Hal-hal yang Akan Kamu Rasakan, Kalau Sehari Saja Jauh dari Media Sosial

03 April 2018
|Muhammad Sidiq Permadi
0SHARES

Media sosial dewasa ini memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan umat manusia. Keberadaan media sosial membuat umat manusia dapat saling terhubung antara satu dengan yang lain, tapi juga dapat menjadi pemisah yang begitu kuat. Mungkin kamu semua pernah dengar ungkapan, “menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh” perihal keberadaan media sosial ini. Pada kenyataannya, ungkapan tersebut tampaknya memang terbukti.

Contohnya saja ketika tengah berkumpul dengan teman-teman, pasti selalu aja ada satu atau mungkin semuanya anggota yang lagi asyik main smartphone. Wah, apa faedahnya ngumpul kalau begitu ya? Bukannya saling berbagai cerita seru eh malah saling berbagi gosip.

Tapi pernah nggak sih terpikir oleh kamu kalau sehari saja menjauh dari media sosial. Mungkin ada hal-hal ini yang akan kamu rasakan.

1. Lebih peka terhadap lingkungan

Hal pertama yang akan terjadi jika nggak ada media sosial adalah manusia akan menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar. Mereka akan terjun langsung untuk membantu sesamanya ketimbang harus memviralkan segala sesuatu. Sebagian orang malahan lebih senang memfoto sebuah kejadian sebelum melakukan tindakan pertama dengan harapan agar postingannya nanti mendapat banyak like dan komen. Sesuatu yang sebenarnya malah ironis.

2. Lebih aktif dalam komunitas

Seperti yang telah disebutkan pada paragraf pembuka, ketika tengah ngumpul bareng temen-temen, sebagian atau kebanyakan anggota yang kumpul pasti asyik memainkan smartphone-nya sehingga bukannya menambah hangat suasana malah mendinginkan suasana. Sesuatu yang tidak baik. Nah, dengan ketidakhadiran media sosial, keadaanmu pun akan menjadi semakin hangat. Obrolan seru otomatis bakalan tercipta deh.

3. Menjadi lebih tenang

Generasi saat ini sangat mudah terprovokasi hanya dengan melihat foto, status, maupun caption yang bertebaran di media sosial. Maka, muncullah pernyataan yang menyebutkan jika media sosial bukan hanya sebagai media berbagi, tapi juga sebagai media penghakiman. Rasanya pernyataan tersebut tidaklah salah. Coba aja deh perhatikan kasus Ahok ataupun Sukmawati misalnya. Keduanya sama-sama berasal dari sebuah video yang diviralkan bukan? Nah, kalau media sosial itu tidak ada, bisa jadi keadaan masyarakat Indonesia akan semakin aman dan nyaman karena penyebaran hate speech dan isu-isu yang berbau SARA dapat diminimalisir.

4. Tidak ada media sosial kamu bakalan jadi kuper?

Kata siapa begitu? Dengan ketidakhadiran media sosial, bukan berarti kamu bakalan kuper alias kurang pergaulan. Malahan, berbagai info terkini dapat langsung kamu dapatkan dengan ketidakhadiran media sosial karena kamu pasti bakalan terjun langsung untuk mencari keberadaan informasi yang beredar dari mulut ke mulut tersebut. Selain itu, kamu pun masih bisa mencari informasi melalui internet, bukan? 

5. Nggak lagi membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain

Kamu akan lebih menerima hidupmu apa adanya. Dengan kata lain, kamu nggak akan menggerutu hanya karena merasa hidupmu tidak sempurna jika dibandingkan hidup orang lain. Selama ini kamu hanya melihat seseorang dari postingan mereka di media sosial, dan tentu saja kebanyakan orang hanya memposting sesuatu yang menampakkan diri mereka bahagia. Ujian hidup yang kadang berdarah-darah tak mereka perlihatkan dalam media sosial.

Itulah mengapa, kamu harus mulai menerima hidupmu dengan ikhlas. Syukuri apa yang kamu dapat, sebelum menyesal ketika hal-hal baik pergi dari hidupmu.

Itulah hal-hal yang terjadi jika dunia tanpa media sosial. Wah, dampaknya positif semua ya! Itu karena lebih baik menyebarkan berita positif kan daripada berita negatif. Hehe. Tapi, ya meski banyak dampak positifnya, ada juga sih dampak negatifnya, Coba sekarang kamu sebutin dampak negatif jika jauh sementara dari media sosial. Tulis di kolom komentar ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Muhammad Sidiq Permadi
"Linguistics - Semiotican"
0SHARES