Hal yang Bisa Direalisasikan Sebelum Memasuki Usia Kepala 3

pixabay.com

Masa muda menjadi waktu bagi seseorang untuk hidup produktif. Selain dengan bekerja dan mempelajari ilmu baru, kira-kira ada hal apa saja yang bisa direalisasikan sebelum usia 30 menjelang?

Mungkin ini adalah pertanyaan klasik di benak kita yang masih berusia 20-an. Hal ini wajar untuk ditanyakan tentang kualitas diri dan perubahan apa yang musti dilakukan secepatnya.

Sebelum memasuki usia kepala 3, kamu perlu melakukan banyak hal yang berhubungan dengan pengembangan diri. Karena itu, pastikan hal ini sudah kamu tunaikan sebelum usia makin menua.

1. Melancong

pixabay.com

Pergi ke tempat baru--entah sendirian atau bersama orang terdekat--adalah satu hal yang perlu dilakukan sebelum berusia 30 tahun. Ketika kamu masih belum menikah, traveling perlu dimasukkan dalam bucketlist-mu.

Jika masih belum berpenghasilan tetap atau pemasukan tidak terlalu banyak, kamu bisa menyiasatinya dengan pergi ke tempat indah yang tak jauh dari tempat tinggalmu.

Pergilah ke tempat yang benar-benar asing untukmu. Bukan ke taman bermain yang sudah hafal di luar kepala rute dan petanya. Dengan pergi melancong, akan ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan dan membantumu untuk jadi lebih dewasa dalam menyikapi segala sesuatu.

2. Kemampuan berbicara

pixabay.com

Umur yang matang juga perlu skill untuk berbicara dengan baik. Membaca adalah salah satu cara agar kemampuan retorika kamu jadi semakin baik. Perluas wawasan dengan melahap informasi dari buku bacaan yang berkualitas.

Membaca buku di setiap ada kesempatan bisa memberikan efek yang nyata dalam kemampuan berbicara. Kamu juga jadi lebih percaya diri karena membaca dari sumber yang terpercaya.

3. Berkarya

pixabay.com

Menciptakan sesuatu identik dengan hal yang mengubah dunia. Berkarya bukan soal modal dan impact yang besar pada orang lain. Karyamu adalah milikmu, jangan menghabiskan waktu terlalu banyak membicarakan ide orang.

Karya yang kamu ciptakan bisa berupa buku, kampanye, proposal, bahkan totalitas dalam pekerjaan. Ide yang kamu punya sama berharganya dengan milik orang lain, jadi jangan merasa rendah diri.

Habiskan waktu untuk diskusi dengan banyak orang dan pikirkan yang lebih cocok sesuai kemampuanmu untuk dilakukan. Lakukan inovasi dalam berbagai hal dan tidak ada salahnya untuk meninggalkan hal yang tidak sreg dengan isi hatimu.

4. Berwirausaha
pixabay.com

Sebagian orang memang tidak cocok kerja sebagai wirausaha. Menjadi seorang entrepreneur memerlukan mental baja yang tahan banting.

Tidak ada salahnya untuk membuka usaha sendiri atau bergabung bersama teman untuk berwirausaha. Apalagi jika memang ingin bekerja secara bebas dan penuh tantangan.

Menjadi seorang pebisnis tentu akan punya banyak hal yang bisa didapatkan. Tidak hanya ilmu, koneksi juga bisa memulai untuk membangun perusahaan dan bisnismu.

5. Memilih lingkaran pertemanan yang tepat
pixabay.com

Waktumu terlalu berharga untuk dibuang percuma. Apalagi menghabiskan waktu untuk mereka yang tidak bisa dipercaya. Batasi lingkaran perteman yang sehat dan membuat energi positif dalam dirimu terus tumbuh.

Jangan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan yang mengkhianati rasa percaya darimu. Carilah teman yang memberikan pengaruh baik dan membuatmu lebih menyayangi diri sendiri. 

6. Bangkit setelah gagal

pixabay.com

Cinta yang kandas akan selalu menjadi momok dalam urusan asmara. Pekerjaan yang tidak mulus juga akan muncul di tengah kariermu. Apapun itu, kamu memang harus merasakan kegagalan terlebih dahulu.

Gagal lalu bangkit. Salah dan gagal adalah kewajaran. Jangan pasang ekspektasi terlalu tinggi, apalagi kalau sampai membuat dirimu jadi tertekan. Hal terpenting dari kegagalan adalah mengetahui batas kemampuan diri. Sejauh mana keberanian dan kesanggupanmu dalam mengerjakan sesuatu.

Dengan mengenal diri sendiri, kamu jadi lebih mudah untuk mengatur emosi dan segera bangkit untuk belajar lebih banyak. Karena pada faktanya, kegagalan adalah cara yang terbaik untuk belajar dan memperbaiki kualitas hidupmu.

7. Yakin dengan kemampuan

pixabay.com

Yakin pada diri sendiri memang jadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Rasa minder sering membayangimu. Tetapi ingatlah untuk tetap menjadi sabar.

Segala urusan di dunia tidak seharusnya dikhawatirkan terlalu dalam. Selalu usahakan untuk melakukan sesuatu yang terbaik dalam segala hal. Sabarkanlah hati. Lihat banyak hal baik yang datang karena kesabaranmu. 

Menjadi manusia yang dewasa memang tidak mudah. Kamu dituntut untuk bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu, padahal kamu sendiri masih ingin menikmati waktu untuk bersantai. Hal di atas bisa saja tidak kamu lakukan, apalagi jika semuanya tidak mudah bagimu.

Menua adalah sebuah kepastian. Menjadi dewasa adalah pilihan. Jujur dan berani mengambil risiko atas segala perbuatan sendiri adalah moto hidup yang tepat. Apapun yang dikerjakan hari ini akan jadi sejarah dalam hidupmu.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pilu! Inilah 5 Tragedi Genosida Paling Brutal dalam Sejarah Indonesia | Keepo.me

Pilu! Inilah 5 Tragedi Genosida Paling Brutal dalam Sejarah Indonesia | Keepo.me

Tak Perlu Ambil Pusing, Lakukan Hal Ini Ketika Jadi Bahan Gosip Orang Lain

Tak Perlu Ambil Pusing, Lakukan Hal Ini Ketika Jadi Bahan Gosip Orang Lain

15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

15 Film Disney Terbaik yang Ceritanya Tak Lekang oleh Waktu | Keepo.me

Hal Esensial yang Perlu Dipersiapkan Jelang Ramadan

Hal Esensial yang Perlu Dipersiapkan Jelang Ramadan

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Cara Mengubah Bahasa di Laptop Windows Agar Tak Bingung Lagi | Keepo.me

Aroma Wewangian yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Aroma Wewangian yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi

loading