Hacks Agar Sukses Menyabet Beasiswa ke Luar Negeri

www.pexels.com

Melihat dan membaca pengalaman orang yang berkesempatan melanjutkan studi di luar negeri membuat kamu jadi makin termotivasi. Bisa melanjutkan ke bangku kuliah memang sebuah privilege yang nggak semua orang mampu meraihnya secara cuma-cuma. Apalagi kalau bisa kuliah di luar negeri.

Impian itu memang membuat banyak orang bersemangat mencari beasiswa untuk bisa berkuliah di luar. Kualitas pendidikan yang lebih baik, pengalaman yang luas, dan kesempatan untuk memperluas jaringan jadi alasan orang ingin berkuliah di luar negeri.

Supaya lamaran beasiswamu bisa diterima oleh kampus incaran, kamu juga harus menerapkan beberapa hal ini. Supaya persiapan yang kamu lakukan tak sia-sia, harapan besar ini pun bisa jadi nyata.

1. Excellent

pixabay.com

Berusaha secara maksimal di bidang akademis dengan belajar yang keras adalah salah satu cara agar kamu bisa kuliah di luar negeri. Untuk yang masih sekolah atau sedang menempuh pendidikan sarjana dan master di Indonesia, tapi ada rencana untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, hal yang perlu dilakukan adalah berusaha agar nilaimu selalu bagus.

Jangan segan mencoba ikut olimpiade yang berkaitan dengan bidang studi yang diminati. Prestasi akademik dan non-akademik akan diperhitungkan dan dipertimbangkan oleh calon kampusmu nanti.

2. Aktif

pixabay.com

Pintar itu biasa. Kalau aktif organisasi, nilai akademis baik, dan bisa sambil bekerja itu baru luar bisa. Kalau merasa yakin bisa dapat beasiswa karena nilai selalu bagus, coba lihat dulu kolom keaktifan kalian dalam organisasi.

Untuk dapat beasiswa, kamu harus punya sesuatu yang menarik untuk dijual ke pemberi beasiswa. Biasanya yang dicari adala yang pernah ikut kegiatan di luar akademis. Seperti volunteer, aktif di organisasi, dan sering ikut kompetisi.

Orang yang aktif di organisasi akan lebih dilirik daripada orang yang pasif dalam masalah beasiswa. Hal ini dikarenakan orang yang aktif berorganisasi dianggap bisa memanfaatkan ilmu yang didapat untuk kepentingan lebih luas.

3. Volunteer

pixabay.com

Jangan ragu untuk jadi relawan jika ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Selain keaktifan di organisasi dan nilai bagus pada akademik, nyatanya pengalaman di kegiatan sosial juga jadi nilai tambah untuk lampiran pengajuan beasiswa.

Apalagi kalau kamu mengincar beasiswa di negara Amerika dan Eropa. Semua beasiswanya cenderung lebih tertarik pada pelamar yang punya pengalaman jadi relawan di kegiatan sosial daripada yang pasif.

4. Tes kemampuan bahasa
pixabay.com

Jangan lupa kalau mau ke luar negeri harus bisa menguasai bahasanya. Setelah cukup mempersiapkan diri dengan nilai di bidang akademis yang baik, non-akademis yang cukup banyak, kamu perlu membuktikan diri kalau nanti bisa survive di negara orang.

Persayaratan beasiswa yang paling umum memang harus meraih level tertentu dalam tes kemampuan bahasa asing. Masing-masing beasiswa punya persyaratan tes bahasa sendiri. Umumnya, dengan skor TOEFL 550 dan nilai IELTS 6,5 adalah ambang batas minimalnya.

5. Rekomendasi
pixabay.com

Kamu perlu rekomendasi dari orang lain untuk mendapatkan beasiswa, temukan orang yang bisa memberimu "jalan". Misalkan dari guru, dosen, atau ketua jurusanmu. Surat rekomendasi diperlukan pihak pemberi beasiswa agar bisa menilai performamu di dunia nyata.

Surat ini diambil dari mereka yang sudah mengetahui rekam jejakmu. Rekomendasi dari mereka sangat penting. Jadi jaga hubungan yang baik dengan mereka yang nantinya bisa memberimu kemudahan di masa depan.

6. CV

pixabay.com

Menyiapkan Curriculum Vitae (CV) yang informatif juga jadi syarat beasiswa. Dengan melihat pengalaman dan pencapaianmu dari CV yang diberikan, para pemberi beasiswa bisa mendapatkan gambaran bagaimana dirimu selama ini. CV yang representatif tapi tetap informatif adalah kunci.

7. Motivation letter

pixabay.com

Menunjukan diri lewat motivation letter adalah langkah selanjutnya. Menyiapkan surat ini harus menjabarkan tentang tujuan, dan alasan mengapa kamu tertarik mengambil bidang studi yang dipilih. Kamu juga harus memberi alasan mengapa kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut.

8. Interview

pixabay.com

Jangan lupa untuk latihan sebelum interview jika kamu lolos seleksi administrasi lewat administrasi. Supaya lancar, kamu perlu mempersiapkan diri agar tidak grogi di hadapan para professor yang ada. Biasakan diri untuk berbicara dengan bahasa asing yang akan digunakan dalam wawancara setiap hari beberapa waktu sesi berlangsung.

9. Kontribusi untuk negara
pixabay.com

Tunjukkan bahwa beasiswa ini akan membantumu berkontribusi ke negara. Apalagi ketika ditanya alasan ingin mendapatkan beasiswa. Jangan menjawab dengan tujuan yang umum seperti mengembangkan diri atau memperbanyak pengalaman. Kamu perlu menjukkan juga bahwa kalau nanti menerima beasiswa, kamu akan lebih punya kapasitas untuk berkontribusi ke lingkungan terdekatmu.

10. Coba lagi
pixabay.com

Gagal tak masalah, coba terus sampai berhasil. Sekali mencoba apply beasiswa, kamu belum tentu akan berhasil. Jadi jangan langsung putus asa. Dengan pernah gagal, kamu jadi tahu celahnya, bisa memperbaiki diri, dan mencoba kembali di kesempatan berikutnya.

Beberapa beasiswa yang bisa kamu coba untuk mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri ada banyak. Kamu bisa mencari sesuai dengan jurusan dan akreditasi kampus. Kamu juga bisa menyortit berdasarkan negara yang diincar.

Perhatikan ketentuan dan syarat yang diberikan. Persiapakan sebaik mungkin. Tak hanya soal berkas, tapi juga kesiapan mental dan fisik.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Band Ini Hobi Banget Hancurin Alat Musik Saat Manggung | Keepo.me

5 Band Ini Hobi Banget Hancurin Alat Musik Saat Manggung | Keepo.me

Hal Esensial yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membangun Rumah Baru

Hal Esensial yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membangun Rumah Baru

5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

5 Seleb Muslim Ini Hamil Di Luar Nikah, Ada yang Baru Melahirkan | Keepo.me

Manfaat Jalan Kaki yang Tidak Disadari Banyak Orang

Manfaat Jalan Kaki yang Tidak Disadari Banyak Orang

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Deretan Simbol di Area Publik Ini yang Wajib Banget Kamu Ketahui Selama Masa New Normal | Keepo.me

Alasan Pentingnya Kemandirian Finansial bagi Para Istri

Alasan Pentingnya Kemandirian Finansial bagi Para Istri

loading