Gangguan Tidur yang Sering Terjadi. Mana yang Pernah Kamu Alami?

30 November 2017
|Mega Fitriyani

Tidur adalah obat yang sangat manjur untuk tubuh yang lelah tidak berdaya. Melalui tidur, tubuh mendapatkan energinya kembali. Meski demikian, ada saja hal-hal yang mengganggu nyenyaknya tidur. Tak nyenyak tidur, badan pun tak segar dan pikiran uring-uringan.

Jika hal itu pernah terjadi padamu, jangan buru-buru meratapi nasib. Bisa jadi, ada orang yang gangguan tidurnya lebih parah daripada gangguan tidurmu. Yuk, simak gangguan tidur yang paling sering menyerang manusia saat ini.

1. Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang membuat seseorang tidak bisa tidur. Insomnia umumnya dialami oleh seseorang yang sedang stres, banyak pikiran, gelisah, dan mungkin konsumsi obat tertentu. Siang ataupun malam, mereka tak bisa tidur. Pada beberapa kasus, mereka bahkan hanya bisa tidur jika mengkonsumsi obat tidur, yang tentu saja berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus.

2. Narkolepsi

Kamu sering mengantuk pada siang hari dan tidak bisa tidur pada malam hari? Hati-hati, barangkali kamu terkena narkolepsi. Narkolepsi dicirikan dengan sulitnya orang tertidur pada malam hari tapi terus mengantuk saat siang hari, dan penderitanya bisa tiba-tiba saja tidur tanpa mengenal waktu dan tempat.

Penderita narkolepsi mengalami gangguan tidur karena ada kelainan ritme sirkadian sehingga ia tidak bisa tidur pada malam hari. Efek buruk dari narkolepsi ini adalah sulit konsentrasi pada pekerjaan, merasa letih, tidak berdaya, dan menyebabkan badan lemah.

3. Hipersomnia

Doyan tidur? Jangan-jangan kamu hipersomnia. Hipersomnia terjadi ketika tidur lebih banyak daripada kebutuhan badan untuk istirahat. Penyebabnya seperti kegemukan, minuman keras, obat psikotropika, kelainan di otak, ada juga karena faktor keturunan. Efek buruk hipersomnia adalah seseorang akan merasa tidak berenergi dalam aktivitas hariannya.

4. Mimpi buruk

Mimpi buruk pada saat tidur adalah hal yang tidak disukai siapa pun. Diganggu mimpi buruk, kualitas tidur menjadi turun dan seseorang pun akan merasa tertekan secara psikis. Penderitanya biasanya akan mengalami keringat dingin, cemas, emosi negatif, dan gelisah. Untuk menghindarinya, cobalah untuk tidur dengan tenang dan jangan memikirkan hal-hal yang negatif.

5. Tidur berjalan

Tidur tapi bisa berjalan? Orang yang melihatnya mungkin akan merasa ngeri. Tapi, di dunia, ada banyak orang yang punya kelainan ini. Penderitanya bisa berada di dalam kondisi berbahaya karena mereka bisa bergerak tanpa sadar. Penyebanya, aktu tidur yang tidak teratur, stres, atau obat psikotropika. 

6. Tindihan

Tindihan sering dikaitkan dengan fenomena tidur yang diganggu makhluk halus. Dalam keadaan tindihan, tubuh rasanya ditindih oleh sesuatu yang berat sehingga sesak nafas, gelisah, panik, dan takut. Kondisi tindihan ini sebenarnya merupakan kondisi tidak sinkron antara aktivitas otak dan kondisi otot. Normalnya, saat seseorang terbangun, tubuhnya langsung bisa digerakkan. Pada orang yang tindihan, otot tubuh masih memasuki fase lumpuh dan istirahat, namun aktivitas otak masih aktif. Maka, orang tersebut pun tidak bisa menggerakkan tubuhnya walaupun dia ingin.

7. Gigi memeretak

Gigi gemeretak saat tidur ditandai gerakan gigi yang seperti sedang mengunyah. Akan ada bunyi gemeretak yang cukup terdengar meskipun seseorang yang mengalami tidak akan sadar. Kondisi ini disebabkan karena adanya rasa tertekan secara psikologis. 

Mengalami gangguan tidur memang akan membuat badan menjadi lemah dan tidak bertenaga. Ada baiknya jika kamu mengalami gangguan tidur yang cukup parah segera melakukan pengobatan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
SHARES