Gemash! Ini 5 Tradisi Pernikahan Yang Bikin Cewek Pengen Langsung Naik Pelaminan

www.bridestory.com

Di Indonesia, tradisi pernikahan sering dianggap sakral dan intim. Sebagian besar pasangan di Indonesia pun rela mengeluarkan kocek yang besar agar tradisi tersebut bisa dijalankan dengan sedemikian rupa. Nggak jarang, tradisi-tradisi tersebut dipilih bukan karena kesakralannya, tapi karena prosesinya yang unik dan ngegemesin. Hal ini emang nggak bisa lepas dari keinginan para cewek yang punya ide pernikahan impiannya tersendiri dalam kehidupannya. Penasaran? Langsung aja yuk simak!

1. Tradisi edan-edanan dalam pernikahan adat Jawa

www.instagram.com

Edan-edanan atau kalau diartikan dalam bahasa Indonesia berarti gila-gilaan. Tapi bukan berarti tradisi ini akan diisi dengan penampilan orang gila lho, girls! Tradisi edan-edanan merupakan salah satu tradisi yang sangat terkenal di Jawa, menampilkan sepasang penari yang akan menampilkan sebuah tarian unik disebut edan-edanan. Gemesnya, pasangan penari ini akan dirias sedemikian rupa hingga kalau diperhatikan mirip dengan badut.

Bukan sekedar tarian biasa, edan-edanan mempunyai makna menghilangkan rintangan buruk yang akan menghadang pasangan pengantin agar mereka selalu diberikan karunia anak yang baik dan berbakti. Kalau kamu pengen merasakan tradisi edan-edanan maka kamu bisa mencari pasangan yang berasal dari Jawa.

2. Ondel-ondel dan adu pantun dalam tradisi pernikahan Betawi

doripos.com

Nggak bisa dipungkiri, ondel-ondel jadi salah satu tradisi unik dalam adat pernikahan Betawi. Boneka berkepala besar dengan baju besar kedodoran ini akan diarak selama prosesi pernikahan berlangsung. Belum lagi, adanya tradisi adu pantun dari perwakilan mempelai wanita dan mempelai lelaki sebagai pembuka acara pernikahan bikin suasana dalam tradisi pernikahan Betawi makin ceria dan bikin gemas. Tradisi adu pantun ini disebut juga sebagai tradisi palang pintu. Jadi, kalau kamu pengen banget lihat adu pantun dalam acara pernikahanmu, buruan cari dan nikahin orang Betawi deh.

Pak tatang makan sate taichan, kalau udah sayang yok naik pelaminan!

3. Indahnya tradisi pedang pora dalam tradisi pernikahan ala militer

thebridedept.com

Pedang pora atau ada juga yang menyebut sangkur pora adalah salah satu tradisi spesial yang hanya dilakukan dalam pernikahan militer. Pedang pora merupakan wujud penghormatan untuk mempelai pria yang akan melepas masa lajangnya. Tradisi pedang pora begitu terkenal, hingga menjadi salah satu tradisi impian yang diinginkan oleh banyak wanita. Tapi, kalau kamu ingin merasakan suasana tradisi pedang pora, maka kamu harus mencari pasangan yang berprofesi sebagai militer ya, girls!

4. Mahkota siger khas dari pernikahan adat Sunda
www.bridestory.com

Mahkota siger merupakan salah satu aksesoris adat pernikahan dalam tradisi Sunda. Mahkota ini begitu cantik dan menggemaskan ketika dipakai oleh mempelai wanita, sampai kadang kamu juga ingin mencoba untuk memakainya walaupun tau status masih jomlo. Mahkota siger menjadi salah satu mahkota yang sangat unik dalam tradisi pernikahan. Mahkota ini melambangkan kebijksanaan. Kehormatan dan martabat si pengantin.

5. Gemesnya lukisan tangan saat Malam Bainai dalam tradisi Minang
www.bridestory.com

Malam bainai adalah malam terakhir bagi calon pengantin wanita untuk bisa menikmati kebebasannya sebagai wanita lajang. Para calon pengantin wanita, biasanya akan menghabiskan waktu singkat tersebut untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat-sahabat terdekatnya. Tradisi malam bainai ini nggak cuma diisi dengan mengobrol dan berkumpul saja, tetapi pengantin wanita juga akan melukis kukunya dengan tumbukan daun inai. Penggunaan daun inai inilah yang membuat malam ini disebut sebagai malam bainai.

Namun, bukan sekedar lukisan biasa, setiap warna dan lukisan yang tergambar di tangan calon pengantin wanita akan punya doa dan makna tersendiri. Seperti memberikan lukisan dan mewarnai jari manis yang memiliki makna akan adanya kesetiaan dan saling cinta pada pasangan pengantin.

Tradisi di Indonesia memang sangat beragam dan unik. Beberapanya adalah tradisi-tradisi di atas yang terkenal di masyarakat. Kalau kamu pengen banget ngerasain gimana gemasnya tradisi tersebut, kamu bisa mencoba mencari pasangan sesuai dengan tradisinya dari sekarang nih. Biar waktu nikah, kamu pun bisa gemas kayak di atas!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Ibu Ini 'Membuat' Tanda Lahir di Wajahnya untuk Mendukung Kondisi Sang Anak. Bikin Haru!

Ibu Ini 'Membuat' Tanda Lahir di Wajahnya untuk Mendukung Kondisi Sang Anak. Bikin Haru!

Ini Anggapan Salah Kaprah Tentang Puber Kedua. Jangan Jadikan Pembenaran Untuk Selingkuh!

Ini Anggapan Salah Kaprah Tentang Puber Kedua. Jangan Jadikan Pembenaran Untuk Selingkuh!

Ini Bukti Kalau Nunggu ‘Momen yang Tepat’ Untuk Nembak Itu Berpotensi Membuat Kita Ditikung!

Ini Bukti Kalau Nunggu ‘Momen yang Tepat’ Untuk Nembak Itu Berpotensi Membuat Kita Ditikung!

Bikin Tikus Di Rumah Langsung Klepek-Klepek, 6 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Mereka!

Bikin Tikus Di Rumah Langsung Klepek-Klepek, 6 Bahan Alami Ini Ampuh Usir Mereka!

Berangkat Kuliah Rapi Tapi Pas Pulang Kusam? Nggak Masalah, Itu Tandanya Kamu Pekerja Keras!

Berangkat Kuliah Rapi Tapi Pas Pulang Kusam? Nggak Masalah, Itu Tandanya Kamu Pekerja Keras!

Punya Kebiasaan Overthinking Emang Sering Bikin Pelik, Tapi Ternyata Ada Faedahnya Juga Kok!

Punya Kebiasaan Overthinking Emang Sering Bikin Pelik, Tapi Ternyata Ada Faedahnya Juga Kok!

loading