mineral yang biasanya terdapat pada tanah yang dapat merusak microwave. Lebih parahnya lagi, kotoran tersebut bisa menjadi penyebab kebakaran pada microwave

2. Telur

www.pillsbury.com

Siapa yang suka memanaskan telur rebus pakai microwave? Mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati. Ternyata ketika telur dipanaskan, akan ada uap yang menumpuk dan meningkatkan tekanan. Telur biasanya hanya memiliki selaput serta cangkang yang cukup tipis. Itu artinya, ada kemungkinan telur nggak bisa menahan tekanan lalu pecah di dalam microwave. Kemungkinan buruk lainnya adalah piring yang digunakan bisa saja ikutan pecah. 

3. Air

www.thedailymeal.com

Ada nggak yang suka memanaskan air pakai microwave? Jangan diteruskan, ya. Meski terkesan sederhana dan harusnya nggak ada masalah, nyatanya penelitian menunjukkan bahwa ada banyak luka bakar yang dialami manusia terjadi karena kasus memanaskan air dengan microwave.

Gelombang elektromagnetik di dalam microwave menjadi penyebab suhu air menjadi sangat panas. Akhirnya, itu membuat molekul air tidak stabil. Kemungkinan terburuknya bisa saja terjadi proses air mendidih yang berlebihan hingga berakhir pada ledakan. 

4. Cabai
www.newsweek.com

Cabai ternyata masuk dalam deretan bahan makanan yang sebaiknya tidak diolah secara langsung di dalam microwave. Cabai yang jenisnya sangat pedas biasanya mengandung capsaicin yang sangat tinggi. Kandungan tersebut mudah terbakar jika bersinggungan dengan gelombang elektromagnetik. Awalnya, mungkin akan muncul asap dulu baru disusul dengan api. Kalau sampai hal itu terjadi, asap dari api itu dapat menyebabkan iritasi pada kulit. 

5. Ayam
www.healthline.com

Hati-hati ketika memasak daging ayam mentah langsung dengan microwave. Ayam dikenal memiliki salmonella jika tidak dimasak dengan benar. Kalau memasak ayam mentah dengan microwave, kemungkinan kematangan dagingnya akan kurang merata. Ada potensi terjadinya kontaminasi bakteri. Untuk itulah, sangat disarankan agar memasak daging ayam maupun daging mentah lainnya dengan menggunakan api langsung. 

6. Tomat dan saus tomat

www.chocolatemoosey.com

Sama seperti telur, tomat dan saus tomat bisa menyebabkan ledakan yang pada akhirnya merusak dan menghancurkan microwave. Cairan pada tomat segar maupun saus tomat bisa menjadi penyebab meningkatnya tekanan secara drastis. Selain itu, saus biasanya akan meletup-letup ketika dipanaskan. Ada kemungkinan letupan itu akan menyembur sampai ke beberapa area di dalam microwave.

Daripada mengambil risiko, nggak ada salahnya kalau mulai sekarang kamu tidak memanaskan dan mengolah makanan yang sudah disebutkan di atas dengan microwave. Kamu bisa menggunakan pemanasan dari api langsung atau kompor. Selain aman dan selamat, tingkat kematangannya biasanya juga akan lebih merata. Masakan lebih enak dan tidak ada risiko yang mengganggu kesehatan tubuhmu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pesona Flare Jeans yang Tak Kalah Modis Dibandingkan Celana Skinny

Pesona Flare Jeans yang Tak Kalah Modis Dibandingkan Celana Skinny

Best Seller, Ini Face Mist Berkualitas dengan Harga yang Masuk Akal

Best Seller, Ini Face Mist Berkualitas dengan Harga yang Masuk Akal

Makanan yang Mampu Menyehatkan Rambut dan Kuku

Makanan yang Mampu Menyehatkan Rambut dan Kuku

Sederet Fakta Tentang Sunburn yang Harus Diketahui

Sederet Fakta Tentang Sunburn yang Harus Diketahui

Anti Mubazir, Begini Cara Memanfaatkan Produk Skincare yang Nggak Cocok di Kulit

Anti Mubazir, Begini Cara Memanfaatkan Produk Skincare yang Nggak Cocok di Kulit

Tanda Ketika Fisik dan Psikis Seseorang Sedang Butuh "Me Time"

Tanda Ketika Fisik dan Psikis Seseorang Sedang Butuh "Me Time"

loading