Gak Cuma di Film-film, Kisah Bajak Laut Ternyata Memang Ada Beneran Lho!

01 Januari 2017
|Atik Kencana S.
Life
0SHARES

Masih ingat dengan kapten Jack Sparrow yang ada di film Pirates of the Carribean? Kalau kamu udah pernah nonton filmnya kamu pasti tau deh. Kalau mungkin sebelumnya kamu gak tau kisah-kisah bajak laut itu memang ada di dunia ini, YuKepo mau kasih kamu rangkuman tentang beberapa kisah bajak laut yang terhebat sepanjang masa. Kalau zaman sekarang sih mungkin udah gak ada kali ya kayak dulu, ada sih cuma bukan dalam skala dan awak yang banyak kayak di film-film gitu kan? Sebelum kepanjangan dan tulisannya jadi gak fokus lagi, yuk kenalan sama teman-temannya Jack Sparrow. Yang asli tapi loh ini.

1. Sir Francis Drake

Drake merupakan bajak laut dari Inggris yang secara rahasia ditugaskan oleh Ratu Elizabeth I untuk menyerang kapal-kapal Spanyol yang menjadi musuh mereka di perairan Karibia. Tidak hanya itu, Drake juga memusnahkan pemukiman dan pelabuhan-pelabuhan Spanyol. Hal itu menjadikannya kriminal paling dicari dengan tingkat buronan kelas kakap. Drake mengeilingi dunia antara tahun 1577 hingga 1580.

2. Henry Avery

Sebelum menjadi bajak laut, Henry Avery bertugas di Royal Navy on Ruppert HMS selama sekitar empat bulan. Ia bergabung dengan kapten HMS Albermale, Francis Wheeler pada tahun 1698. Kemudian di tahun 1693 ia bergabung menjadi anggota awak Charles II. Di tahun 1694 ia berhasil mengambil alih kapal dan segera memperoleh kekayaan serta kesuksesan sebagai bajak laut. Selama karirnya, Henry digambarkan sebagai penjahat terkenal semacam Robin Hood sehingga menginspirasi orang lain termasuk William Kidd untuk menjadi bajak laut.

3. Benjamin Hornigold

Hornigold adalah bajak laut dari Inggris yang mengawali karir membajaknya dari tahun 1715 sampai 1718. Ia terkenal sebagai kapten yang memimpin teror di perairan Karibia dengan New Providence sebagai bentengnya. Hornigold menyita sebuah kapal yang berisi budak di lepas pantai St. Vincent di Hindia Barat. Tak lama setelah itu Hornigold memutuskan untuk pensiun.

4. Edward Tech

Edward Tech atau yang lebih dikenal sebagai Blackbeard adalah salah satu bajak laut ternama dari Inggris. Julukan Blackbeard diberikan karena ia terkenal dengan janggutnya yang hitam, lebat dan panjang. Teach mengawali karirnya sebagai awak kapal bajak laut Benjamin Hornigold pada tahun 1716. Ia dianggap berprestasi setelah menyerang kapal-kapal di New Providence Karibia, hingga akhirnya ia diberikan sebuah kapal. Kapal kebanggaannya bernama Queen Anne's Revenge (Pembalasan Ratu Anne).

5. William Kidd

Awalnya Kidd adalah seorang privateer yang dipekerjakan oleh pemerintah Inggris dan dibekali dengan kapal yang bernama Adventure Galley. Kemudian ia akhirnya menjadi bajak laut. Kidd pernah merampas sebuah kapal berisi penuh harta karun yang bernama Quedagh Merchant. Pada Januari 1698 Kidd menyerang sebuah kapal milik British EIC (East India Company) yang mengangkut emas, perak, sutera dan barang-barang berharga lainnya. Setelah menyerang kapal tersebut, entah bagaimana mulai tersebar cerita tentang di mana Kidd menyembunyikan harta rampasannya itu.

6. Bartholomew Roberts

Bartholomew Roberts atau yang lebih dikenal dengan Black Bart lahir degan nama John Roberts pada tanggal 17 Mei 1682. Roberts adalah seorang bajak laut dari Welsh yang menyerang kapal-kapal dari Amerika dan Afrika Barat antara tahun 1719 hingga 1722. Ia disebut-sebut sebagai bajak laut paling sukses di era keemasan bajak laut (Golden Age of Piracy). Black Bart menangkap kapal lebih banyak daripada beberapa bajak laut terbaik di masanya. Ia menangkap kapal lebih banyak daripada yang ditangkap Blackbeard dan William Kidd. Diperkirakan lebih dari 470 kapal yang ia tangkap.

7. Olivier Levasseur

Olivier Levasseur atau dikenal juga dengan nama La Buse atau The Buzzard pada awalnya adalah seorang perwira angkatan laut setelah menerima pendidikan militer. Setelah perang Spanyol berakhir antara tahun 1701 hingga 1714 ia diperintahkan untuk pulang ke rumahnya dengan kapalnya. Tetapi ia malah bergabung dengan Benjamin Hornigold. Pada tahun 1720 salah satu matanya menjadi benar-benar buta sehingga ia harus menggunakan penutup mata, di mana di masa mendatang timbul dugaan bahwa bajak laut diidentikkan dengan alat penutup mata tersebut. Puncak kejayaannya adalah ketika ia merampas kapal milik Portugis yang bernama Galeon Nostra Senhora do Cabo yang memuat barang-barang berharga.

Jadi percaya kan kalau bajak laut itu memang ada di dunia nyata? Mungkin mereka-mereka inilah yang menjadi inspirasi terciptanya film atau kartun bajak laut yang sering banget kamu tontonin. Malah kadang suka berantem dulu sama nyokap karena rebutan TV.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES