Hati-hati! 8 Profesi Ini Nantinya Bisa Diambil Alih Oleh Robot!

inkspire.org

Perkembangan teknologi memang dapat memberikan pengaruh positif terhadap berbagai aspek kehidupan, namun kita tidak dapat memungkiri bahwa keberadaannya pun mampu membawa pengaruh yang merugikan bagi beberapa kalangan. Dalam bidang teknologi, udah nggak asing dengan istilah Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang bisa ditambahkan ke dalam suatu sistem komputer sehingga nantinya komputer itu dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan oleh manusia.

Dengan adanya teknologi tersebut, nantinya bisa jadi ada beberapa profesi manusia yang dapat dikerjakan oleh robot sehingga mungkin saja pekerjaan-pekerjaan itu tidak akan lumrah lagi dilakukan oleh manusia. Saat ini, memang sudah ada beberapa profesi manusia yang telah digantikan oleh kecerdasan buatan, dan nantinya, jajaran profesi itu akan kian bertambah seiring dengan perkembangan AI yang terus berjalan. Nah, kira-kira, apa lagi nih pekerjaan yang mungkin saja di masa depan dapat digantikan oleh kecerdasan buatan? Kita kepoin aja di bawah ini!

1. Buruh Pabrik

www.hongkiat.com

Korban terbesar dari pengambilalihan pekerjaan oleh kecerdasan buatan adalah buruh pabrik yang bertugas untuk memasang komponen-komponen kecil dalam berbagai gawai seperti pemutar musik, konsol game, telepon pintar, dll. Faktanya, hal itu sudah diaplikasikan di Cina, khususnya di Kota Dongguan yang terletak di Provinsi Guangdong. Salah satu pabrik di sana bahkan sudah mengurangi jumlah pekerja dari yang jumlahnya 650 orang menjadi 60 orang saja. Bahkan, mereka juga berencana untuk mengurangi jumlah itu sampai mencapai 20 orang. Manusia di sana tugasnya hanya mengawasi pekerjaan yang telah diambil alih oleh robot.

2. Pengacara

www.studzine.com

Bayangkan, pengacara saja nantinya bisa diganti oleh robot yang telah dirancang sedemikian rupa untuk memahami dan berasosiasi dengan ratusan pasal hukum. Nama robot pengacara ini adalah ROSS, yang bahkan bisa menghubungkan kasus yang tengah ditanganinya dengan kasus-kasus serupa yang pernah terjadi pada satu dekade sebelumnya. Dia akan melontarkan opini yang benar-benar objektif tanpa adanya kepentingan-kepentingan tertentu yang dapat membiaskan penilaiannya. Teknologi robot pengacara ini mungkin bisa berdampak positif terhadap beberapa hal, seperti adanya pengurangan biaya yang dikenakan kepada kliennya. Namun, jika teknologi ini nantinya sudah sangat lumrah, orang-orang yang berprofesi sebagai pengacara pun tentunya akan ketersampingkan.

3. Akuntan

www.cfoinnovation.com

Dulu, ada semacam kelakar yang menyatakan bahwa pekerjaan akuntan yang terkesan hanya berkutat dengan perhitungan angka-angka itu sebenarnya adalah hal yang dapat digantikan oleh komputer. Saat ini, candaan itu justru telah menjadi suatu hal yang sangat mungkin. Faktanya, beberapa perusahaan besar di luar negeri seperti Deloitte, sudah ada yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menggantikan tugas akuntan. Mereka juga meramalkan bahwa pada tahun 2020, jumlah kebutuhan akan lulusan program akuntansi akan berkurang hingga setengahnya.

4. Pelayan rumah makan cepat saji

movietvtechgeeks.com

Waralaba McDonald di Amerika Serikat sudah mengembangkan penggunaan kecerdasan buatan untuk mengambil alih profesi pelayan. Bahkan, di kota Phoenix, Arizona, sudah hampir semua pelayan McDonald di sana digantikan oleh robot. Ada suatu bentuk kesepakatan dari pihak korporasi yang beranggapan bahwa penggunaan robot pelayan itu akan mengeluarkan biaya yang lebih murah ketimbang membayar gaji untuk manusia.

5. Editor Video
www.engadget.com

Kecerdasan buatan yang mampu melakukan penyuntingan video sudah tersedia untuk saat ini. Memang, banyak editor video yang menganggap bahwa hasil pekerjaan yang dihasilkan oleh teknologi masih jauh dari kata sempurna. Namun, teknologi ini pun terus dikembangkan dan mungkin nantinya teknologi ini memang benar-benar mampu menggantikan fungsi para editor video.

6. Penulis dan Komposer Lagu
www.youtube.com

Video di atas memperdengarkan lagu yang diciptakan oleh komputer. Meskipun begitu, yang menyanyi di dalamnya tetaplah manusia. Komposisi nada lagu pada video itu memang terdengar sederhana, tapi nantinya mungkin teknologi ini akan terus berkembang dan bisa mencapai penciptaan komposisi yang lebih kompleks.

7. Penulis

www.fastcompany.com

Apakah kamu pernah membaca atau mendengar berita tentang seorang penggemar Game of Thrones yang sampai menggunakan kecerdasan buatan untuk memperkirakan akhir cerita dari serial itu? Ya, saat ini memang sudah tersedia suatu kecerdasan buatan yang bisa berpikir kreatif sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh manusia, salah satu yang menggunakannya adalah Google. Dengan memberikan beberapa spesifikasi tertentu dalam unsur-unsur suatu fiksi, teknologi penulis buatan ini nantinya akan memproduksi teks yang didasari oleh karya-karya fiksi yang ditanamkan ke dalam sistemnya.

8. Penerjemah dan Guru Bahasa

singularityhub.com

Google Translate memang kerap dianggap remeh oleh sebagian besar orang karena susunan teks yang diterjemahkannya terkesan tidak logis dan tidak mengikuti gaya bahasa aslinya. Akan tetapi, teknologi ini pun masih terus dikembangkan sehingga nantinya orang-orang bisa belajar bahasa dengan hanya duduk di depan komputer saja, ditambah lagi saat ini sudah ada berbagai aplikasi pengajaran bahasa seperti Duolingo.

Itulah beberapa pekerjaan yang mungkin nantinya bisa diambil alih sepenuhnya oleh robot. Meskipun demikian, dapat dijamin bahwa ada beberapa faktor yang tidak dapat dicapai oleh robot seperti halnya manusia. Dengan begitu, sejauh ini mungkin kita belum terlalu harus merasa khawatir dengan perkembangan teknologi yang kemungkinan besar akan menyebabkan peningkatan jumlah pengangguran secara besar-besaran ini.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ini Minuman Soda Pertama Asli Indonesia - Keepodotme

Ini Minuman Soda Pertama Asli Indonesia - Keepodotme

Dari Motif Kucing Sampai Renda-renda, Ini 10 Tas Ransel Lucu Ala Remaja Jepang

Dari Motif Kucing Sampai Renda-renda, Ini 10 Tas Ransel Lucu Ala Remaja Jepang

Tadinya Kayak Jagoan Ngajak Guru Berantem, Akhirnya Para Siswa Pelaku Pengeroyokan Sungkem Juga Minta Maaf - Keepodotme

Tadinya Kayak Jagoan Ngajak Guru Berantem, Akhirnya Para Siswa Pelaku Pengeroyokan Sungkem Juga Minta Maaf - Keepodotme

Warkop vs Coffee Shop, Tempat Nongkrong yang Mencerminkan Kepribadian. Kamu yang Mana Nih?

Warkop vs Coffee Shop, Tempat Nongkrong yang Mencerminkan Kepribadian. Kamu yang Mana Nih?

6 Brand Lokal Ini Punya Shade Lipstik Warna Merah Merekah - Keepodotme

6 Brand Lokal Ini Punya Shade Lipstik Warna Merah Merekah - Keepodotme

Berbahaya! Jangan Makan 7 Buah Ini Saat Minum Obat!

Berbahaya! Jangan Makan 7 Buah Ini Saat Minum Obat!

loading