Foto Hewan-hewan Nahas Ini yang Jadi Korban Pembuang Sampah Sembarangan di Laut

26 Februari 2017
|Ekky Riza
0SHARES

Sepanjang hidupnya, manusia akan selalu menghasilkan sampah, baik itu sampah organik seperti sisa makanan dan kulit buah, maupun sampah anorganik sebagai contoh plastik, dan barang elektronik. Bisa bayangin gak guys, seberapa banyak sampah yang dihasilkan oleh manusia dari seluruh dunia? pasti tumpukan sampah itu akan lebih tinggi daripada puncak everest ya.

Untungnya, banyak negara yang sudah menerapkan sistem pengolahan dan daur ulang sampah yang cukup baik, sehingga dapat mengurangi jumlah sampah secara drastis. Sayangnnya, masih banyak manusia yang dengan tega membuang sampah sembarangan di sungai atau di laut. Sampah yang dibuang sembarangan itu akan terbawa jalan air hingga sampai di lautan. Sampah-sampah yang terkumpul di lautan ini dinamakan Marine Debris.

Marine debris ternyata membawa dampak yang sangat buruk, terutama bagi hewan-hewan laut. Yukepo mengumpulkan foto-foto hewan-hewan berikut ini yang terkena dampak negatif langsung dari sampah-sampah di laut.

1. Ikan Laut

Ternyata ikan ini memakan potongan plastik yang terlihat seperti makanan untuk mereka. Sehingga ketika perut mereka dibuka isinya adalah benda-benda padat yang tidak bisa mereka cerna sehingga mengganggu sistem metabolisme mereka dan tentunya menjadi salah satu penyebab kematian ikan tersebut.

2. Burung Albatros

Percayalah guys, burung albatros ini tidak tahu apa yang telah dia telan. Burung albatros berburu dengan menyelam di permukaan laut, dan menangkap ikan menggunakan paruhnya tanpa memperhatikan apa saja yang ikut tertangkap di paruhnya itu. Ternyata berbagai macam sampah plastik ikut tertangkap dan turut tertelan ke dalam sistem pencernaannya.

3. Anjing Laut

Mungkin di sedang menangis menahan sakitnya luka di lehernya akibat terjerat sampah di lautan. Anjing laut yang seharusnya sangat imut dan menggemaskan ini jadi terlihat sangat menyedihkan, ya, guys?

4. Ikan Pari

Ikan pari ini tidak bisa bergerak dan berenang bebeas, karena tubuhnya terperangkap kawat di bebatuan. Hal ini juga menyebabkan tubuh pari tersebut tumbuh tidak sebagaimana dengan yang seharusnya atau menimbulkan kecacatan pada tubuh pari tersebut.

5. Ikan Paus

Seekor paus pembunuh, Orcinus Orca, terdampar mati di pantai. Setelah diselidiki, ternyata perutnya penuh dengan sampah plastik. Wow, bahkan jenis paus pembunuh pun bisa mati karena sampah, ya, guys!

6. Penyu dan Kura-Kura

Ternyata sampah plastik ini lebih kuat daripada cangkang si penyu, ya! Membuat tubuh penyu tersebut tidak bisa berkembang sebagaimana seharusnya. For your information, jenis hewan ini termasuk hewan yang paling banyak jadi korban sampah di lautan.

7. Lumba-Lumba

Bayi lumba-lumba ini tidak menyadari apa yang sedang terjadi pada dirinya. Hewan yang terkenal sering membantu manusia ini terus berenang bebas dengan ceria, padahal seutas tali sedang menjerat lehernya.

8. Ular Laut

Ular ini mungkin melihat kaleng minuman itu seperti semacam liang yang bisa dia gunakan untuk beristirahat. Kasihan, ya, guys! 

9. Kepiting

Kepiting ini mendapat cangkang baru! Sayangnya, cangkang barunya itu ternyata kaleng bekas. Poor him!

Kasihan, ya, hewan-hewan yang jadi korban sampah di lautan itu? Makanya, guys, mulai sekarang kita jangan buang sampah sembarangan. Dan bagikan keteman-teman kalian tentang foto hewan-hewan nahas akibat yang terjadi apabila buang sampah sembarangan. Lebih bagus lagi kalau kita mulai menerapkan gaya hidup zero waste, dengan mendukung program mendaur sampah yang sering digalakan pemerintah.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ekky Riza
"live your life"
0SHARES