Echoisme, Kondisi Langka Pada Korban Pelecehan Orang Narsis

curiosity.com

Narsistik bukan hanya berdampak buruk bagi penyintasnya, tapi juga berpengaruh kepada kondisi mental orang di sekitarnya. Siapa saja bisa menjadi seorang echois akibat kerap direndahkan oleh orang yang narsis dan pengaruhnya bisa sangat buruk bagi kehidupan orang tersebut.

Kini mulai banyak pihak yang memperkenalkan kondisi mental ini agar semakin banyak orang yang paham, bisa mengenali gejalanya, dan sadar terhadap bahaya yang bisa ditimbulkannya. Lalu seperti apa sebenarnya echoisme?

1. Apa itu echoisme?

listelist.com

Echoisme dipopulerkan oleh seorang psikolog bernama Dr. Craig Malkin pada 2015. Dalam bukunya, Malkin memperkenalkan ciri-ciri narsisme, istilah yang pertama kali diciptakan oleh seorang psikoanalisis, Dean Davis, pada makalahnya yang diterbitkan pada 2005.

Menurut Malkin, seseorang bisa menjadi echois apabila dirinya terlibat dalam hubungan yang tidak sehat dengan orang yang narsis. Baik itu orang tua, saudara kandung, bahkan pasangan. Seorang echois biasanya memiliki sifat sensitif, welas asih, cerdas secara emosional, tidak enakan, dan selalu ingin membahagiakan orang lain.

2. Asal-usul echoisme

introvertspring.com

Narsisme dan echoisme diambil dari mitologi Yunani yaitu Narcissus dan Echo. Narcissus yang terpesona dengan bayangannya sendiri, dan Echo, peri yang tidak pernah berbicara selain mengikuti kata-kata terakhir yang didengarnya. Echo mencintai Narcissus, dan ia pun hanya bisa mengulangi kataNarcissus.

Seperti itulah echois, cenderung dekat dengan orang yang sangat narsis karena mereka tidak memiliki suaranya sendiri. Mereka akhirnya mengikuti kebutuhan dan perasaan orang narsis. Pengidap narsistik adalah orang-orang yang eksploitatif, merasa paling istimewa, dan tidak memiliki empati. Mereka selalu ingin merasa spesial sehingga mereka akan menghalalkan berbagai cara walaupun itu merugikan orang lain.

3. Echois yang sering diremehkan

psychcentral.com

Akibatnya, orang yang sensitif dan penuh empati bisa menjadi echois apalagi jika dirinya diremehkan orang narsis sejak kecil. Seorang echois akan khawatir jika dirinya terlihat cri perhatian, egois, atau ingin dispesialkan.

Orang narsis menyakiti korbannya dengan memanipulasi psikologi seperti mempermalukan dan mengasingkan. Echois biasanya menjadi bayang-bayang orang narsis, dan yang paling menghancurkan kepercayaan diri mereka ialah perasaan tidak dimanusiakan.

4. Echois melengkapi si narsis
www.rosediana.net

Walaupun begitu, echoist tidak serta-merta bisa pergi begitu saja dari orang narsis. Sebab mereka menganggap hanya bisa hidup sebagai “pelengkap” orang narsis. Echois benar-benar mengungkung kepribadiannya. Mereka bisa mencapai titik kehilangan dirinya sendiri. Akibatnya, mereka sering merasa tidak nyaman di dalam pergaulan dan sulit mengembangkan potensi diri mereka.

5. Kampanye mengenai echoisme
www.stowefamilylaw.co.uk

Selama ini banyak pihak tidak memahami masalah yang dihadapi oleh seorang echois. Namun kini sudah ada pihak-pihak yang mulai mengampanyekan persoalan echois ke tengah masyarakat, khususnya bagi para echois.

Bukan hanya menjelaskan batasan fisik, emosional, dan psikologis, kampanye tersebut pun mengajak korban untuk merawat dirinya sebab selama sebelumnya korban hanya fokus merawat seseorang yang narsis. Hal yang paling penting dalam menangani echois adalah dengan membantu mereka untuk menemukan suaranya kembali.

Mereka sudah terbiasa mengubur kebutuhan, perasaan, pilihan atau kekecewaan yang seharusnya wajar agar hubungannya tetap berlangsung. Echois harus disadarkan bahwa mereka pun memiliki hak atas dirinya sendiri.

Tidak mudah menjalani hidup sebagai seorang echois. Perlu dukungan dan bantuan dari orang lain agar mereka bisa bangkit dan memiliki dirinya kembali. Jika kamu sadar di sekitarmu ada seorang echoist, maka jadilah orang baik yang mendengarkan dan mempercayai ceritanya.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Cara Print Excel dari Laptop dan PC Anti Ribet, Kelar Secepat Kilat! | Keepo.me

Inspirasi Dekorasi Kamar Nuansa Putih dan Emas yang Nggak Norak

Inspirasi Dekorasi Kamar Nuansa Putih dan Emas yang Nggak Norak

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Resep Sempol Ayam Rumahan dengan Jaminan Rasa yang Juara | Keepo.me

Tips Jitu Cepat Diterima Kerja Setelah Lulus Kuliah

Tips Jitu Cepat Diterima Kerja Setelah Lulus Kuliah

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Cara Membuat Dimsum Rumahan yang Mendekati Resep Autentiknya | Keepo.me

Ide Hadiah Anniversary Anti Mainstream yang Beri Kesan Mendalam

Ide Hadiah Anniversary Anti Mainstream yang Beri Kesan Mendalam

loading