Genre Musik Ternyata Bisa Menunjukkan Kepribadian. Mana yang Jadi Favoritmu?

06 Januari 2018
|Mega Fitriyani
1.4 KSHARES

Apakan selera genre musik kesukaan berhubungan dengan kepribadian? Tentu saja. Hal ini bukan hanya mitos. Penelitian pernah dilakukan oleh Proferssor Adrian North dari Heriot-Watt University. Sang profesor meneliti hubungan selera genre musik dengan kepribadian.

Dalam penelitiannya, ia menggunakan 36.000 partisipan dari seluruh dunia dengan 104 jenis musik. Caranya, ia meminta partisipan untuk menunjukkan preferensinya pada musik-musik tertentu, dan dia juga merekam kepribadian-kepribadian partisipan-partisipan itu. Kesukaan musik itu pun dihubungkan dengan kepribadian-kepribadian yang ada. Di bawah ini adalah temuannya.

1. Blues

Mereka yang menyukai musik blues adalah orang yang punya percaya diri tinggi, banyak ide, berjiwa sosial, ramah, dan tenang.

2. Rock/heavy metal

Tipe penggemar rock atau heavy metal cenderung punya rasa percaya diri rendah, bersikap eksentrik, hidup pada masa kini, kurang mudah beradaptasi, punya perasaan yang lembut, dan suka bercanda.

3. Pop

Umumnya orang yang suka musik pop adalah mereka yang populer, punya rasa percaya diri tinggi, suka gaya hidup modern, kekinian, pengejar cita-cita, mudah beradaptasi, lembut, namun suka terburu-buru. 

4. Soul

Para penggemar musik soul punya sifat mudah tersinggung, punya banyak ide brilian, berfokus pada diri sendiri, cinta kedamaian, ragu-ragu, dan cenderung introvert.

5. Rap

Music rap umumnya disukai oleh orang yang suka tergesa-gesa, pengkritik, setia kawan, dan mengikuti tren tapi juga tetap punya ciri khas yang sulit ditiru. 

6. Opera

Musik opera disukai orang yang berani tampil beda, unik, lembut, tidak peduli pada omongan orang, namun sangat sensitif perasaannya. 

7. Reggae

Mereka penggemar musik reggae adalah orang berfokus pada diri sendiri, berani beda, bukan pekerja keras, outgoing, gentle dan menyukai kedamaian. 

8. Dance

Sifat orang yang menyukai musik dance yaitu enerjik, aktif, suka berteman, outgoing, dan tegas. 

9. Indie

Orang yang suka musik indie punya rasa percaya diri yang cenderung rendah, kreatif, bukan pekerja keras, tidak gentle.

10. Country dan western

Tipe penyuka musik country adalah orang yang ambisius dan mudah beradaptasi. Bagi mereka, tantangan ada untuk ditaklukkan bukan untuk menyerah kepadanya.

11. Jazz

Penggemar musik jazz punya sifat nyaman dengan diri sendiri, berpikiran terbuka, kreatif, mudah beradaptasi, dan mengharapkan harmoni dalam kehidupan.  

12. Classic

Orang yang menyukai musik klasik punya daya tarik kuat dari dalam dirinya, setia, tidak mudah ingkar janji, dan menyukai hal-hal yang orisinil saja. 

13. Bollywood

Penggemar music bollywood adalah mereka yang punya gairah besar dalam hidup, menikmati suasana, romantis, dan mudah tersentuh hatinya.

Apakah musik kesukaannmu? Apakah kepribadianmu memang demikian? 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
1.4 KSHARES