Gaji Cuma Numpang Lewat? Berikut 7 Cara Mudah Agar Kamu Bisa Berhemat

14 Maret 2018
|Robertus Ari
2SHARES

Siapa sih yang nggak senang ketika gajian? Namun sayang, kesenangan ini tak bertahan lama karena gaji hanya numpang lewat saja. Mungkin banyak juga dari kamu yang mengalami kasus serupa. Hal ini wajar juga, sebab kebutuhan dan tagihan yang mendesak bisa membuat anggaran kamu cepat bablas. Namun meski demikian, bukan berarti kamu nggak bisa mengantisipasi dengan berhemat, lho. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk, simak tips dari Yukepo berikut:

1. Buatlah anggaran untuk keuangan kamu

Sebagai karyawan, membuat anggaran adalah hal wajib yang harus kamu lakukan. Tentu saja tujuannya untuk mengontrol semua pengeluaran. Dengan begini, diharapkan semua uang yang kamu pakai semua jelas untuk apa - mulai dari jatah harian, membayar utang, tagihan, dan lain sebagainya. Kalau gaji terkontrol, pasti kondisi keuangan kamu bakal lebih sehat.

2. Dahulukan uang kamu untuk membayar tagihan bulanan

Bisa dibilang ini sebagai prioritas yang harus kamu penuhi setiap bulannya. Jadi jangan sampai ini bermasalah kalau nggak ingin hidup jadi serba susah, entah itu untuk membayar listrik, telepon, air, dan sejenisnya. Sehingga jika hal ini selalu aman tanpa ada keterlambatan, anggaran kamu nggak akan membengkak, semua terkontrol dengan baik.

3. Mulailah berpikir untuk investasi dan asuransi

Jangan nanti-nanti, menunda justru kamu malah rugi. Jadi lebih awal kamu perlu berpikir untuk investasi dan asuransi. Jika memang keuangan memang belum besar, bukan berarti kamu tidak bisa menyisihkan uang sedikit demi sedikit. Mulailah menganggarkan uang kamu untuk kenutuhan satu ini. Sehingga nantinya setelah menumpuk bisa kamu gunakan di masa depan. Terpenting adalah kamu bisa start lebih awal!

4. Utamakan kebutuhan, bukan keinginan

Mungkin ini paling susah dan sering terbalik. Kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Karena jika kamu menurutin keinginan saja, ini nggak akan ada habisnya dan uang kamu bakalan berantakan. Tapi berbeda dengan kebutuhan, kamu akan bisa lebih hemat dalam pengeluaran dan semua uang kepakai secara efetif tanpa ada pemborosan.

5. Lebih awal menabung lebih baik

Seperti yang sudah disinggung sedikit di poin ketiga. Jangan suka menunda-nunda untuk menabung. Karena kebanyakan orang menabung hanya saat ada target tertentu saja, setelah ini tidak melakukan lagi. Padahal, menabung harus kamu jadikan kebiasaan dan terus menerus kamu lakukan. Menabung bukan masalah jumlah atau besaran uangnya, kok. Terpenting, kamu konsisten saja tanpa bolong-bolong.

6. Kalau kamu memakai kartu kredit, bijaklah memakainya

Punya kartu kredit? Duh, kamu perlu hati-hati menggunakan ini. Kalau nggak bijak, bisa-bisa uangmu habis kena ‘bajak’. Sebab, sebenarnya kartu kredit terkadang suka tricky dan tahu-tahu tagihan kamu bertambah entah dari mana. Namun selama kamu bijak menggunakannya, dan nggak ketergantungan sama ini, kartu kredit cukup membantu kok, apalagi saat keadaan darurat.

7. Meski sudah punya pekerjaan, nggak ada salahnya untuk tetap mencari penghasilan tambahan

Zaman sekarang, hidup mengandalkan dari gaji saja terkadang nggak cukup. Sebab, kebutuhan bisa makin banyak dan apa-apa makin mahal. Sedihnya lagi ini nggak diimbangi dengan standar upah/gaji yang nggak ikutan naik. Untuk itu, tak ada salahnya kamu mencari penghasilan tambahan. Banyak kok yang bisa kamu pilih, seperti ojek online, freelance menulis, fotografi, dan banyak lainnya. Rajin-rajin aja searching di internet, pasti bakal banyak banget lowongan part-time.

Nah itulah tadi beberapa cara untuk mengatur keuangan kamu agar gaji nggak cuma numpang lewat saja. Semoga dengan cara ini, kondisi keuangan kamu makin stabil dan sehat, ya. Dan juga, semua pengeluaran bisa terkontrol dengan jelas. Selamat mencoba!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
2SHARES