Enak dan Tinggi Serat, 4 Jenis Makanan Ini Ampuh Turunkan Berat Badan Kamu

unsplash.com

Banyak macam diet yang bisa kamu lakukan untuk membantu menurunkan berat badan kamu, mulai dari DM (Diet Mayo), Diet GM, dan lain sebagainya. Tapi, dari sekian banyak jenis diet tersebut, ada salah satu diet yang cukup ampuh nih buat menurunkan berat badan kamu, namanya Diet Tinggi Serat (DTS). Serat sendiri dapat membantu mengurangi berat badan kamu dengan cara membuat tubuh merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori. Adapun dalam hal ini, serat nggak bekerja sendirian, melainkan butuh asupan air yang cukup biar bisa bergerak melalui sistem pencernaan. Selain itu, konsumsi banyak air putih juga dapat membantu melawan rasa lapar lho. Nah, daripada penasaran, kamu pastinya pengen tau dong jenis-jenis makanan tinggi serat yang bisa kamu konsumsi. Kepoin yuk!

1. Buah-buahan

unsplash.com

Buah dan sayur memang dari dulu dikenal sebagai makanan tinggi serat. Nggak bisa dipungkiri, jenis makanan ini jadi makanan yang berada pada daftar nomor satu makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Kamu bisa dapatkan asupan serat yang cukup banyak dari buah seperti pisang, alpukat, pir, stroberi, raspberry dan apel. Selain itu, yang menyenangkan dari buah-buahan adalah kamu nggak perlu ribet untuk mengkonsumsinya karena buah dapat dikonsumsi langsung tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus, smoothie, sop buah, atau jenis makanan olahan buah lainnya.

2. Kacang dan polong

unsplash.com

Kamu yang suka ngemil kacang harusnya bersyukur nih. Ternyata kacang-kacangan itu termasuk jenis makanan yang cukup ampuh menurunkan berat badan kamu lho. Janis kacang-kacangan seperti kacang polong, almond, kedelai, kacang ginjal, kacang merah, kacang hitam, dan lentil memiliki kandungan protein dan serat cukup tinggi yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Sayur-sayuran

www.pexels.com

Sama seperti buah, sayur-sayuran juga dipercaya sebagai makanan buat orang-orang diet. Selain itu, memiliki cukup kandungan serat, sayuran dengan daun hijau gelap dikenal sebagai sumber beta-carotene, vitamin, dan juga mineral. Terdapat lebih dari 1000 macam sayuran berdaun hijau gelap, beberapa di antaranya adalah bayam dan lobak. Selain sayuran berdaun gelap, jenis kubis-kubisan seperti kubis, kol, kembang kol, dan brokoli dikenal sebagai sayuran tinggi serat selain sebagai pencegah kanker karena memiliki kandungan glukosin yang tinggi. 

4. Umbi-umbian

www.pexels.com

Udah sering dong denger bahwa kentang dan ubi jalar sebagai makanan pengganti nasi. Ternyata nggak hanya itu lho guys. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi buat dijadikan sebagai makanan untuk kamu yang sedang dalam program diet ya. Kentang atau ubi ini biasanya diolah terlebih dahulu baru dimakan, bisa menjadi kolak, sup, kripik dan lain sebagainya. Tapi, agar diet kamu berjalan sempurna, ada baiknya untuk mengkonsumsi kedua jenis makanan ini dengan direbus saja ya. Mengkonsumsi makanan dengan cara direbus atau dikukus ini lebih sehat karena kamu bisa mengurangi kandungan kolesterol yang masuk dalam tubuh kamu.

www.yukepo.com

Tuh guys, udah tau kan sekarang makanan yang bisa menurunkan berat badan kamu. Nah, buat kamu yang tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan makanan, nih ada acara menarik yang diadakan HIMTRI Binus yaitu BINECA. Acara terbagi dalam dua acara utama yaitu Kompetisi Karya Tulis untuk Mahasiswa dengan tema “Optimizing The Distribution of Food Security in Indonesia” dan Essay untuk siswa SMA/SMK dengan tema “Increasing Food Supply in a Decade” . Info lebih lanjut bisa kamu lihat di poster bawah ini ya~

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kayak Romeo Dan Juliet, 5 Zodiak Ini Paling Hobi Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama!

Kayak Romeo Dan Juliet, 5 Zodiak Ini Paling Hobi Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama!

8 Hasil DIY Ini Nggak Beri Manfaat Yang Berfaedah. Malah Nyusahin Diri Sendiri!

8 Hasil DIY Ini Nggak Beri Manfaat Yang Berfaedah. Malah Nyusahin Diri Sendiri!

Jangan Baper Dulu, Perhatikan 7 Tanda Gebetanmu Beneran Naksir Atau Cuma Anggap Teman!

Jangan Baper Dulu, Perhatikan 7 Tanda Gebetanmu Beneran Naksir Atau Cuma Anggap Teman!

Dari Terkenal Sampai Kesepian, Semua yang Dialami Mahasiswa Abadi Bikin Ngenes!

Dari Terkenal Sampai Kesepian, Semua yang Dialami Mahasiswa Abadi Bikin Ngenes!

Bikinnya Gampang! 10 Rak Penyimpanan Aksesoris Ini Bikin Meja Riasmu Makin Fabulous!

Bikinnya Gampang! 10 Rak Penyimpanan Aksesoris Ini Bikin Meja Riasmu Makin Fabulous!

Tampak Bersih Tanpa Dosa, Ternyata 7 Benda Sehari-Hari Ini Jadi Sarang Bakteri!

Tampak Bersih Tanpa Dosa, Ternyata 7 Benda Sehari-Hari Ini Jadi Sarang Bakteri!

loading