Gaya Hidup Zero-Waste Lauren Singer Hanya Hasilkan Satu Toples Sampah Dalam Empat Tahun

20 Maret 2017
|Ekky Riza
Life
0SHARES

Lauren Singer, seorang wanita muda asal Amerika Serikat, berhasil menerapkan gaya hidup zero-waste di setiap aktivitasnya. Selma lebih dari empat tahun, wanita kelahiran 4 Mei 1991 ini berusaha untuk menghaslkan sampah seminimal mungkin. Hingga kini, sampah yang ia hasilkan pun dapat disimpan dalam sebuah toples kaca kecil. Nah, bagaimana gaya hidup zero-waste ala Lauren Singer? Yuk, kita intip!

1. Menggunaan Peralatan yang Ramah Lingkungan

Bagi Lauren, peralatan yang ramah lingkungan adalah peralatan yang reusable yang dapat digunakan berkali-kali, non-toxic atau sedikit mengandung bahan kimia, dan non-plastic . Sejak memulai gaya hidup zero-wastenya, Lauren menggunakan peralatan hidup yang ramah lingkungan, misalnya sikat gigi yang terbuat dari bambu, sedotan yang terbuat dari stainless steel. Lauren sangat menghindari plastik, bahkan dia pun membawa bekal makan siangnya dalam mason jar, semacam toples yang mirip wadah selai.

2. Membeli Baju Bekas

Lauren tetap tampil cantik dan modis, meskipun sejak menerapkan gaya hidup zero-waste dia hanya membeli baju bekas. Tujuannya? Apa lagi kalau bukan untuk mengurangi sampah dari proses produksi baju-baju baru.

3. Membawa Tas Kain untuk Mengganti Kantong Plastik selama Berbelanja

Yang ini sudah umum banget dan pasti dilakukan oleh orang-orang yang menerapkan gaya hidup zero-waste. Menariknya, Lauren bahkan menyiapkan kantong-kantong kain kecil yang juga reusable untuk tempat beras, kacang, dan roti yang ia beli. Selain itu, ia juga selalu membawa sendiri tempat telur saat ia membelinya. Dengan begitu, Lauren benar-benar terbebas dari kemasan plastik!

4. Mencuci Baju Sendiri

Untuk menghindari limbah yang dihasilkan dari laundry komersil, Lauren mencuci sendiri bajunya. Selain itu, dia juga menghindari dry cleaning service karena menggunakan bahan pembersih yang dapat merusak lingkungan.

5. Membeli Sabun Batang, Shampo, Pasta Gigi, dan Kondisioer Curah

Lauren tidak memperhatikan merek peralatan mandi yang ia gunakan. Yang ia pedulikan hanyalah seberapa banyak sampah yang ia hasilkan! Saat membeli shampo, pasta gigi dan kondisioner curah, Lauren membawa botol kaca yang juga reusable untuk wadah. Jadi, sekali lagi Lauren dapat terbebas dari kemasan plastik. Kabarnya, Lauren juga sering membuat shampo dan pasta gigi sendiri.

6. Mengganti Produk Pembersih dengan Cuka Putih

Alih-alih menggunakan produk pembersih, Lauren justru menggunakan cuka untuk membersihkan kaca, meja, merendam baju kotor, dan mengepel lantainya. Tentu saja dengan kadar yang sesuai ya!

7. Membuat Kopi Sendiri

Meskipun masih muda dan tinggal di New York, Lauren tidak suka membeli kopi di Starbucks. Dia lebih suka meracik kopinya sendiri, karena dengan begitu dia dapat menghindari gelas kertas sekali pakai.

Dengan tujuh cara itulah, Lauren Singer dapat menerapkan gaya hidup zero-waste nya. Masih muda, cantik, dan tinggal di kota besar ternyata tidak menghalanginya untuk menerapkan gaya hidup zero-waste! Bahkan, sekarang Lauren sedang berusaha menularkan gaya hidup zero-waste nya kepada semua orang di dunia melalu akun instagram dan sebuah blog bertajuk "Trash is For Tossers".


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ekky Riza
"live your life"
0SHARES