Galak atau Tegas? Inilah Perbedaan antara Orang yang Agresif dengan Orang yang Asertif

14 Juni 2017
|Olphi Disya
Life
0SHARES

Kayaknya nggak ada satu pun orang di dunia ini yang betah hidup dengan orang yang galak ya? Atau mungkin orang yang galak di sekitarmu adalah orang yang cukup penting di hidupmu yang mau nggak mau harus kamu hadapi setiap hari, misalnya orang tua, pacar, teman, atau atasan di kantor. Tapi, apakah mereka memang benar-benar galak? Atau justru yang mereka tunjukkan itu adalah bentuk sikap orang yang tegas? Yuk, simak gimana cara membedakannya.

Orang yang asertif memiliki sikap yang bertujuan untuk menghormati semua pihak dan nggak pandang bulu. Cara bicaranya pun nggak terkesan seperti mem-bully dan nggak terlihat egois. Kenapa? Karena sesungguhnya orang yang asertif hanya menyatakan kebutuhannya terhadap orang lain agar orang lain dapat mengerti. Artinya, orang yang tegas akan melihat semua orang dengan kedudukan yang sama, sedangkan orang yang agresif memandang orang lain dengan maksud merendahkan orang tersebut. Contohnya ketika bernegosiasi, orang yang tegas akan berpikir gimana caranya agar semua pihak mendapatkan haknya secara adil. Sementara orang yang galak akan berusaha untuk menyiasati negosiasi tersebut guna kepentingannya sendiri dan dengan cara menindas orang lain.

Sebenarnya, terkadang orang salah mengartikan sebuah ketegasan dan merasa sakit hati dengan sikap asertif tersebut. Akan tetapi, salah satu pembeda antara orang yang asertif dengan orang yang agresif alias galak adalah maksud dari sikap tersebut. Kalau orang yang tegas, sikapnya nggak bertujuan untuk menyakiti orang lain, termasuk dirinya. Yaa meskipun ada pihak yang mungkin secara nggak sengaja tersakiti sih. Di sisi lain, orang yang galak justru menampilkan sikap atas dasar keinginan untuk menyakiti orang lain, baik dari perkataan maupun perbuatan. Misalnya nih, ibu kamu melarang pergi liburan dengan alasan yang cukup masuk akal dan bermaksud untuk melindungi kamu. Bisa jadi itu adalah bentuk ketegasan ibumu. Sementara kalau sikap yang galak adalah melarangmu dengan mengatakan hal-hal yang menyakiti hatimu dan nggak berusaha untuk mencoba memahami maksud perilakumu.

Tahukah kamu kalau ternyata orang yang asertif itu adalah orang yang teguh pada pendirian dan berani untuk mengemukakan pendapatnya secara to the point meskipun ia tahu akan ada yang nggak setuju dengannya. Tapi, itu bukan keras kepala, ya. Sekali lagi, sikapnya ini nggak bertujuan untuk menyakiti orang lain dan diiringi dengan sikap menghormati orang lain. Sementara orang yang agresif cenderung bertele-tele dan memberikan alasan yang nggak make sense. Hal ini dilakukannya hanya untuk memenangkan dirinya atau menjatuhkan orang lain.

Intinya, asertif berasal dari kasih sayang dan penghormatan terhadap orang lain (termasuk dirinya sendiri), sementara agresif datang dari rasa takut sehingga berusaha untuk menaikkan dirinya atau menjatuhkan derajat orang lain. Jadi, kamu udah bisa bedain dong mana sih orang yang tegas dan mana orang yang galak?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES