Hal Terkait Coronavirus yang Sebaiknya Tak Dicari di Internet, Biar Nggak Overthinking

www.pexels.com

Hingga hari ini, sudah ada beberapa negara di dunia yang memutuskan untuk melakukan lockdown demi mencegah meluasnya penyebaran Coronavirus. Jumlah pasien positif yang semakin meningkat setiap harinya dan angka kematian yang juga terus bertambah tentu membuat masyarakat merasa takut dan was-was. Setiap harinya, kamu juga selalu berusaha untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pandemi yang meresahkan ini. 

Meski sudah ada banyak himbuan dan aturan hukum terkait penyebaran hoax, nyatanya dunia maya masih tetap memiliki banyak berita simpang siur. Ada banyak informasi dari sumber tidak kredibel dan tidak dapat dipercaya yang menyebarkan rumor yang membuat orang semakin panik. 

Agar tidak menjadi overthinking dan panik dalam level kelewatan, ada baiknya kamu hanya mengakses sumber terpercaya. Hindari juga mencari beberapa hal berikut ini di internet, ya.

1. Melihat peta penyebaran COVID-19

cnet.com

Kamu tentu ingin tahu secara lebih detail di mana saja ada kasus positif Corona. Kamu juga ingin mendapatkan informasi ke mana saja mereka pergi selama 14 hari terakhir. Kamu ingin memastikan apakah tanpa sengaja bertemu dan berinteraksi dengan pasien positif tersebut. Akhirnya kamu berusaha untuk mencari dan mengunduh aplikasi yang dapat menunjukkan informasi yang dimau. 

Sangat disarankan untuk tidak melakukan hal di atas. Jika ingin melihat peta penyebaran COVID-19, kamu bisa melihatnya di situs resmi yang sudah disediakan pemerintah. Bahkan, saat ini sudah ada peta untuk masing-masing provinsi. Lakukan pengecekan pada situs resmi saja agar tidak mendapat informasi yang salah dan juga terhindar dari mengunduh ransomware

2. Mencari peralatan untuk tes COVID-19

techcrunch.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa hingga saat ini masih ada banyak orang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan pandemi Coronavirus untuk keuntungan pribadi. Mereka berpura-pura menjual peralatan yang dapat digunakan untuk melakukan tes COVID-19. Jangan percaya. Itu sudah pasti tidak resmi dan kemungkinan besar adalah barang palsu. 

Jika butuh melakukan tes, lakukanlah di rumah sakit yang sudah menjadi rujukan dan direkomendasikan oleh pemerintah. Jangan asal membeli alat sendiri secara online lalu melakukannya di rumah tanpa pengawasan. 

3. Mencari vaksin dan obat untuk Coronavirus secara online

www.europeanpharmaceuticalreview.com

Kamu mungkin takut dan panik saat ini. Yapi jangan sekali-kali memanfaatkan internet untuk mencari dan bahkan membeli obat atau vaksin untuk COVID-19. Kamu harus tahu bahwa hingga saat ini ilmuwan belum membuat vaksin atau obat yang 100% terbukti ampuh untuk mengatasi virus Corona. 

Abaikan semua penawaran yang didapatkan dari media sosial terkait obat dan vaksin. Tunggu sampai ada pengumunan resmi dari pemerintah dan WHO. Itu baru bisa dipercaya. 

4. Jangan menanggapi email terkait virus Corona dari sumber tidak dikenal
www.vox.com

Saat ini, ada banyak sekali cybercriminal yang terjadi. Dengan memanfaatkan kekhawatiran masyarakat, ada banyak pihak yang ingin mengambil untung. Kamu harus lebih hati-hati dan waspada. Bukan hanya terhadap virus Corona, tapi juga pihak yang memanfaatkan pandemi ini. Lebih baik jangan merespon email dari pengirim yang tidak jelas asal-usulnya. 

5. Hindari mencari tips untuk immunity boosting dan rekomendasi produk secara online
healthcareinamerica.us

Sekali lagi, kamu tidak boleh gampang tertipu dengan mitos yang kebenarannya belum bisa dibuktikan. Lakukan langkah sesuai dengan yang arahan pihak berwenang dan WHO. Jangan mudah melakukan ini-itu hanya dari omongan dan informasi yang sumbernya tidak jelas. 

Kamu boleh mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait pandemi yang saat ini sedang terjadi. Hanya saja, kamu harus tahu sumber informasi yang dapat dipercaya dan mana yang kemungkinan hanya menyebarkan kepanikan. Selalu lakukan cross check sebelum mempercayai suatu informasi. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Suka Tampil dengan Hijab Casual? Tiru Style Selebriti Ini Saja!

Suka Tampil dengan Hijab Casual? Tiru Style Selebriti Ini Saja!

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

Kegiatan Ini Tak Akan Bikin Kamu Merasa Kesepian Selama Physical Distancing

Kegiatan Ini Tak Akan Bikin Kamu Merasa Kesepian Selama Physical Distancing

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Untuk Feeds Instagram Aestetik, Lakukan Ini Trik Ini Saat Mengambil Foto

Untuk Feeds Instagram Aestetik, Lakukan Ini Trik Ini Saat Mengambil Foto

loading