Girls, Stop Ngerasa Bersalah Tentang 7 Hal Ini! Kamu Berhak Bahagia

09 Juli 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Setiap orang pasti pernah merasa bersalah tentang suatu hal. Entah itu karena perbuatannya sendiri atau perbuatan orang lain. Biasanya, cewek nih yang paling sering ngerasa bersalah. Dari sekian banyak hal, ada 7 hal yang sering bikin cewek ngerasa bersalah. Cek nih list-nya.

1. Perasaan yang tidak bisa dipaksakan

Kita nggak bisa memaksakan perasaan kita kepada orang lain. Kalau memang tidak suka bilang tidak suka, jangan dipaksa. Kita bukan hanya punya hak untuk mencintai dan dicintai, tetapi kita juga berhak untuk menolak.

2. Bentuk tubuh yang selalu dikomentari

Cewek selalu ribet soal bentuk tubuh. Gemuk selalu menjadi masalah rumit bagi cewek. Kalau udah bentuk tubuh dipermasalahkan. Cara berpenampilan pun sering ikut disalahkan. Sebenarnya, kamu nggak perlu ngerasa bersalah tentang tubuhmu. Setiap orang punya kekurangan kok. Yang penting percaya diri aja.

3. Telah menyatakan kebenaran

Kebenaran nggak perlu ditutup-tutupi. Kalau pun mau ditutupi pada akhirnya juga akan terbongkar juga. Setelah kamu mengungkap kebenaran kamu jangan merasa bersalah ya. Itu bakal mendatangkan kebaikan untuk ke depannya.

4. Merencanakan kegiatan sendiri

Setiap orang berhak untuk merencanakan kegiatannya sendiri. Sekali-kali kamu perlu meluangkan waktu untuk me-refresh otak setelah mengalami rutinitas yang panjang. Jangan khawatir itu sudah jadi hakmu. Jadi, jangan merasa bersalah.

5. Berani mengatakan “tidak”

Nggak mungkin kita bisa menuruti perkataan dan permintaan semua orang. Kita hanya perlu berkata “tidak” untuk menolak perkataan dan permintaan orang lain. Dengan berkata “tidak” bukan berarti kita jadi orang jahat. Kita hanya perlu mengetahui batasan kemampuan kita.

6. Kesalahan yang dilakukan orang lain

Sering terjadi nih, orang lain yang berbuat salah, tapi kita yang repot-repot minta maaf. Nggak perlu seperti itu. Kalau memang orang lain yang salah, janganlah kita mau menanggungnya. Biarkan mereka yang bertanggung jawab. Ya, selain biar kita nggak terbebani, orang yang salah juga bisa belajar menjadi dewasa.

7. Mendahulukan yang kamu yakini

Melakukan hal yang bersifat pribadi sering dinilai sebagai tindakan egois. Padahal, dengan begitu, kita jadi tahu prioritas dalam hidup. Kita kan jadi tahu mana yang perlu didahulukan dan mana yang bisa dilakukan belakangan.

Tuh girls kamu nggak perlu ngerasa bersalah dengan 7 hal tersebut. Jangan buang waktumu  buat merasa bersalah. Kamu pantas bahagia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES