Hal Esensial yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membangun Rumah Baru

www.pexels.com

Jika harus memilih, pasti banyak orang yang akan lebih suka membangun huniannya dari nol ketimbang membeli yang sudah jadi. Membangun rumah memberikan kesempatan kepada seseorang untuk menuangkan ide serta keinginannya terhadap rumah yang akan ditempatinya.

Banyak pula orang yang memiliki kesempatan membangun huniannya dari nol, namun tetap saja kecewa atau tidak puas dengan hasilnya. Salah satu penyebabnya tentu saja pertimbangan yang dilakukannya tidak matang. Maka itu, pertimbangkan dulu hal penting ini sebelum membangun sebuah hunian.

1. Maksimalkan lahan

id.pinterest.com

Setelah menentukan lokasi, berarti kamu perlu menentukan di mana bangunan akan berdiri. Tentu saja kamu bebas menentukan bentuk dan luas bangunan sesuai keinginan, tetapi tetap harus memperhatikan beberapa hal.

Terkait dengan lokasi, kamu harrus mempertimbangkan ukuran, topografi tanah, serta kelebihan lokasi. Jika dimensi tanahnya luas dan relatif subur, kamu bisa mengalokasikan sebagian untuk taman hijau.

Jika terdapat perkamungan menarik di sekitar lahan tersebut, kamu bisa menempatkan balkon menghadap ke arah sana. Kondisi topografi tanah juga memengaruhi desain bangunan nantinya. Jika terlalu curam, kamu harus memastikan desain yang dipakai benar-benar aman.

2. Desain yang tepat

id.pinterest.com

Efektivitas harus menjadi prioritas. Apalagi jika ingin hunian dengan fitur lengkap walaupun ukurannya tidak terlalu besar. Hal pertama yang perlu dipastikan adalah mobilitas para penghuni rumah dari satu ruangan ke ruangan lain. Penerangan dan ventilasi juga perlu diperhatikan. Setidaknya hal ini penting bagi kamu ketika harus menentukan jumlah jendela ketika akan memasang AC.

Desain efektif tersebut akan berpengaruh terhadap kenyamanan penghuni rumah. Contohnya pada jaringan listrik dan pipa. Jika instalasinya diatur dengan baik, akan memudahkan penghuni rumah untuk mengakses dan menggunakannya.

3. Ruangan yang nyaman

unsplash.com

Jika rencana rumah berdimensi terbatas, mengapa tidak menerapkan desain terbuka? Saat ini banyak yang memanfaatkan konsep pada hunian mereka. Pasalnya, memang desain ini dapat memberikan kesan luas dan suasana yang lebih lega.

Selain itu, kamu juga harus memikirkan penempatan setiap ruangan secara terperinci. Kamar tidur sebaiknya berada di area yang jauh dari gangguan. Pintu kamar mandi seharusnya tidak dipasang menghadap ruangan favorit seperti ruang nonton TV dan ruang makan.

4. Pertimbangkan masa depan
unsplash.com

Mungkin saat ini kamu sedang merencanakan ingin memiliki anak, sehingga persiapannya juga akan menyangkut soal hunian. Artinya kamu perlu menyiapkan ruangan untuk bayi. Mungkin suatu saat orang tua membutuhkan kamu untuk merawat mereka.

Lantas solusinya akan mengerucut menjadi satu pilihan, yakni membawa orang tua tinggal bersama. Tentu saja, ada ruang tambahan yang perlu disediakan khusus untuk mereka.

Bila memiliki hasrat untuk segera membuka usaha sendiri di rumah, kamu pun perlu merenovasinya demi menyesuaikan dengan aktivitas tersebut. Intinya adalah rencana hunian sebaiknya disesuaikan dengan proyeksi rumah tangga secara keseluruhan.

5. Efisiensi anggaran
unsplash.com

Kontraktor veteran, Tom Dickinson, mengatakan bahwa efisiensi anggaran adalah masalah utama yang sering dihadapi oleh yang belum berpengalaman membangun rumah. Dickinson juga mengungkapkan bahwa kebanyakan orang cenderung melampaui batas.

Dalam hal ini, mengalokasikan dana secara berlebihan demi memenuhi keinginan mereka. Memang pada akhirnya rumah mereka berhasil berdiri, tetapi dengan lubang kecil di sektor furnitur yang kerap terlupakan. Oleh sebab itu, lakukan konseling dan tanya jawab mengenai detail membangun rumah kepada para ahlinya.

Gunakan aplikasi desain hunian khusus yang dilengkapi dengan estimasi biaya. Disiplin adalah kuncinya! Jujurlah dengan memberlakukan kontrol ketat terhadap anggaran. Kamu bukan hanya sedang merencanakan hunian, tetapi juga kehidupan secara keseluruhan.

Membangun sebuah hunian harus direncanakan secara matang. Agar hasilnya dapat memuaskan dan setiap ruang di dalamnya berfungsi dengan baik. Meski jika ada yang kurang masih bisa diperbaiki dan direnovasi, tentu sayang bukan jika harus mengeluarkan uang tambahan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Band Ini Hobi Banget Hancurin Alat Musik Saat Manggung | Keepo.me

5 Band Ini Hobi Banget Hancurin Alat Musik Saat Manggung | Keepo.me

Manfaat Jalan Kaki yang Tidak Disadari Banyak Orang

Manfaat Jalan Kaki yang Tidak Disadari Banyak Orang

5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

Alasan Pentingnya Kemandirian Finansial bagi Para Istri

Alasan Pentingnya Kemandirian Finansial bagi Para Istri

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Orang yang Bersyukur Akan Selalu Menerapkan Mindset Ini

Orang yang Bersyukur Akan Selalu Menerapkan Mindset Ini

loading