Dipecat dari Kerjaan Emang Bikin Syok. Tapi Ini Cara Buat Bangkit Lagi

02 Juli 2018
|Naftalia Inge Fabian
194SHARES

Kadang ada banyak orang yang suka mengeluh dengan pekerjaan di kantor yang terus menumpuk atau perlakuan tidak menyenangkan dari atasan. Tapi sebenernya ada yang lebih pusing ketimbang mikirin kerjaan, yaitu mikirin gimana caranya dapet kerjaan. Apalagi kalau mengalami pemecatan. Bisa-bisa langsung down dan bingung harus berbuat apa karena mikir cicilan yang masih numpuk.

Tapi nggak perlu berlarut-larut dalam kesedihan guys, cobain tips berikut ini yuk biar bisa bangkit lagi setelah ngerasain pahitnya dipecat.

1. Berikan waktu lebih untuk diri sendiri & keluarga

Keinget nggak sih saat masih kerja dulu kita jarang memberikan waktu buat diri sendiri ataupun keluarga saking sibuknya? Nah berhubung sekarang sudah berstatus jobless, nggak ada salahnya buat beberapa hari kita luangkan waktu untuk beristirahat sejenak. Jangan ragu juga buat bercerita apa adanya kepada orangtua, karena apapun keadaannya, keluarga pasti akan memberi dukungan kepada kita. 

2. Menjalin kembali kehidupan sosial yang sempat terenggut oleh kesibukan di kantor

Kesibukan di kantor mungkin membuat kamu sempat jauh dengan teman-teman atau lingkungan sosialmu. Momen kamu dirumahkan ini mungkin bisa jadi kesempatan untuk merajut kembali kehidupan sosialmu. Kalau kamu hanya di rumah saja, kemungkinan stress akan melanda lebih tinggi. Mendingan keluar rumah sambil nongkrong bareng teman. Siapa tahu ada yang punya lowongan pekerjaan atau butuh partner usaha gitu kan. Intinya sih sambil menyelam minum air. Ingat guys, relasi itu PENTING. 

3. Cari kegiatan positif

Mencari pekerjaan tetap setelah dipecat bukanlah hal semudah membalikkan telapak tangan. Sembari menghabiskan waktu senggang, ada baiknya kamu mencari kegiatan positif ketimbang melampiaskannya dengan mengurung diri. Misalnya saja kamu bisa mencari kerja sampingan sebagai freelancer atau mengikuti kursus tertentu guna meningkatkan kemampuan diri. 

4. Instrospeksi lebih dalam

Seorang pimpinan pasti memiliki alasan mengapa ia sampai harus memecat karyawannya. Ketimbang berpikir yang tidak-tidak, lebih baik menginstrospeksi diri lebih dalam. Apakah kita kurang rajin dalam bekerja, atau mungkin kurang disiplin dalam jam kerja, dan lain sebagainya. Nah kalau tiba saatnya nanti sudah mendapat pekerjaan baru, kita bisa menghindari kesalahan yang sama dan bekerja lebih baik lagi.

5. Gali potensi diri

Siapa bilang dipecat itu akhir dari segalanya? Justru bisa jadi kamu dipecat itu agar bisa memulai usaha sendiri dan menjadi seorang bos. Ayo coba gali potensi diri lebih dalam, cari kemampuan atau ide kreatif yang bisa kamu kembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan kedepannya. Jangan patah semangat, jadikan pengalaman dipecat itu sebagai cambuk untuk lebih bersemangat lagi dalam meniti karier!

6. Jadilah pribadi yang baik

Mungkin banyak dari kita yang berbalik menyerang perusahaan dengan cerita-cerita buruk. Memang rasa sakit hati akibat dipecat itu pasti ada, tapi dengan menjelek-jelekkan nama perusahaan atau mantan bos itu nggak akan menyelesaikan masalah. Justru dengan tetap berpikiran positif, kamu bisa menjaga relasi baik dengan teman-teman di kantor lamamu dan membuktikan kalau kamu adalah pribadi yang baik.

7. Coba segala peluang

Saat ini banyak sekali media-media online yang memasang iklan lowongan kerja, dan pastinya kamu harus rajin mencoba setiap kesempatan itu. Jangan ragu buat menaruh CV dan surat lamaranmu ke berbagai tempat. Siapa tahu ada beberapa yang nyantol, jadi tinggal pilih deh, Usaha itu nggak akan mengkhianati hasil kok. Kalau kamu semangat, pasti bakal ada jalan buat mendapat pekerjaan yang lebih baik.   

Dipecat itu bukan berarti kiamat. Selagi masih ada tenaga dan kesempatan untuk mencari yang lebih baik, kita harus tetap semangat ya. Ingat pada mereka yang selalu mendukungmu baik senang maupun saat terpuruk. Pokoknya jangan putus harapan hanya karna pernah dipecat yak! 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Naftalia Inge Fabian
"Work hard, play hard. Stay young!"
194SHARES