Gokil! Cuma di Indonesia Ada Makanan-makanan yang Namanya Aneh!

28 Desember 2016
|Puspita Yuniastuti
Life
0SHARES

Kamu sadar gak sih kalau Indonesia, Negara yang sampai saat ini kamu jadikan rumah memiliki banyak sekali makanan-makanan dengan nama yang aneh? Gak hanya satu atau dua, melainkan YuKepo udah merangkum 7 makanan dengan nama aneh plus unik yang cuma ada di Indonesia. Emang sih, dengan memiliki nama yang aneh, bikin orang jadi penasaran untuk nyobain. Yuk, langsung aja liat list-nya di bawah ini!

1. Nasi kucing

Bukan nasi untuk kucing atau nasi berlauk kucing. Tapi, makanan yang satu ini dinamakan, nasi kucing. Kenapa ya? Hmm.. biasanya nasi kucing bisa kamu temukan di warung-warung angkringan. Ada yang bilang alasaan nasi kucing diberi nama seperti itu adalah karena nasi ini berlauk ikan, yang memang adalah makanan kesukaan para kucing. Ada juga yang bilang bahwa porsi nasi kucing ini terlalu sedikit untuk diberikan kepada manusia normal karena emang porsinya dikit banget layaknya memberi makan seekor kucing. Lagipula, nasi kucing tidak hanya memiliki lauk ikan kok. Ada orek tempe bahkan ayam rica. Tapi, porsinya yaaa.. cilik!

2. Kerupuk melarat

Ada yang tau apa arti kata melarat? Melarat bisa diartikan sebagai miskin atau sengsara. Tapi kalau kamu main ke Cirebon, kamu akan menemukan sebuah kerupuk yang namanya Kerupuk melarat. Alasan kenapa kerupuk ini diberi nama melarat adalah karena dulu, minyak goreng itu sangat mahal. Kerupuk melarat ini ternyata tidak digoreng dengan minyak melainkan dimasak menggunakan pasir yang dipanaskan. Karena bukan diolah dengan minyak goreng mahal, oleh karena itu kerupuk ini dinamakan kerupuk melarat. Duh, kasihan ya.

3. Rawon setan

Hiii.. Mungkin waktu pertama kali tau kalau nama makanan yang satu ini bukan sembarang rawon melainkan rawon setan, kamu bakal takut! Bayangin aja, kok ada gitu lho yang memberikan nama makanan selezat ini dengan sebutan setan?? Tapi tenyata, makanan khas Surabaya ini diberi nama rawon setan karena dulu kamu hanya bisa menemukan makanan ini di atas jam 10 malam. Yang di mana biasanya manusia udah pada molor, eh setan baru pada nongol. Hiiiii! Jangan dibayangin ah, jadi serem lho nanti!

4. Sate lalat

Hmm… kebayang gak sih lalat yang sekecil itu dijadikan sate? Duh! Gak kebayang betapa capeknya yang rajin nangkepin lalat kemudian dibakar dan dijadikan sate. Haha. Eh, tapi ternyata ini bukan sate lalat beneran kok. Sate ini disebut sate lalat karena daging ayam atau daging kambing yang terdapat di sini dipotong sangat kecil-kecil seperti daging lalat. Makanya, sate ini dinamakan sate lalat. Rasanya sama aja kok! Asal jangan sambil ngebayangin lalat ya saat memakannya hihi.

5. Sate kere

Masih seputar sate, di Solo, kamu bisa menemukan sate kere. Kere itu dalam bahasa Jawa artinya miskin. Dulu, sate dikenal sebagai makanannya orang-orang kaya karena hanya orang kaya saja yang mampu untuk membeli atau membuat sate. Padahal, orang-orang yang kurang mampu juga sangat ingin mencoba rasa sate. Dari situlah dibuat versi “kere”-nya. Sate kere bukan terbuat dari potongan daging melainkan potongan tempe gambus yang dibuat dari ampas tahu, potongan jeroan sapi, paru, dan usus sapi. Nah, jadi  deh sate kere. Kamu mau coba?

6. Kue tete

Ups! Kok namanya gitu ya.. Tapi pasti kamu udah tau dong camilan yang satu ini karena sejak dulu zaman SD sering melihat gerobak penjual kue tete. Mungkin lebih sopannya, kue ini bisa disebut kue ape. Tapi, dari mana sih asalnya nama kue tete? Ya karena bentuknya lingkaran dan di tengahnya ada sebuah tonjolan mirip dengan bentuk payudara. Hmm.. jangan bayangin yang aneh-aneh ya abis ini!

7. Bika ambon

Lho.. apa yang aneh dari bika ambon? Ya jelas aneh dong. Bika ambon tapi bukan dari Ambon melainkan dari Medan. Tuh, jangan sampai sok tau ya bilang bahwa bika ambon asalnya dari Ambon. Alasan kue basah khas Medan ini disebut bika ambon adalah karena nama salah satu jalan di kota Medan yang pertama kali menjadi tempat produksi bika ambon adalah Jl. Ambon. Ngomong-ngomong.. di Ambon ada gak ya Jl. Medan?         

Nah, dari ke-7 makanan dengan nama aneh di atas, kamu paling penasaran untuk cobain yang mana? Dan makanan mana yang menurut kamu paling enak setelah kamu mencobanya walaupun namanya aneh dan unik. Comment di bawah ini, ya!  


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Puspita Yuniastuti
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES