Generasi Millennials Juga Bisa Punya Rumah, Asal Trik Menabung Ini Segera Dipraktikkan!

unsplash.com

Generasi millenial atau yang juga disebut sebagai generasi Y adalah yang lahir pada 80-an sampai 2000-an. Mereka juga dikenal dengan karakteristik yang individualis, mengabaikan masalah politik dan fokus pada hal materialistis.

Mereka juga kerap diasosiasikan sebagai generasi yang konsumtif, tanggap terhadap perubahan dan melek teknologi. Perilaku konsumtif ini juga karena pengaruh promo dan influencer yang menawarkan produk yang terkesan terjangkau. Mereka jugalah generasi yang diperkirakan sulit membeli rumah di masa depan.

Memiliki sebuah rumah tidak jarang dijadikan tolak ukur keberhasilan seseorang. Memiliki sebuah hunian memang lebih terlihat dibanding kepemilikan apartemen sehingga tampak di publik sebagai suatu bentuk keberhasilan. Rumah juga dijadikan aset investasi yang nilainya selalu naik setiap tahun. Sayangnya karena harga yang semakin naik, banyak generasi milennial yang akhirnya pesimis untuk mendapatkan rumah.

Namun dengan tips ini, kamu bakal tahu soal tips mengenai cara menabung untuk membeli rumah bagi kalian generasi Y.

1. Rumus 30%

unsplash.com

Bagaimana cara menabung dengan baik? Bisa jadi kalian telah menabung, tapi belum juga cukup. Padahal menabungnya sejak mahasiswa baru sampai menjadi staff kantoran. Tetapi jumlahnya masih belum juga cukup untuk mengumpulkan uang muka. Coba evaluasi berapa persen yang perlu disisihkan tiap bulannya.  

Pertama, tetapkan target rumah yang akan dibeli, kemudian hitung perkiraan inflasinya. Setelah itu mulai menabung setiap bulannya minimal 30% dari jumlah penghasilan. Penghasilan yang didapat harus dibagi antara kebutuhan pribadi, dan menabung rumah.

Dengan menargetkan anggaran dan nabung secara rutin, kemungkinan memiliki rumah bisa lebih cepat. Kalau tidak ada target, meskipun telah menabung bertahun-tahun, hal tersebut tetap sulit untuk diwujudkan. 

Catat dan ingat-ingat tips ini! Tetapkan jumlah tabungan dan utamakan untuk menyimpan uang setiap kali menerima gaji. Dalam beberapa tahun, uang yang terkumpul dapat dijadikan sebagai uang muka membeli rumah.

2. Side job

unsplash.com

Punya pekerjaan tambahan juga diperlukan untuk mempercepat memiliki rumah. Tabungan lebih cepat terkumpul dari hasil kerja sampingan.

Tabungan untuk membeli rumah akan sulit bagi kita yang berpenghasilan pas-pasan. Apalagi hanya mengandalkan gaji yang jumlahnya hanya cukup sebagai pemenuhan kebutuhan pokok. Pekerjaan sampingan bisa dikerjakan Sabtu Minggu tanpa mengganggu pekerjaan utama di kantor.

Kalian bisa mengerjakan pekerjaan sampingan ini setelah pulang kantor. Kalian bisa mencari pekerjaan freelance pada kolom searchbox pada laman pencari kerja. Pasti akan banyak pilihan pekerjaan yang dapat dipertimbangkan. Kalian bisa pilih berbagai pekerjaan yang sesuai dengan keahlian masing-masing.

3. Belajar investasi

unsplash.com

Belajar investasi nggak ada ruginya. Daripada uang mengendap di tabungan, kenapa tidak coba menginvestasikan uang yang kalian miliki? Dengan investasi, membuat uang yang kita miliki jadi berlipat ganda.

Belajar investasi bisa dimulai dengan cara menanam modal di dalam usaha yang dikelola teman atau keluarga. Selain lumayan aman, tentu saja akan mendapatkan sejumlah keuntungan untuk kalian beberapa tahun ke depan. Kalian juga bisa berinvestasi emas, deposito atau reksadana untuk pilihan yang aman.

4. Hemat dulu, rumah kemudian
unsplash.com

Kalau masih ngekos atau ngontrak, carilah tempat yang bisa menghemat pengeluaran bulanan. Apalagi kalau kantor jauh dari rumah, maka akan ada sejumlah biaya bulanan yang harus dikeluarkan untuk bayaran kost.

Untuk mengakalinya, kalian bisa mengurangi jumlah biaya kost dengan mencari tempat yang murah. Kalau masih bisa pulang pergi dari kantor, kenapa harus ngekos? Tidak ada salahnya  kalau mau menumpang tinggal dengan saudara yang jarak rumahnya dekat dengan kantor kalau memang itu dibutuhkan.

5. Kredit KPR
unsplash.com

Jika keempat cara di atas telah dilakukan, dana sudah cukup untuk membeli sebuah rumah. Langkah selanjutnya adalah pengajuan KPR. Segeralah untuk melakukan pengajuan dalam waktu dekat. Apalagi sekarang kita dimudahkan dengan cicilan KPR online. Kamu tidak perlu repot untuk mendatangi beberapa bank atau membuka website resmi mereka satu per satu untuk mendapatkan sejumlah informasi mengenai layanan KPR.

6. Pelajari cicilannya

unsplash.com

Jangan lupa, nilai cicilan KPR juga perlu diperhatikan agar bayaran perbulanannya tidak mencekik. Hal ini jadi penting karena KPR itu mengkredit  dana ada waktu pembayarannya. Bisa sampai 30 tahun kalau tidak hati-hati.

7. Uang muka pinjaman

unsplash.com

Kalau belum sampai target tapi kalian sudah ingin banget punya rumah, kalian bisa cari pinjaman saja. Kebanyakan orang yang ingin punya rumah punya kesulitan dalam uang muka yang jumlah besar untuk membeli rumah yang diinginkan.

Solusinya, kalian bisa  mengutarakan niat dan meminjam sejumlah uang kepada keluarga atau saudara. Sangat disayangkan kalau harus ditunda untuk punya rumah sekarang karena harga jualnya yang semakin tinggi.

Itu tadi tips menabung untuk membeli rumah bagi generasi milenial. Sebagai generasi muda, kalian juga tetap harus memikirkan masa depan dong. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa segera dipraktikkan.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Pamer Foto Perut Sixpack, Cinta Laura Dipuji Seksi oleh Netizen | Keepo.me

Manfaat Hubungan Jarak Jauh dalam Kehidupan, Pejuang LDR Harus Baca!

Manfaat Hubungan Jarak Jauh dalam Kehidupan, Pejuang LDR Harus Baca!

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

Nasa : Asteroid Sebesar "Dua Kali Monas" Akan Menghantam Bumi Pada 13 April 2029! | Keepo.me

8 Trik Fotografi Sederhana untuk Hasil Bak Milik Fotografer Profesional

8 Trik Fotografi Sederhana untuk Hasil Bak Milik Fotografer Profesional

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Deretan Sejarah dan Mitos tentang Lawang Sewu, Bangunan Terangker Kedua se-Asia! | Keepo.me

Wajib Peka dengan Tanda Ini Jika Ingin Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Wajib Peka dengan Tanda Ini Jika Ingin Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

loading