Harusnya 7 Perjuangan Anak-Anak Ini Bikin Kamu Malu Kalau Malas!

22 Januari 2017
|Ani Nur Cholifah
Life
0SHARES

Indonesia emang udah merdeka. Tapi nyatanya kita masih sering dijajah apalagi sama rasa malas dan ngeluh. Buat kamu yang mau sekolah atau kuliah ngeluh sama keadaan. Kamu harusnya masih bersyukur sekolah tinggal datang gak pakai repot atau susah buat datang ke sekolah. Gak ada yang antar sekolah gak jadi berangkat, tugas belum selesai bolos, ongkos jajan kurang ngambek. Itu cobaan yang di bikin-bikin sendiri buat nuntut ilmu aja kok malesnya banget. Kamu belum tahu gimana anak-anak di pelosok daerah yang harus berjuang buat ke sekolah deh kayaknya. Bersyukur lho kamu gak harus nerjang arus sungai ataupun ngelewatin jalanan yang bisa nantang maut. Itu beneran ada lho dan semangat mereka itu harusnya bisa jadi contoh buat kita semua. Nih coba liat mirisnya akses jalan buat belajar di sekolah tapi semangatnya jempolan banget. YuKepo!

1. Mau sekolah aja udah kaya Ninja Hatori ngelewatin lebah dan bukit dulu tuh liat

Desa Praibakul, Haharu, Sumba Timur sekolah mereka ini ada di balik bukit harus nyebrangin sungai juga lho. Alas kakinya bukan sepatu gunung lho mereka punya sandal aja udah bersyukur. Bukitnya ini juga bisa aja longsor karena ketahanan tanah yang gak stabil. Sekolah kamu kayak gitu gak?

2. Saluran air zaman Belanda jadi jembatan padahal bahaya banget udah nih bawahnya jurang

Jembatan ini di sebut jadi jembatan “Shiratal Mustaqim” ada di desa Suro dan Plampungan, Jawa Tengah. Nyali anak-anak yang mau sekolah ini wajib banget dapet pangkat bintang nih. Gak semua orang berani lho, kamu mau coba?  

3. Mau sekolah tapi ujian mental banget, semangat dek!

Ini akses anak-anak yang mau sekolah di kawasan Cicaringin Lebak, Banten. Jarak Banten ke Jakarta gak jauh tapi mungkin tetep nasib mereka gak seberuntung kamu. Harus ngelewatin jembatan tali baja, kalau gak kuat sama anginnya bisa jatuh kebawa deresnya sungai Ciliman tuh guys.

4. Gak ada jembatan? Bukan alasan gak sekolah, mereka pakai batang pohon nih buat nyebrangnya

Kondisi ini bisa kamu lihat kalau kamu ada di daerah Kampung Baru, Singkil Utara, Aceh. Dulu ada jembatan tapi sudah rubuh dan belum ada perbaikan. Tapi mereka gak putus asa ibaratnya nih "Tak ada rotan akarpun jadi".

5. Kepleset dikit gagal sekolah nih tapi kalian emang jago banget!

Jembatan ini rusak kena banjir tapi lagi, lagi niat anak-anak daerah Sanghiang Tanjung, Banten gak putus. Meskipun jembatan mereka hampir putus lho. Waktu foto ini viral di sosmed, akhirnya dapet bantuan dari perusahaan baja. Semoga bukan cuma perusahaan baja yang peduli tapi warga dan pemerintahannya juga. 

6. Gotong royong yuk buat pinter bareng-bareng!

Anak-anak ini harus nyebrang kali yang panjangnya 45 meter guys. Kamu disuruh jalan ke depan gang aja udah pasti ngeluh deh, ayo ngaku. Perjuangan sulit ini dirasain sama warga di Ranomeeto desa kawasan Konawe Selatan, Sulteng. Bukan cuma semangat tapi rasa kepedulian mereka buat saling tolong menolong itu patut banget di contoh nih. Liat tuh muka polos yang bantuin temennya gendong.

7. Seragam satu bisa kering basah terus kering lagi cuma buat ke sekolah, luar biasa

Sungai 'Maut' harus anak-anak ini lewatin buat sampai ke sekolah, tepatnya ada di Nagari Koto Tigo yang ada di Pesisir Selatan Sumatera Barat. Kadang ada juga yang harus berenang tapi buat jaga seragam sama bawaan sekolah mereka harus nerjang sungai ini jalan kaki. Beruntungnya sekarang masyarakat sekitar bisa bangun jembatan. Harus makin rajin tuh! 

Gimana foto-foto diatas? Semoga bisa buat kamu bersyukur karena lebih beruntung dan gak malas lagi ya buat belajar guys. Kalian pernah denger pepatah bijak yang bilang “Hidup yang kamu keluhkan barangkali adalah hidup yang orang lain impikan”. Bener gak tuh?  Semoga dunia pendidikan di Indonesia juga makin membaik! Banyak warga terutama pemerintah yang peduli buat penyetaraan fasilitas warga yang tinggal di daerah pelosok.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ani Nur Cholifah
"Melawan zona nyaman!"
0SHARES