Hal Esensial yang Harus Dirancang dan Disiapkan Sedini Mungkin

www.pexels.com

Waktu masih sekolah, ada banyak hal yang nggak kamu pikirkan secara detail. Sebut saja tentang kuliah di kampus mana dan budget yang disiapkan orangtuamu. Bahkan menyoal pekerjaan yang menjanjikan juga belum terlalu dipikirkan. Apalagi soal menikah muda dan investasi, bukan jadi prioritas saat itu.

Usia muda memang menjadi momen untuk mengeksplorasi banyak hal baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Sebenarnya, ada hal yang jauh lebih bermanfaat ketimbang haha-hehe di masa muda. Yakni merancang masa depan!

Banyak orang berpikir jika masa depan bisa dilalui setelah dewasa. Memang benar, tapi ketika dewasa banyak yang menyesal dan berharap bisa merancang masa depan lebih dini. Untuk yang masih muda, ada baiknya kamu mulai memikirkan hal yang terkesan sepele di masa muda, tapi mendesak jika tidak direncanakan dari sekarang.

1. Punya tabungan atau dana tak terpakai sejak dini

pexels.com

Mungkin sudah banyak di antara kamu yang memiliki tabungan sendiri. Sejak dini, kita memang sudah dibiasakan untuk menabung di sekolah dari uang jajan setiap hari. Baiknya jika kegiatan positif ini tetap di lanjutkan setelah lulus dari sekolah.

Mulailah untuk menabung uang yang kita hasilkan setiap hari, minggu atau bulan. Kenapa sih kita wajib membiasakan diri untuk menabung? Jawabannnya simple. Dengan menabung, kamu memiliki uang tidak terpakai yang bisa aja menyelamatkanmu di kemudian hari.

Kamu bisa mulai menabung sedikit demi sedikit, lalu di setor ke bank. Kalau sudah lumayan banyak dan nggak gampang dipakai, kamu bisa mulai membuka deposito.

2. Memiliki deposito berjangka biar uang tak habis dipakai

pexels.com

Buat yang sudah memiliki rekening sendiri, pasti tahu apa itu deposito. Deposito bisa dibilang sebagai salah satu solusi untuk menyimpan uang agar tidak mudah terpakai. Tabungan deposito, biasanya memiliki jangka waktu yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, mulai dari satu bulan.

Kamu nggak bisa semudah itu menarik uang kamu sebelum jangka waktunya berakhir. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil dari bunga bank yang selalu bertambah setiap bulannya atau tahunnya.

Selain bisa menyimpan uang tanpa khawatir terpakai, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari bunga yang dihasilkan tabungan depositomu. Sebaiknya, kamu mulai mempelajari keuntungan memiliki deposito biar nggak ceroboh lagi dalam mengelola keuangan.

3. Belajar berinvestasi kecil-kecilan

pexels.com

Selain deposito, kamu juga bisa memikirkan investasi kecil-kecilan. Investasi kedengarannya memang cukup serius. Mungkin kita akan teringat index saham harian atau ratusan perusahaan besar yang berebut untuk ditanam sahamnya.

Jangan selalu berpikir bahwa investasi itu ribet. Buat yang masih sangat muda, investasi bisa dimulai dari hal yang sederhana. Misalkan berinvestasi lewat emas muda yang harganya tidak terlalu tinggi.

Meskipun tujuannya hanya untuk menabung dan akan dikurangi harganya saat dijual kembali, nyatanya berinvestasi dengan menabung emas jadi salah satu cara untuk membiasakan diri menyisihkan sebagian dari penghasilan. Tabungan berbentuk barang ini dapat dijual lagi di kemudian hari saat harga emas sudah mahal.

4. Rencana untuk memiliki hunian tetap sendiri
pexels.com

Hampir sebagian besar orang berharap punya rumah sendiri. Sayangnya realita memang nggak semudah khayalan. Pasalnya, harga rumah saat ini tingginya bukan main. Generasi milenial diragukan bisa membeli hunian.

Dari keraguan ini, sebaiknya mulai sejak dini kamu sudah melek tentang rencana memiliki rumah sendiri. Usia muda bukan jadi penghalang untuk membeli rumah. Buat yang masih sekolah atau kuliah, nggak ada salahnya mulai mempelajari skema pembelian rumah melalui KPR. Jika suatu saat ingin membeli rumah, kamu udah nggak bingung lagi tentang apa yang harus dipersiapkan. 

5. Berencana untuk membeli kendaraan sendiri
pexels.com

Mungkin sudah banyak dari kamu yang memiliki kendaraan, khususnya kendaraan roda dua mulai dari sekolah. Walaupun masih dibelikan orangtua, tapi kendaraan itu memang penting. Memiliki kendaraan sendiri sudah menjadi kebutuhan yang sulit untuk ditolak. Untuk yang mungkin belum memiliki kendaraan sendiri, mungkin kamu sudah harus merencanakan untuk membeli kendaraan sejak dini.

6. Gambaran tentang kriteria pasangan hidup

pexels.com

Satu hal yang penting untuk direncanakan sejak dini adalah tentang kriteria pasangan hidup. Kalau saat remaja kamu berekspektasi tinggi dengan pasangan yang  rupawan dan menyenangkan, mulai saat ini kamu harus lebih menerima menurunkan tentang calon pasanganmu kelak. Faktanya, memang banyak dari kita yang menikah cuma karena suka dan cinta tanpa berpikir panjang tentang kecocokan karakter dan visi misi finansial ke depannya.

7. Jenjang karir yang diinginkan

pexels.com

Kamu juga bisa mulai berencana lebih jauh lagi tentang jenjang karier seperti apa yang diharapkan untuk ke depannya. Kamu harus bisa mengenal bakat atau passion apa yang bisa dijadikan pekerjaan untukmu. Hal ini tentunya bisa menjadi tolak ukur seberapa matang cara kamu berpikir.

Masa muda memang masanya pencarian jati diri. Tapi, jangan terlena dengan asyiknya jadi remaja. Kamu juga harus mulai merancang ingin seperti apa kehidupanmu di masa mendatang sejak dini dengan menerapkan beberapa hal di atas.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Film dan Drama Choi Minho SHINee, Kualitas Aktingnya Jempolan | Keepo.me

Sebelum Terlambat, Pahami Kenapa Kamu Harus Sudah Sukses di Usia 30-an

Sebelum Terlambat, Pahami Kenapa Kamu Harus Sudah Sukses di Usia 30-an

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Dear Ladies, Ini Cara Menghitung Masa Subur dengan Kalender yang Akurat | Keepo.me

Tanda Kamu Berhasil Move on dari Mantan. Siap Menyambut Cinta Baru!

Tanda Kamu Berhasil Move on dari Mantan. Siap Menyambut Cinta Baru!

Dangdut Academy 4 Bikin Heboh, Ada Penampakan Kuntilanak Saat Live Show | Keepo.me

Dangdut Academy 4 Bikin Heboh, Ada Penampakan Kuntilanak Saat Live Show | Keepo.me

Dear Cewek, Kebiasaan Ini Bikin Hubungan Nggak Sehat, Lho. Kurang-kurangin, Yuk!

Dear Cewek, Kebiasaan Ini Bikin Hubungan Nggak Sehat, Lho. Kurang-kurangin, Yuk!

loading