Girls, Bicara Depan Umum Nggak Harus Bikin Grogi. Ikuti 9 Cara Mudah Ini!

15 Mei 2018
|Idham Nur Indrajaya
0SHARES

Berbicara di depan orang banyak tidak mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang, bahkan di depan orang-orang yang dikenal sekalipun. Masalahnya, kemampuan berbicara di depan orang banyak seringkali dibutuhkan pengaplikasiannya dalam dunia kerja. Oleh karena itulah sekolah-sekolah membiasakan para peserta didiknya untuk bisa berbicara di depan orang banyak atau yang lebih sering dikenal dengan istilah public speaking.

Orang-orang banyak yang mengatakan tidak bisa melakukan public speaking dengan alasan yang beragam, namun semuanya sebenarnya merujuk kepada satu hal, yakni faktor kebiasaan dan keberanian. Jika sudah berani mencoba dan membiasakan diri, sebenarnya siapapun pasti bisa melakukan public speaking. Yang paling penting adalah penguasaan teknik dan latihan. Nah, kalau kamu ingin tahu teknik-teknik apa saja yang bisa kamu aplikasikan untuk bisa melakukan public speaking, kamu kepoin aja paparan di bawah ini!

1. Mengatasi perasaan takut salah

Takut akan salah berbicara biasanya menjadi alasan mengapa orang merasa gugup saat sedang berbicara di depan orang banyak. Untuk mengatasi rasa takut itu, kamu harus terus mempelajari terus materi yang akan kamu sampaikan secara berulang-ulang sampai akhirnya kamu terbiasa dengan materi itu. Dijamin, jika materi yang akan kita sampaikan sudah sangat melekat di kepala, rasa takut pun akan berkurang dengan drastis.

2. Jangan lupa bernapas!

Saat sedang tegang, biasanya orang akan mengambil napas yang pendek-pendek. Untuk mengurangi ketegangan itu, kamu bisa membuat tubuh kamu lebih rileks dengan mengambil napas yang teratur di saat atau sebelum berbicara di depan orang banyak. Jika di tengah proses kamu tiba-tiba merasa tegang. Berhentilah selama satu atau dua detik untuk mengambil napas dan membuangnya secara perlahan.

3. Peregangan

Saat pikiran kita sedang diburu oleh rasa gugup, biasanya otak kita akan mengirim sinyal kepada otot-otot yang membuat tubuh kita menjadi tegang. Untuk mengurangi ketegangan sebelum melakukan public speaking, regangkan otot-otot tubuh kamu sampai terasa rileks sambil mengolah napas secara teratur.

4. Senam mulut

Biasanya, otot mulut yang kaku karena rasa tegang bisa membuat kita salah mengucapkan informasi yang hendak disampaikan atau berbicara kita jadi terlalu cepat. Cobalah untuk melatih mulut kita agar lebih rileks dengan cara mengucapkan “a i u e o” secara berulang sebelum memulai public speaking

 

5. Cobalah untuk terus tersenyum

Selain membuat kamu lebih enak dipandang oleh hadirin, senyum pun bisa membantu kamu melepaskan ketegangan saat sedang berbicara. Jadi, cobalah untuk memasang senyum yang lepas dan lupakan rasa takutmu. Tapi, jangan senyum saat sedang membicarakan hal yang bernada sedih ya karena bisa meninggalkan kesan sarkas.

 

6. Merasa akrab dengan ruang

Untuk mengurangi rasa takut, cobalah untuk merasa lebih “akrab” dengan ruangan yang akan menjadi tempat kamu melakukan public speaking. Misalnya, jika kamu akan memberikan pidato di sebuah aula, datanglah sehari sebelum agenda dilaksanakan dan cobalah berdiri di tempat yang akan menjadi posisi kamu saat berbicara. Perhatikan setiap sudut kamu dengan seksama untuk membangun chemistry dengan ruangan di sekeliling, Kamu juga bisa mencoba melakukan simulasi di sana.

7. Latihan di depan cermin

Ada orang-orang yang merasa takut berbicara di depan umum karena khawatir akan seperti apa mereka terlihat di depan orang banyak. Untuk mengatasi ketidakpercayaandiri semacam ini, cobalah untuk latihan di depan cermin. Selain kamu bisa mencari cara untuk terlihat seperti apa yang kamu inginkan, kamu juga bisa menemukan kenyataan bahwa penampilanmu saat berbicara sebenarnya tidak seburuk apa yang kamu pikirkan.

8. Jangan pandang langsung mata orang yang menonton kamu

Salah satu faktor yang membuat kita sering merasa tegang saat berbicara di depan khalayak adalah kontak mata. Makanya, ada banyak orang yang sering menunduk saat sedang melakukan public speaking, dan tindakan itu pun sebenarnya malah memperburuk cara bicara kamu. Anggap saja orang-orang di depan kamu itu sebenarnya tidak ada atau hanya sebuah patung yang mirip manusia. Jika kamu memang harus melihat ke arah seseorang, fokuskan mata kamu ke titik lain, misalnya dahi.

 

9. Memakan atau meminum sesuatu yang mengandung gula

Gula dapat membantu mengurangi rasa gugup dan meningkatkan rasa percaya diri. Makanlah permen atau coklat sebelum kamu maju untuk presentasi atau pidato untuk meningkatkan mood dan rasa percaya diri sehingga kamu bisa tampil prima.

Nah, itulah beberapa tips buat temen-temen yang suka merasa grogi saat sedang berbicara di depan orang banyak. Meskipun kamu jarang melakukan public speaking, siapa tahu kemampuan kamu untuk berbicara di depan khalayak banyak dibutuhkan suatu saat nanti? Jadi, selalu siapkan dirimu dan berlatih ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES