Hacks Membuat Tipografi Kekinian untuk Unggahan di Instagram Story

www.pexels.com

Populernya Instagram saat ini membuat semakin banyak orang yang kreatif mengeksplorasi unggahan yang keren. Tidak hanya menambahkan filter, penambahan teks pun semakin digemari penggunanya saat update story. Tidak sekadar pamer skill fotografi, perkembangannya yang menjadi semakin informatif mampu menjadi salah satu media promosi. Dampaknya tidak hanya ada pada perubahan kebiasaan sehari-hari, namun juga banyak membuka wawasan penggunanya untuk mempelajari desain

Desain sederhana yang biasanya digunakan untuk update story dan feeds adalah membuat quotes. Meskipun pemula, tentu sudah paham bahwa teks yang digunakan dalam gambar mempengaruhi mood. Teks tadi bisa disebut sebagai desain tipografi. Bukan hanya tentang memilih jenis dan ukuran font, tipografi sendiri merupakan sebuah seni cetak. 

Zaman dahulu, tipografi memang dicetak untuk kepentingan tertentu. Tapi saat dunia sudah modern, ilmu ini bergeser maknanya menjadi tata letak huruf untuk menciptakan kesan tertentu. Tertarik untuk mempelajarinya?

1. Cocokkan rasa dengan pesan

www.pexels.com

Setiap font punya rasa tersendiri dan kamu tidak bisa memaksa untuk menggunakan satu font untuk setiap desain. Misalkan pada desain kutipan film sedih, menggunakan Montserat masih terbilang cocok. Tetapi untuk desain poster liburan, mungkin kurang cocok karena terkesan kaku. 

Mungkin kamu punya font favorit yang selalu digunakan di setiap kesempatan. Sayangnya, tidak semua hal bisa masuk dalam satu desain. Suatu huruf bisa jadi tampak bersahabat, mewah, serius, bahkan kocak. Masalahnya, kebanyakan font tidak cocok untuk semua desain. Ada yang diciptakan untuk kesempatan tertentu. 

Cara untuk menentukan font yang cocok adalah menyesuaikan dengan pesan yang ingin disampaikan. Jika memiliki konten yang sudah lebih dulu direncanakan, itu akan lebih mudah untuk mencocokkan pilihan font dengan color tone.

2. Sesuaikan dengan audiens

www.pexels.com

Desainer huruf Eben Sorkin mengatakan kalau setiap jenis huruf memiliki suaranya sendiri. Suara ini mempengaruhi apa yang dirasakan tentang teks ketika dibaca dan memproses informasi yang tertulis. Untuk sebuah desain, jenis huruf juga bisa menjadi sebuah kekuatan untuk membuat komunikasi jadi lebih efektif dan persuasif.

Jika Instagram milikmu dibuat bisnis, kamu perlu tahu sifat dari font yang digunakan. Apakah pembacanya bisa menerima informasinya dengan cepat? Menyesuaikan desain dengan audiense sangat bermanfaat untuk meningkatkan awareness pada produk yang dipromosikan. 

Ketika jenis huruf tidak memiliki kualitas tersebut, yang melihat kontenmu akan terganggu dan malas melanjutkan. Semakin mudah membuat orang lain jadi tertarik, semakin besar pula kemungkinan kamu memberikan apa yang mereka cari. Tandanya kamu telah memilih font yang sesuai dengan tujuan desainmu. Bagus! Tapi tidak semua orang akan membaca rasa dari font dengan sama. Setelah memilih font yang cocok dengan desain, kamu perlu memastikan apakah font itu cocok dengan target pasar. 

3. Ukuran

www.pexels.com

Yang harus menjadi perhatian utama selanjutnya tingkat keterbacaan. Kamu pasti tidak mau membuat orang lain jadi frustrasi dengan teks berukuran terlalu kecil sampai susah untuk bisa dibaca. Atau malah terlalu besar sehingga pusing dilihat dan menggangu pandangan. Sebagai aturan praktis, ukuran body text berukuran 10-12 adalah standar jika dicetak. Apabila untuk desain web, paling tidak pakai size 15-20. Tentunya, ukuran yang ideal bisa berubah tergantung jenis huruf dan kebutuhan. 

Bagaimana dengan jenis huruf lain dalam teks yang dibaca dalam waktu lama? Kamu perlu mencoba untuk menggunakan konteks desain dengan beberapa pemikiran wajar sebagai panduannya. Proyek yang lebih kecil seperti kartu nama dan bagian panjang akan membutuhkan font yang lebih kecil. Tapi huruf ini juga perlu terlihat jelas dan mudah untuk dibaca.

4. Dikelompokkan dengan tepat
www.pexels.com

Pengelompokan ini mencakup ukuran, font, layout dan tata letak dari sebuah tipografi. Secara sederhana, Hirarki tipografi ini membuat perbedaan yang cukup kontras antar elemennya. Tujuannya agar pembaca lebih mudah mengerti pesan yang disampaikan. Karena sebuah desain bagus adalah yang memiliki hirarki yang baik, disusun dengan rapi, mudah diarahkan, dan gampang menemukan informasi yang dibutuhkan. Pada dasarnya, berikut adalah elemen pentingnya:

1. Ukuran teks

2. Spacing yang tepat agar mudah dilihat

3. Mengelompokkan hal terkait menjadi satu

4. Pembagian yang jelas  seperti headings dan subheadings ketika diperlukan

5. Jangan abaikan spacing dan alignment
www.pexels.com

Detail bisa membentuk sekaligus menghancurkan desain. Detail yang paling berpengaruh adalah spacing dan alignment. Dua hal ini bisa membuat perbedaan antara desain yang berantakan dengan yang neat. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari tracking, leading, margin, dan white space.

Mengurangi tracking adalah sebuah teknik yang sering digunakan untuk menghemat ruang dalam desain. Tapi hal itu bisa membuat desain sulit dibaca, apalagi jika desain di ukuran yang besar seperti poster. Kamu punya banyak ruang untuk menata text menjadi sebuah desain persuasif yang bisa dilihat dari kejauhan.

6. Pelajari kerning

www.pexels.com

Ada beberapa satu tipe spacing yang sering terlupakan: kerning. Kerning biasanya tertukar dengan tracking, padahal keduanya berbeda. Kerning adalah jumlah ruang atau spasi antara sebuah huruf dengan huruf lainnya yang menjadi penentu dan memastikan tipografi terlihat profesional. Setiap font didesain dengan kerning default, tapi biasanya kurang ideal untuk kombinasi huruf. Apalagi untuk headlines. Kerning sendiri biasanya digunakan untuk meningkatkan komposisi karakter font.

7. Batasi jumlah font

pixabay.com

Menggabungkan beberapa font memang menyenangkan. Tapi kamu tidak bisa menggunakan terlalu banyak dalam satu desain. Hal ini akan membuat hasilnya berantakan juga tidak profesional. Lebih amannya, pakai maksimal tiga font dalam satu desain.

Mempelajari dasar soal tipografi juga bisa kamu aplikasikan untuk membuat unggahan di Instagram Story. Buat pesanmu tersampaikan dengan baik kepada followers-mu dengan membuat kreasi unggahan yang menarik dan rapi, ya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

40 Kata-kata Bijak Lucu Penuh Humor yang Mengundang Tawa | Keepo.me

Dampak Buruk Mengonsumsi Kopi Instan Terus-terusan

Dampak Buruk Mengonsumsi Kopi Instan Terus-terusan

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Aplikasi Watermark Foto untuk Hindari Pencurian Karya Visual | Keepo.me

Menurut Ahlinya, Begini Cara Tidak Boros Saat Belanja Bulanan

Menurut Ahlinya, Begini Cara Tidak Boros Saat Belanja Bulanan

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

5 Artis Cilik Ini Berani Berakting dalam Film Kategori Dewasa | Keepo.me

Inspirasi Look yang Playful Ala Tiara Andini Idol

Inspirasi Look yang Playful Ala Tiara Andini Idol

loading