Gagal PNS? Kecewa Boleh, Tapi Jangan Berlebihan. Yuk, Belajar dari Mereka!

www.toople.com
Menjadi PNS adalah keinginan bagi warga Indonesia yang sedang ingin mulai berkarier, terutama bagi mereka yang berusia 18-35 tahun. Ratusan ribu, bahkan jutaan orang berbondong-bondong untuk memperebutkan kursi yang jumlahnya hanya ratusan. Orang yang sudah berkali-kali gagal pun tak pantang menyerah untuk mencoba lagi di tahun berikutnya. Namun, ternyata tak semua orang bermental baja. Banyak yang merasa begitu kecewa, depresi, tertekan, gila, bahkan ada yang memutuskan untuk mengakhiri hidup karena kegagalan ini. Wah, miris, ya!

1. Dimas Kirana Mulya, guru hononer yang bunuh diri

jogja.tribunnews.com
Lelaki berusia 31 tahun, Dimas Kirana Mulya, memilih untuk bunuh diri pada Jumat (13/10/2017). Dimas mati mengenaskan. Ia terjun dari atas gedung apartemen Parkland Avenue, Tangerang Selatan hingga kedua tangan, leher, dan tubuh masuk ke dalam lobang pot pohon buatan.
Saat ditemukan, korban sudah tak bernyawa. Bunuh diri Dimas diduga karena tidak lolos tes CPNS yang diadakan 2017 lalu setelah ia tujuh kali juga gagal tes CPNS. Pria yang pernah berprofesi sebagai guru honorer dengan gaji 1 juta rupiah per bulan ini mengatakan sudah tidak kuat menjalani hidupnya lagi.

2. Vino Lengkong, gantung diri di pohon pala

pixabay.com
Vino Lengkong adalah warga Desa Koha Jaga, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Menurut pengakuan orang tuanya, Vino diduga bunuh diri karena sudah 5 kali tes CPNS dan selalu gagal. Kegagalan kelimanya membuat Vino benar-benar terpukul, beberapa hari sebelum bunuh diri, Vino terlihat murung dan mengatakan tak ingin hidup lagi. Orang tuanya pun menasihati agar dirinya kuat dan berusaha mencari pekerjaan lain karena PNS bukan satu-satunya profesi yang bisa ia geluti. \
Tapi apa daya, Vino terlanjur kecewa. Pada 24 Januari  2011, pagi hari, korban memutuskan untuk gantung diri menggunakan tali plastik yang diikatkan di dahan pohon pala yang ada di perkebunan tanah merah (disebut rangdang). Tubuhnya ditemukan warga pada sore harinya, pukul 15.30 WITA, ketika sekelompok anjing melolong melihat mayatnya tergantung di atas tanah.

3. Gagal tes CPNS, Siti Nurliya menjadi gila lalu dipasung

www.validnews.id
Siti Nurliyana (48) bersama adiknya Janter Purba (37) dikurung oleh orangtuanya karena mengalami gangguan jiwa dan dianggap membahayakan masyarakat. Siti mulai mengidap gangguan jiwa ketika usia 19 tahun ia gagal menjalani tes CPNS. Ia sempat dirawat di rumah sakit namun biaya yang mahal membuat orangtuanya memutuskan untuk merawat Siti di rumah. Tak disangka, wanita ini justru sering mengamuk bahkan melukai warga lain sehingga orangtuanya memasung Siti. Sementara, adiknya, Janten Purba, mengalami gangguan jiwa dengan alasan yang kurang jelas.
4. Ridwan, gantung diri di rumahnya sendiri
hellosehat.com
Ridwan (32) bunuh diri di rumahnya sendiri, di Kelurahan Buni Harapan, Kec. Bacukiki, Pare-pare, Sulawesi Selatan. Ia diduga depresi karena tak kunjung mendapatkan SK PNS meski sudah dinyatakan lulus oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) kategori pegawai honorer K2. Ia mengaku tertekan karena rekan-rekannya yang juga lolos CPNS kategori honorer K2 sudah mendapatkan SK PNS dari walikota. 
5. Amin Setiawan, bunuh diri karena terlilit hutang untuk meloloskan CPNS
pixabay.com
Amin Setiawan (27) adalah warga Purwosari, Kec. Metro Utara, Lampung yang membunuh diri dengan cara menggantung diri di pohon rambutan belakang rumahnya pada Maret 2014. Amin diduga meminjam uang dalam jumlah besar untuk membantunya lolos CPNS. Namun, dirinya tak berhasil lolos. Tertekan dan tak sanggup membayar hutang, ia memutuskan untuk mengakiri hidupnya. 
 

Itu beberapa contoh korban yang mengakhiri hidupnya karena gagal menjadi PNS. Tak dipungkiri, PNS memang menjadi cita-cita sebagian besar orang karena berbagai hal, mulai dari jaminan kesejahteraan, hingga status sosial yang lebih tinggi di masyarakat. Meksi begitu, bukan berarti tidak ada profesi lain yang lebih baik. Gagal CPNS bukan berarti kita kehilangan harapan untuk mendapatkan yang lebih baik, bukan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Hati-hati! Sederet Masalah Kesehatan Ini Mengintai Perempuan di Usia 30an - Keepodotme

Kisah Pilu TKW yang Dihukum Mati di Arab Saudi, hingga Diperkosa 9 Orang!

Kisah Pilu TKW yang Dihukum Mati di Arab Saudi, hingga Diperkosa 9 Orang!

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Luar Biasa! Cuma Seniman Berbakat yang Bisa Ngegambar dengan Hasil Keren Begini! - Keepodotme

Belajar dari Kisah Awkarin, Ketika Sosial Media Sudah Jadi Toxic Buat Kamu

Belajar dari Kisah Awkarin, Ketika Sosial Media Sudah Jadi Toxic Buat Kamu

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Style Meggemaskan dari Lesty Kejora buat Referensi OOTD - Keepodotme

Memelihara Ikan di Akuarium Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho. Bisa Meredakan Stres!

Memelihara Ikan di Akuarium Ternyata Banyak Manfaatnya, Lho. Bisa Meredakan Stres!

loading