Foto-foto Epik yang Beredar di Internet Ini Ternyata Hanyalah Rekayasa Belaka!

15 Juli 2017
|Idham Nur Indrajaya

Teknologi penyuntingan gambar memang dapat memberi banyak manfaat dalam berbagai bidang yang melibatkan media visual. Namun terkadang, teknologi ini pun dapat memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk merekayasa suatu informasi yang tertera pada media visual. Dengan begini, dapat dikatakan juga bahwa teknologi ini bisa membantu penyebaran informasi HOAX yang beredar di internet. Di bawah ini, kamu bisa lihat beberapa contoh foto-foto yang menarik banyak perhatian orang, namun ternyata foto-foto itu hanyalah sebuah rekayasa belaka. Langsung aja yuk, kita kepoin!

1. Foto kuda dengan tulisan “horse” di badannya.

Foto yang memperlihatkan kuda dengan tulisan “horse” ini sempat menjadi perbincangan di internet. Tentunya memang akan menakjubkan jika seekor kuda memiliki tanda lahir yang bertulisan “kuda”. Akan tetapi, ternyata foto di atas itu merupakan foto yang diikutsertakan dalam kontes yang mempertandingkan kemampuan pemberian efek pada foto.

2. Marilyn Monroe dan Elizabeth Taylor

Foto yang sempat viral di Twitter pada bulan April tahun 2017 ini sebenarnya diambil oleh dua fotografer berbeda di waktu yang berbeda pula. Pengambilan gambar Marilyn Monroe dilakukan oleh Ed Clark di tahun 1950, sedangkan gambar Elizabeth Taylor diambil oleh Mark Kaufman pada tahun 1948.

3. Kolam peri

Foto yang berjudul “The Fairy Pools, Isle of Skye, Scotland” ini sempat nge-hits pada tahun 2013. Foto ini pun memicu turis untuk berdatangan ke lokasi pada gambar di atas dan merasa tertipu ketika melihat keadaan yang sebenarnya.

4. Laba-laba raksasa

Seorang pria bernama Paul Santa Maria mengambil foto laba-laba serigala yang berada di depan rumahnya dan dengan efek Photoshop, dia menghebohkan orang-orang dengan foto seekor laba-laba raksasa yang tengah merayap di dinding rumahnya.

5. Rumah Kastil di Dublin, Irlandia.

Dengan teknik penyuntingan yang apik, foto ini berhasil menipu banyak orang dengan judul “The Castle House Island of Dublin”. Ternyata, foto ini merupakan gabungan dari foto sebuah pulau di Thailand dan kastil Lichtenstein di Jerman.

6. Cumi-cumi raksasa yang terdampar

Foto cumi-cumi raksasa yang terdampar dan ditontoni oleh banyak orang ini sebenarnya adalah gambar seekor ikan paus yang terdampar dan disunting secara lihai.

7. Semangka bulan

Foto semangka berwarna biru ini sempat viral di Jepang dan diberi nama “Moonmelon”. Buah semangka ini kabarnya akan berganti-ganti rasa setiap dimasukkan ke mulut. Sayangnya, ternyata foto ini adalah rekayasa.

8. Pilot selfie

Pilot pada gambar di atas sangat ingin fotonya mendapat banyak likes. Untuk itu, dia menggabungkan foto saat pesawat sedang di darat dan saat sedang di udara untuk memperlihatkan foto selfie yang ekstrem.

9. Singa hitam

Foto singa langka berwarna hitam ini sempat viral di Facebook. Sayangnya, ternyata foto itu merupakan rekayasa.

 

10. Buku terbalik yang dipegang oleh George Bush

Entah maksudnya apa, yang jelas memang ada orang iseng yang ingin memperlihatkan foto dari mantan presiden Amerika Serikat ini yang memegang buku secara terbalik. Mungkin maksudnya hanya untuk candaan belaka.

 

11. Hiu yang menyerang helikopter

Foto epik ini menampilkan hiu yang tengah melompat untuk menyerang prajurit Angkatan Laut Inggris yang sedang naik ke helikopter. Foto ini pun sempat menjadi viral di internet. Ternyata, foto ini merupakan gabungan dari dua foto yang berbeda.

Itulah beberapa foto yang sempat viral di internet dan ternyata dibuat dengan rekayasa Photoshop. Artinya, kita memang harus waspada dalam mencerna informasi di internet agar pengetahuan yang kita terima itu tidak palsu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
SHARES