Gagah dan Pintar, Ini 7 Jenis Anjing Pelacak Teman Setia Polisi Menumpas Kejahatan

02 Maret 2018
|Chandra W.
164SHARES

Anjing telah menjadi teman setia manusia selama berabad-abad. Dari menjadi pengasuh anak sampai penjaga rumah, anjing bisa melakukannya. Tak hanya itu, di kepolisian juga anjing sangat berguna untuk membantu aparat mengungkap kasus kriminal dari pembunuhan, pengeboman sampai kasus narkoba. Pasti kamu sering melihat anjing-anjing pendamping setia polisi di film action kan? Tahu nggak jenisnya apa saja? YuKepo sudah merangkumnya untuk kamu nih.

1. Staffordshire Terrier, mukanya lembut tapi aslinya protektif dan agresif

Jangan terkecoh dengan matanya yang menatap sejuk dan bulunya yang seperti anjing piaraan biasa. Untuk melatih Staffordshire Terrier, dibutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran tingkat tinggi.

2. German Sheperd, dikenal sejak Perang Dunia II sebagai kawan polisi

Sesuai namanya, anjing ini berasal dari Jerman. Karakteristiknya yang berani dan tangguh serta mudah dilatih karena penurut. Kepopulerannya sebagai partner in crime kepolisian sudah mendunia ya. Kamu juga sering melihatnya di film kan? Meskipun demikian, anjing ini juga sering dijadikan peliharaan saja untuk menjaga rumah.

3. Loyal, kuat dan berani: Bullmastiff

Jika ada orang asing yang masuk wilayah penjagaannya, anjing jenis ini akan langsung menghadang menggunakan tubuhnya. Hebat kan? Selain itu karakternya juga membuat Bullmastiff cocok banget menemani polisi menjalankan tugas. Berani, loyal, fisiknya juga kuat serta naluri protektif. Buat jagain rumah juga dijamin aman nih.

4. Rottweiler, kecil-kecil cabe rawit

Meskipun badannya kecil, gigitan anjing ini dapat melumpuhkan musuh dalam waktu cepat. Karakternya protektif, agresif, staminanya kuat dan dikenal ganas. Cocok nih buat mengejar pelaku kejahatan yang mencoba kabur dari polisi.

5. Tubuh tinggi dan sangar, Great Dane sangat cocok mendampingi polisi

Anjing jenis ini dapat berlari dengan cepat. Selain itu, Great Dane juga pintar, loyal dan aktif. Meski begitu, anjing ini sangat cepat marah, tapi lucunya, juga mudah akrab dengan kecil. Sungguh anjing yang paradoks.

6. Meski terlihat jinak dan lembut, Labrador Retriever ternyata pendeteksi yang baik

Pendengaran dan penciuman yang tajam dari Labrador Retriever membantu polisi mendeteksi bom, narkoba, maupun barang selundupan lainnya. Padahal mukanya jinak gemas gitu ya. Nggak heran, banyak orang yang memeliharanya di rumah.

7. Belgian Malinois: detektor kebakaran sampai korban perdagangan manusia

Tubuh ramping dengan muka panjang dan agak garang, anjing jenis ini sering digunakan polisi untuk tugas di lapangan. Mirip dengan Labrador Retriever, ia juga digunakan sebagai detektor kebakaran, narkoba hingga membaui dan melacak jejak orang yang menjadi korban perdagangan manusia.

Keren-keren ya? Selain membantu tugas polisi, beberapa jenis anjing juga ada yang diberangkatkan ke medan perang bersama tentara. Nggak jarang ada juga anjing yang mengalami trauma setelah pulang dari medan perang. Makanya kita nggak boleh berbuat jahat sama anjing. Baik itu piaraan, anjing polisi, maupun anjing liar. Kenapa? Karena semua makhluk diciptakan nggak ada yang sia-sia, pasti ada fungsinya. Kalau kamu percaya manusia adalah makhluk paling mulia, kenapa nggak memuliakan makhluk lainnya, termasuk anjing? Sayangi anjing yuk mulai sekarang!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
164SHARES