Duh, Ini 8 Gaya Hidup Remaja Masa Kini yang Bikin Kita Prihatin

14 Maret 2018
|Robertus Ari
484SHARES

Usia remaja adalah masa di mana masih suka coba-coba. Terbilang mereka memang masih labil dalam melakukan berbagai hal. Bahkan, kesalahan yang tak perlu juga sering terjadi karena kecerobohan. Mereka juga memiliki kebiasaan buruk yang pada akhirnya berpengaruh dengan gaya hidup mereka sehari-hari. Jadi nggak heran kalau kebanyakan dari mereka hidupnya nggak teratur dan terkadang ngawur.

Nah berikut ini adalah gaya hidup remaja masa kini yang membuat kita prihatin. Jangan ditiru ya!

1. Bangun tidur, hal pertama yang dicari adalah gadget

Ya, mungkin banyak dari kamu yang memiliki kebiasaan ini. Padahal ini kebiasaan buruk yang perlu kamu hindari. Kalau kamu teruskan, akibatnya kamu makin malas dan hidup pun menjadi tidak produktif. Jadi tak ada salahnya jika bangun tidur kamu bisa langsung bangun, membuka jendela, dan mulai menyiapkan sarapan atau malah mandi duluan.

2. Paling suka gaya-gayaan, cobain trend terbaru yang terkadang memaksakan

Banyak gaya hidup remaja masa kini yang suka kebarat-baratan. Mengikuti trend ini itu yang terkadang itu tidak cocok dan terkesan memaksakan. Bagi mereka pokoknya gaya! Padahal kamu perlu sadar bahwa tidak semua trend itu cocok dengan semua orang. Kamu harus pintar memilah-milah. Kalau nggak nyaman ya nggak usah kamu paksakan.

3. Mereka lebih suka produk impor daripada produk dari negara sendiri

Bagi mereka, produk dari luar negeri itu lebih bagus. Apalagi kalau idola mereka juga memakainya, pasti banyak juga yang kepengen mengikuti gayanya. Padahal, mereka nggak tahu kalau produk dalam negeri juga nggak kalah bagusnya dengan produk luar. Selain itu, mereka juga nggak sadar kalau idola mereka sebenarnya juga memakai produk lokal dari negaranya sendiri.

4. Bagi mereka, merek adalah segala-galanya

Ya, merek adalah segala-galanya. Gaya hidup remaja ini seperti ‘racun’ yang perlu dihindari. Apalagi mereka membeli merek ini itu dengan harga yang mahal hanya demi gaya. Mereka bisa sangat konsumtif. Parahnya lagi, beberapa dari mereka membeli menggunakan uang dari orangtuanya. Duh, kalau nggak punya duit jangan gitu ya dek, kerja dulu.

5. Tampaknya dunia maya lebih menarik bagi mereka

Mungkin ini terlihat sekali di zaman yang sekarang serba modern, terlebih urusan teknologi. Memang bagus kita hidup di zaman yang serba maju. Tapi nggak bagus juga kalau lupa bahwa kamu hidup secara sosial. Jadi kalau lagi bareng sama keluarga, teman, pacar, dan seterusnya, kamu jangan sibuk main gadget sendiri. Lihatlah mereka, ngobrol, dan sharing satu sama lain.

6. Mereka susah untuk dinasehati, tapi paling doyan mengkritik

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi. Umur yang masih labil membuat remaja masa kini susah untuk dinasehati dan suka menolak masukan dari orang lain. Padahal sebenarnya itu juga demi kebaikannya. Tapi mereka justru lebih suka mengkritik sana-sini tanpa diimbangi dengan aksi nyata.

7. Anak zaman sekarang banyak yang manja. Dikit-dikit suka ngeluh!

Mungkin banyak juga dari kamu yang merasakan hal ini, terlebih bagi mereka generasi 70 atau 80-an. Pasti tak sedikit dari mereka yang merasa bahwa anak zaman sekarang lebih manja. Apalagi dalam dunia kerja, dikit-dikit suka ngeluh karena capek, kerjaan terlalu banyak, dan seterusnya. Selain itu, kecanggihan teknologi juga membuat mereka terjebak rasa malas. Contoh simpel kalau mereka lapar, lebih memilih membeli makan lewat aplikasi daripada berangkat sendiri.

8. Anak zaman sekarang juga banyak yang suka pamer

Zaman yang serba terbuka membuat banyak orang bebas sharing berbagai hal di media sosialnya. Namun tak jarang anak zaman sekarang lebih suka pamer dengan gaya hidupnya yang mungkin mewah, daripada mengunggah posting-an yang bermanfaat. Padahal mereka juga harus sadar bahwa tidak semua orang bisa hidup beruntung seperti mereka.

Itulah tadi sedikit banyak gaya hidup remaja masa kini yang terkadang bikin ngelus dada. Lebih baik jangan ditiru ya. Semoga juga ke depannya mereka lebih menyadari akan hal tersebut dan bisa berubah menjadi lebih baik, karena generasi muda sekarang adalah penerus bangsa!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Robertus Ari
"be kind to each other"
484SHARES