Hati-hati! 9 Kombinasi Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

22 Maret 2017
|Idham Nur Indrajaya
Life
0SHARES

Dengan adanya berbagai inovasi dalam menyajikan makanan, kombinasi antar bahan dalam suatu hidangan pun menjadi tak terhindarkan. Jika dulu mungkin nenek moyang kita hanya mengonsumsi satu jenis bahan dalam suatu hidangan, saat ini kita sudah dengan mudah dapat mengombinasikan berbagai jenis bahan untuk menambah cita rasa atau untuk memenuhi kebutuhan tubuh secara lebih menyeluruh.

Meskipun kombinasi bahan makanan itu memang terkadang dapat memberi manfaat yang baik, ternyata ada juga loh kombinasi bahan makanan yang justru memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Kamu mungkin udah pada tahu dampak buruk yang didapatkan ketika mengonsumsi minuman soda yang dibarengi dengan permen tertentu yang bisa membuat usus manusia meledak. Selain contoh itu, dilansir dari bintang.com, di bawah ini kamu bisa lihat beberapa nama bahan makanan yang berbahaya bagi tubuh jika dipadukan dengan bahan makanan tertentu. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Bayam + kedelai

Bayam mengandung asam oksalat yang dapat bereaksi terhadap kandungan kalsium dalam kedelai, yakni membentuk semacam endapan yang tidak dapat larut dalam usus sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Hal itu pun berlaku jika kedelai dikombinasikan dengan daun bawang yang juga memiliki banyak asam oksalat di dalamnya.

Parahnya, jika kebiasaan pengombinasian ini dilakukan terlalu sering, kadar mineral dalam tulang akan berkurang sehingga tulang dapat lebih mudah mengalami kerusakan.

2. Susu kedelai + telur

Telur adalah bahan makanan yang mengandung banyak protein. Meskipun mungkin tidak berbahaya bagi tubuh, protein dalam telur ini tidak akan terserap dengan baik jika dikombinasikan dengan susu kedelai. Soalnya, susu kedelai dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease (enzim golongan hidrolase yang memecah protein menjadi molekul yang lebih sederhana, sumber: id.wikipedia.org) yang membantu tubuh untuk menyerap protein.  

3. Susu + coklat

Kombinasi susu dan coklat memang sangat nikmat. Akan tetapi, coklat yang mengandung asam oksalat seperti halnya bayam dan daun bawang, akan menyebabkan kandungan kalsium dalam susu menjadi sulit untuk dicerna dan dapat menyebabkan diare.

 

4. Yoghurt + daging

Biasanya, produsen daging menambahkan nitrat pada daging untuk memperpanjang jangka waktu pembusukan. Jika nitrat pada daging tersebut bertemu dengan zat asam nitrat organik yang terdapat pada yoghurt, kombinasi keduanya dapat berubah menjadi nitrosamine yang bisa menyebabkan kanker.

5. Daging + semangka

Tahukah kamu kalau bahan-bahan makanan itu bisa diklasifikasikan menjadi “makanan panas” dan “makanan dingin”? Buah semangka adalah salah satu jenis makanan yang tergolong sebagai “makanan dingin”, sedangkan beberapa jenis daging (misalnya daging kambing) adalah bahan yang tergolong sebagai “makanan panas”.

Jika keduanya (semangka dan daging) dikonsumsi dalam waktu bersamaan atau berdekatan, kombinasi keduanya dapat mengurangi kandungan gizi dalam daging. Bahkan, kombinasi keduanya bisa menyebabkan gangguan pada limpa jika dikonsumsi terlalu banyak.

6. Susu + sayuran

Seperti telah disebutkan dalam artikel yang membahas bahaya dari kombinasi antara susu dan buah-buahan, ternyata bahaya tersebut masih berlaku untuk kombinasi antara susu dan sayuran karena zat kimia yang terkandung dalam sayuran dapat memberikan efek negatif terhadap proses metabolisme kalsium dari susu.

7. Kepiting + teh

Ketika kita memakan kepiting sebelum meminum teh, cairan lambung akan diencerkan oleh asam tannic yang terkandung dalam teh. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan sehingga nutrisi dalam kepiting tidak akan terserap oleh tubuh. Selain itu, kombinasi antara keduanya (kepiting dan teh) dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan lambung.

8. Beberapa jenis buah-buahan + seafood

Beberapa jenis buah seperti anggur, delima, dan kesemek, mengandung zat tannin yang dapat menimbulkan dampak negatif jika dipertemukan dengan protein yang terkandung dalam makanan laut. Kombinasi antara keduanya dapat menyebabkan mual-mual dan diare.

9. Wortel + lobak putih

Lobak putih adalah sayuran yang mengandung vitamin C di dalamnya. Hanya saja, jika lobak putih dikombinasikan dengan kandungan dalam wortel, keduanya justru akan menyebabkan vitamin C tersebut menjadi rusak dan malah bisa berdampak buruk pada pencernaan. 

Itu dia beberapa pasangan bahan makanan yang tidak baik jika dikonsumsi dalam waktu bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan. Sebenarnya pasangan-pasangan bahan di atas itu tidak menimbulkan masalah yang serius jika pengonsumsiannya tidak terlalu sering. Yang penting, kita harus bisa menakar jumlah konsumsi dalam batas tertentu agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES