Hati-hati, Kelamaan Megang Gadget Bisa Berisiko Mengalami Cedera Ini Lho!

16 Juli 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Zaman sekarang, kayaknya nggak sah kalau sehari pun nggak memegang gadget atau gawai. Entah itu ponsel, laptop, ataupun tablet. Semua itu seolah tak bisa lepas dari genggaman karena kini teknologi dunia maya telah menjadi bagian dari hidup masyarakat modern. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata kalau terlalu lama dan sering memegang gadget dapat berpotensi mengalami cedera? Meski gadget yang kita gunakan bukanlah alat berat, namun kita tetap dapat berpotensi mengalami cedera ringan hingga berat, lho. Berikut beberapa cedera yang bisa kamu alami apabila keseringan dan kelamaan memegang gadget.

Pertama adalah Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Penyakit ini mempengaruhi kemampuan pergelangan tangan (hands) hingga tangan secara keseluruhan (arms). CTS umumnya disebabkan oleh adanya gerakan berulang seperti naik turun ataupun getaran yang terjadi secara terus menerus pada tangan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan sensasi kesemutan, jempol melemah, nyeri, sakit yang menjalar ke bagian tangan atas, hingga mati rasa. Kalau udah parah, gejala CTS akan terus dirasakan hingga malam hari. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan tendon dan tertekannya syaraf bagian tangan. Biasanya dialami oleh mereka yang sering mengetik, menggunakan computer mouse, dan yang mengendarai sepeda motor.

Kedua adalah arthritis jempol. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh keseringan mengetik pada gadget, seperti ponsel atau tablet. Ibu jari paling sering digunakan untuk mengetik. Oleh sebab itu, ketika bantalan tulang rawan jempol menjauhi pembatas tulang yan membentuk sendi, maka akan berpotensi mengalami arthritis jempol. Gejalanya mulai dari nyeri hingga pembengkakan dan terkadang bisa membuat jempolmu sulit digerakkan. Kalau kamu udah merasa pegal, coba cek apakah jari-jarimu terutama bagian jempol masih bisa dikepalkan, mencubit, atau membuka tutup botol?

Ketiga adalah Cubital Tunnel Syndrome (CTS). Nggak hanya di area pergelangan tangan dan jari aja nih yang rentan mengalami cedera akibat kelamaan serta keseringan memegang gadget. Siku tangan kamu pun juga bisa cedera, lho. Hal ini bisa disebabkan oleh tangan yang terlalu lamanya bertumpu pada siku atau terlalu lama ditekuk saat memegang gadget, misalnya ketika tidur tengkurap atau meletakkan siku di atas meja. Kalau penyakit ini sering kamu alami namun tetap dibiarkan, salah satu penanganannya adalah dengan operasi, lho.

Sesuatu yang berlebihan memang nggak baik. Agar terhindar dari cedera, mulai sekarang batasi penggunaan gadget agar tulang dan sendimu tetap sehat. Nggak mau kan masih muda udah sering nyeri sendi?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES