Gagal Tes Masuk Kuliah Bukan Akhir Segalanya. Ini Solusi Biar Hati Tenang

06 Juli 2018
|Mega Fitriyani
0SHARES
Kamu yang mendaftar kuliah, pasti momen pengumuman akan menjadi hal yang mendebarkan. PTN favorit incaran ada di depan mata. Namun, apa daya, ternyata kamu belum lolos tahun ini. Sedih? Takut mengecewakan orangtua? Barangkali hal-hal itu yang sedang kamu rasakan kini. Air matamu pun barangkali sempat menetes karena hal ini.
Tapi, ternyata hal itu bukan satu-satunya jalan untuk meraih kesuksesan, lho. Percaya deh, masih ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan meskipun nggak mendapatkan kampus PTN idamanmu.

1. Coba jalur mandiri PTN idaman

PTN biasanya membuka jalur mandiri seusai SBMPTN. Kamu bisa cek halaman website masing-masing kampus untuk informasi lengkapnya. Memang, jalur mandiri terkenal cukup mahal karena uang pangkal yang disetorkan biasanya nggak sedikit. Tapi, biaya yang dikeluarkan setelahnya akan sama dengan teman-temanmu yang masuk lewat jalur SBMPTN. 

2. Mencoba kampus swasta

Jangan pandang sebelah mata kampus swasta, guys. Di Indonesia, kita punya 4.579 Perguruan Tinggi, yang banyak di antaranya adalah swasta berkualitas. Jika kamu takut biaya perkuliahanmu membengkak jika kuliah di swasta, kamu bisa mencoba daftar beasiswa atau kuliah sambil kerja. Tak putus berdoa. 

3. Jangan lupa, masih ada sekolah vokasi

Sekolah vokasi dari PTN juga bisa kamu coba. Persaingan di dalam memperebutkan kursi di sekolah vokasi relatif lebih mudah daripada kursi sarjana. Namun, nggak berarti lulusan sekolah vokasi lebih buruk daripada lulusan sarjana dari kampus yang sama. Sekolah vokasi saat ini terus berbenah dan banyak yang sudah menjalin kerjasama dengan industri dalam hal penyaluran lulusan sekolah vokasi. Kamu bisa googling untuk mengetahui lebih lanjut.

4. Coba Politeknik

Salah satu kelebihan Politeknik adalah mempersiapkan lulusannya untuk siap berkontribusi di dalam dunia kerja. Nah, buat kamu yang belum lolos SBMPTN dan ingin segera kerja setelah kuliah, barangkali, Politeknik adalah yang kamu cari-cari selama ini. 
5. Kenapa tidak coba bekerja?
Bekerja akan memberikan pengalaman baru buat kamu yang baru lulus SMA/SMK. Percaya deh, pengalaman kerja sangat dibutuhkan jika kamu sudah lulus kuliah nanti. Jadi, sambil menunggu kuliah, kenapa nggak mencoba untuk kerja dulu? Nggak perlu gengsi, bekerja membuatmu bisa mendapatkan pengalaman sekaligus penghasilan. Uang jajan udah nggak perlu minta orangtua, deh.
6. Ikut magang/freelace
Kamu bisa ikut program magang di perusahaan atau mendaftar freelance di industri. Ada banyak perusahaan yang mencari orang yang baru lulus sekolah, lho. Kamu yang muda dan penuh semangat punya banyak kegiatan positif yang menanti dirimu.

7. Coba kursus

Kursus juga penting untuk menambah skillmu. Kursus bahasa, keterampilan tertentu, akan berguna saat kamu terjun ke dunia kerja nantinya. 

8. Coba lagi tahun depan

Jika kamu masih penasaran, ingin masuk PTN favorit lewat SBMPTN, kamu bisa mencobanya lagi tahun depan. Kesempatan mencobanya bukan hanya sekali, tapi tiga kali. Jadi, kamu bisa terus mengembangkan diri selama masa tunggu tersebut. 

Nah, ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan bukan, meskipun belum lolos SBMPTN? Saatnya bangkit dan bergerak. Masa depan cerah menunggu orang-orang yang terus berusaha dan berdoa.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Mega Fitriyani
"Why worry?"
0SHARES