Fakta-fakta yang Perlu Kamu Tahu Tentang Jack Ma, Founder Alibaba Sebelum Sukses

06 Oktober 2017
|Chandra W.
Life
0SHARES

Siapa yang tidak kenal dengan pendiri Alibaba, situs e-commerce yang menghubungkan pembeli dan penjual dari dalam dan luar negeri, Jack Ma? Kisah kesuksesannya tersebar luas di dunia maya, konferensi-konferensi, hingga seminar perguruan tinggi. Karena itu, kisah suksesnya sudah biasa terdengar. Lalu bagaimana dengan kisah Jack Ma sebelum sukses mendirikan Alibaba? Simak ya, sobat Kepo.

1. Nama aslinya adalah Ma Yun.

Dikenal dengan nama Jack Ma, tak banyak yang tahu nama asli lelaki ini. Ia dilahirkan 15 Oktober 1964 dengan nama Ma Yun di tenggara China saat negara itu sedang terisolasi dari dunia, terutama negara-negara Barat akibat paham komunis yang dianut di sana. Ma Yun memiliki satu kakak laki-laki dan satu adik perempuan. Keluarganya juga bukan keluarga kaya pada saat itu. Ia akrab disapa dengan panggilan 'Ma'.

2. Ma tumbuh sebagai anak lelaki yang bertubuh kurus kering, tapi sering berkelahi dengan anak yang lebih besar.

Ma tidak pernah takut meskipun berhadapan dengan anak yang lebih besar. Hal itu diungkapkannya dalam buku berjudul Alibaba yang ditulis oleh Liu Shiying dan Martha Avery. Kurus-kurus cabe rawit ya, Ma.

3. Ma bisa menebak ukuran dan jenis jangkrik hanya dengan mendengar suaranya.

Biarpun sering berkelahi, Ma tetap seperti anak-anak pada umumnya di kala itu yang senang mengoleksi jangkrik dan mengadunya. Bedanya, Ma bisa membedakan jenis dan ukuran jangkrik hanya dari suaranya. Hebat banget ya ala-ala paranormal.

4. Nama 'Jack' adalah pemberian dari turis yang berwisata ke China dan jadi temannya.

Kampung halaman Ma, Hangzhou menjadi ramai setelah Presiden Nixon mengunjungi daerah itu pada tahun 1972. Ma lalu mulai belajar menjadi pemandu wisata dengan bayaran bukan uang melainkan pelajaran bahasa Inggris dari turis yang ditemaninya. Salah satu turis ini kemudian memberikan nama 'Jack' sehingga namanya kemudian berubah menjadi Jack Ma.

5. Lulus SMA, ia mendaftar kuliah dan ditolak dua kali sebelum akhirnya diterima di Hangzhou Teacher Institute.

Jack Ma sadar tanpa uang dan koneksi, satu-satunya jalan untuk bisa sukses adalah melalui pendidikan. Makanya ia nggak menyerah meskipun ditolak dua kali. Lulus kuliah, Jack Ma melamar pekerjaan di mana saja.

6. Ia ditolak lebih dari 12 kali dalam melamar pekerjaan sebelum akhirnya diterima menjadi guru bahasa Inggris.

Ia mengajar di salah satu perguruan tinggi lokal dan mencintai pekerjaannya meski hanya berpenghasilan $12 per bulannya.

7. Ternyata Jack Ma juga ditolak Harvard University sepuluh kali!

Hebat banget ya ada orang yang mau mencoba sampai sepuluh kali untuk masuk ke universitas. Pantang menyerah kayanya memang udah mengakar dalam diri Jack Ma.

Bab selanjutnya dalam hidup Jack Ma adalah perjuangannya membangun perusahaan yang menjadi cikal bakal Alibaba yang lalu membuatnya jadi salah satu orang terkaya di dunia. Sebelum sukses, Jack Ma ternyata pernah menjadi anak biasa, guys. Bedanya, dia pantang menyerah makanya bisa sukses. Kalau kamu gimana, anak biasa yang dikit-dikit mengeluh? Hahaha. Yuk ah mencontoh Jack Ma.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES