Ganti Sepatumu dengan Sustainable Sneakers yang Ramah Lingkungan

insider.com

Sudah ada banyaknya kritik tajam untuk industri fast fashion yang dianggap membahayakan lingkungan serta kondisi Bumi yang makin memburuk. Ternyata, hal ini mendorong lahirnya sustainable fashion.

Untuk yang belum paham, secara sederhana sustainable fashion adalah konsep yang lebih mengedepankan kesehatan pengguna, pekerja, dan ramah lingkungan. Bahan yang digunakan adalah bahan hasil daur ulang maupun yang bisa didaur ulang.

Selama ini, produk yang memakai konsep ini adalah pakaian. Pada 2020 ini, sudah ada beberapa brand yang mengeluarkan sepatu. Karena belakangan sneakers tetap menjadi hot items yang banyak digemari orang, beberapa brand ini akhirnya memutuskan untuk membuat sustainable sneakers

1. Allbirds

scmp.com

Brand yang didirikan oleh Tim Brown dan Joey Zwillinger ini pertama kali didirikan pada 2015. Mereka merilis sepatu ikonic yang terbuat dari merino wool yang sangat nyaman digunakan. 

Beberapa orang menganggap desain yang ditawarkan oleh Allbirds kurang menarik. Akan tetapi, mereka menutupi kekurangan tersebut dengan menawarkan alas kaki yang nyaman dan praktis.

Meskipun tidak semua bahan yang digunakan masuk kategori ramah lingkungan, perusahaan ini terdaftar sebagai B Corp. Artinya, mereka memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. 

Allbirds juga bekerjasama dengan organisasi nonprofit Soles4Souls dalam penggunaan packaging yang ramah lingkungan. Mereka juga mendonasikan sepatu untuk orang-orang yang membutuhkan. 

2. Rothys

insider.com

Ini adalah startup yang lahir di San Francisco pada 2016. Brand ini juga menawarkan alas kaki dengan berbagai warna dan motif yang disebut sebagai sepatu ramah lingkungan. 

Berawal dari ballet flats, kini Rothys meluncurkan sepatu bermodel slip on. Sepatu yang diproduksi terbuat dari bahan yang aman bagi lingkungan. Bahkan, perusahaan ini mengklaim sudah menggunakan ulang lebih dari 40 juta botol plastik yang terbuang. 

Proses produksinya harus zero waste. Tidak heran jika mereka melakukan kontrol dengan sangat ketat di pabriknya yang berada di Guangzhou, Tiongkok.

3. Thousand Fell

forbes.com

Mungkin kamu belum pernah mendengar brand ini karena termasuk pemain baru di industri fashion. Karena masuk dalam deretan sustainable sneakers, tentu saja bahan yang digunakan untuk membuat sepatu adalah bahan daur ulang. 

Menariknya lagi, sepatu dari merek ini didesain oleh veteran dari perusahaan sepatu besar di dunia. Sebut saja Cole Haan dan Nike. Perusahaan ini membuat berbagai inovasi menarik.

Untuk menggantikan bahan kulit, menggunakan botol bekas. Selain itu, daun palem, lidah buaya, minyak biji jarak, tebu, sabut kelapa, dan lain sebagainya juga dimanfaatkan untuk produk keluarannya ini.

4. Veja
www.thelifestyle.com

Dibandingkan dengan brand sneakers sebelumnya, Veja tergolong lebih tua. Merek ini mulai muncul pada 2004 silam. Produk yang sampai sekarang masih terus dicari orang dan banyak menghiasi Instagram adalah sneakers warna putih dengan logo V. 

Sebagai brand yang melabeli diri sebagai produsen sustainable sneakers, Veja sangat mengutamakan keterbukaan terhadap pelanggan, penjualan yang adil, serta terus berkontribusi baik terhadap masyarakat dan lingkungan.

Dibuat di Brazil, sepatu yang dihasilkan banyak menggunakan bahan alami. Antara lain katun organik, kulit ikan yang terbuat dari tilapia, dan karet liar. Untuk menambah daya tarik dan kesan mewah, belakangan brand ini merilis produk edisi terbatas hasil kolaborasi dengan Rick Owens. 

5. Yatay
standard.co.uk

Italia juga memiliki brand yang masuk dalam kategori sustainable fashion. Namanya adalah Yatay. Brand ini mungkin punya kelas yang lebih mewah dibandingkan dengan yang lainnya. Sneakers yang diproduksi hanya dijual di desaigner boutiaques di antaranya L'Eclairuer dan Merci di Paris. Agak susah nih untuk mendapatkannya. 

Koleksi unisex-nya dibuat dari bio-based leather, busa bekas, karet yang didaur ulang, dan disusun dengan lem berbasis air. Untuk menunjukkan komitmen dalam menjaga lingkungan, Yatay juga menanam satu pohon untuk satu pasang sepatu yang laku terjual.  

Apakah kamu tertarik buat move on dari sneakers lama yang mungkin kurang ramah lingkungan ke sneakers yang lebih eco-friendly? Bisa dipertimbangkan dulu sembari menabung biar bisa beli sepatu baru. 

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Tak Boleh Asal, Ikuti Cara Kalibrasi Baterai Laptop Ini Agar Tak Salah Langkah | Keepo.me

Agar Tetap Awet, Rawat Jeans Putihmu dengan Panduan Ini

Agar Tetap Awet, Rawat Jeans Putihmu dengan Panduan Ini

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

11 Pilihan Makanan Kaleng Murah yang Tetap Kaya Akan Nutrisi | Keepo.me

Tanda Ini Menunjukkann Jika Kamu Jatuh Cinta pada Sahabat

Tanda Ini Menunjukkann Jika Kamu Jatuh Cinta pada Sahabat

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

Cara Isi ShopeePay yang Mudah, Biar Dapat Banyak Cashback! | Keepo.me

ENTJ: Alasan Kenapa Kamu Masih Single sampai Sekarang

ENTJ: Alasan Kenapa Kamu Masih Single sampai Sekarang

loading