Hal Penting yang Nggak Diajarkan di Sekolah Tapi Harus Dipelajari Sejak Dini

www.pexels.com

Sekolah menengah atas dan kejuruan memang menjadi ujung tombak pendidikan wajib seseorang sebelum melanjutkan kehidupan ke level yang lebih tinggi. Mau kuliah atau langsung bekerja, sudah tentu jadi pilihan yang mutlak harus dipilih seseorang setelah lulus.

Apa yakin kalau kemampuan kita sudah mumpuni untuk naik level perkuliahan atau bahkan ke dunia kerja? Sudah bukan rahasia lagi kalau dunia perkuliahan maupun dunia kerja adalah dunia yang bisa dibilang minim toleransi. Berbeda jauh dari sekolahan.

Maka dari itu, seseorang tentunya dituntut untuk memiliki minimum satu skill yang setidaknya telah dikuasai dari sebelum lulus sekolah. Apa aja ya?

1. Pelajari public speaking sejak dini

pexels.com

Sebagian dari kamu mungkin berpikir bahawa kemampuan berbicara di depan umum atau public speaking mudah dipelajari sejalan dengan pengalaman. Itu anggapan yang salah.

Pasalnya, kemampuan berbicara di depan umum ini ada baiknya jika dipelajari juga saat di masa sekolah. Nyatanya kemampuan berbicara di depan umum itu dibutuhkan sesaat sesudah kita lulus sekolah.

Apalagi bagi yang ingin langsung kerja setelah lulus sekolah, kemampuan ini tentunya sangat dibutuhkan pada saat melamar kerja. Kepercayaan diri saat berbicara juga akan menunjang para HRD untuk mengabulkan permintaanmu untuk bekerja sesuai posisi yang kamu lamar.

2. Mempelajari tata cara penulisan yang baik juga jadi nilai plus

pexels.com

Menulis itu membosankan bagi sebagian orang. Aktivitas menulis sering bikin jenuh, apalagi kalau tidak benar-benar menguasai tata bahasa yang baik dan benar.

Itulah kenapa kamu menghabiskan hampir 12 tahun mempelajari Bahasa Indonesia yang baik dan benar di sekolah. Pada praktiknya, mempelajari cara penulisan yang baik dan benar itu sangat berguna untuk mengungkapkan dan menciptakan sesuatu melalui tulisan.

Untuk yang ingin kuliah setelah lulus sekolah, menulis dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku akan memudahmu. Apalagi buatmenulis laporan, tugas, maupun jurnal kuliah.

3. Storytelling juga perlu dipelajari

pexels.com

Kemampuan storytelling atau yang biasa disebut mendongeng nyatanya diperlukan. Skill mendongeng nggak akan dimanfaatkan untuk mendongengi anak kecil saja, tapi juga untuk mempermudah dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain.

Kemampuan ini diperlukan saat kamu tertarik untuk melanjutkan kuliah ataupun bekerja di bidang marketing atau pemasaran. Storytelling ini berguna untuk menghidupkan narasi dalam laman promosi yang ingin dibangun.

Kemampuan ini juga berguna banget untuk yang ingin menlanjutkan kuliah. Pada dasarnya, ini bisa meningkatkan kemampuanmu dalam berbicara dan berkisah dengan jelas dan lugas.

4. Belajar berpikir kritis tapi nggak egois
pexels.com

Berpikir kritis adalah kebutuhan utama untuk bisa orang yang berguna. Kita dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Hal ini tentunya nggak terlepas dari bagaimana cara memandang tentang orang lain dan hal yang lain di tempat yang baru.

Berpikir kritis juga dapat membantu dalam mengemukakan pendapat dengan baik. Ini tentunya akan membantumy untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan dalam berbicara dan bertindak.

5. Belajar tentang tata krama
pexels.com

Etika merupakan sebuah kesatuan dari tata krama seharusnya dipelajari sedari dini. Nggak perlu nunggu lulus sekolah biar bisa pelajarin tata krama. Seharusnya sedari kecil kita sudah sadar akan pentingnya hal ini.

Ktika mengajukan lamaran bekerja, yang dilihat darimu nggak cuma kemampuan, otak dan penampilan. Tapi juga etika dan atitutmu di depan orang lain.

Hal ini sangat mempengaruhi keputusan apakah akan diterima atau tidak. Selain itu, pastinya masih banyak dampak positif dari mempelajari tata krama sejak dini.

6. Menjadi pendengar yang baik tanpa menghakimi

pexels.com

Menjadi pendengar yang baik mungkin bukan sebuah kemampuan khusus yang dimiliki orang lain. Namun belajar dan mempelajari etika untuk menjadi seorang pendengar yang baik tentunya akan membawa banyak kebaikan untuk kamu.

Dengan menjadi pendengar yang baik, kamu juga akan menjadi seseorang yang lebih bijak dan tidak ceroboh dalam bertindak maupun berbicara. Kamu akan berpikir berkali-kali sebelum berbicara tanpa menghakimi orang yang berbicara padamu.

7. Manfaatkan masa muda untuk memperluas lingkar pertemanan

pexels.com

Hal yang perlu dilakukan sebelum lulus sekolah adalah mencoba memperluas jaringan pertemananmu. Hal ini membawa banyak benefit buat kamu.

Selain bisa menambah banyak teman, memperluas jaringan akan membuatmu belajar lebih banyak lagi. Salah satunya soal kesempatan berkarier dan berkarya.

Nggak ada salahnya 'kan bila sejak dini kamu sudah mempelajari hal yang nggak terlalu ditekankan pada saat sekolah. Kita bisa pelajari sendiri dan pastinya nggak akan bikin rugi.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Ingin Lihat Akting Bang Haji? 10 Daftar Film Rhoma Irama Terbaik yang Patut Ditonton | Keepo.me

Alasan Sering Uring-uringan Saat Di-unfollow Teman di Media Sosial

Alasan Sering Uring-uringan Saat Di-unfollow Teman di Media Sosial

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Kenapa Jumlah Temanmu Makin Berkurang Setiap Tahunnya?

Kenapa Jumlah Temanmu Makin Berkurang Setiap Tahunnya?

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dekorasi Praktis Agar Kamar Kos Jadi Lebih Luas

Dekorasi Praktis Agar Kamar Kos Jadi Lebih Luas

loading