Diet Belingsatan Tapi Badan Masih Gendut? Mungkin Kamu Melakukan Dosa Pagi Hari Ini!

02 Juli 2018
|Galih Wisnu Brata
372SHARES

Siapa sih yang nggak mau punya badan ideal dan semampai seperti Model-Model Victoria Secrets atau member Blackpink? Impian ini yang kerap membuat kita rela diet mati-matian. Namun, upaya diet yang belingsatan ini hasilnya sering tidak maksimal. Pasalnya, kamu masih melakukan berbagai kesalahan dalam beraktivitas sehari-hari yang membuatmu jadi gendut. Contohnya 6 kesalahan yang sering dilakukan di pagi hari ini. Ngaku aja deh, pasti kamu juga berdosa telah melakukan kesalahan-kesalahan ini kan?

1. Bangun terlalu siang

Tidur yang ideal dilakukan selama 6 hingga 8 jam per harinya. Jika seseorang tidur melebihi waktu tersebut, niscaya tubuh akan mengalami gangguan metabolisme dan pada perempuan, akan terjadi penumpukan lemak di pinggang. Menurut sebuah penelitian, jika kita bangun lebih dari jam 7 pagi, risiko terkena obesitas dan diabetes akan lebih besar. Jadi kalau nggak mau gendut, usahakan tidur yang cukup dan nggak berlebihan ya!

2. Membiarkan kamar tetap gelap

Dalam jurnal PLOS One, disebutkan bahwa orang yang beraktivitas di bawah sinar matahari selama 20 hingga 30 menit akan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Selain itu, membiarkan kamar dalam keadaan gelap sementara matahari telah muncul akan membuat risiko terjangkit obesitas meningkat.

3. Tidak merapikan tempat tidur

Saat bangun tidur kamu tidak merapikan tempat tidur? Jika iya, sebaiknya kamu ubah kebiasaan buruk tersebut mulai sekarang. Pasalnya, orang yang punya kebiasaan baik ini biasanya memiliki tidur yang cukup berkualitas sehingga memiliki energi untuk merapikan tempat tidur setelah bangun. Dan seperti yang telah kita ketahui, tidur cukup berkaitan erat dengan indeks massa tubuh yang ideal. Bahkan menurut Charles Duhigg, penulis The Power of Habit, kebiasaan baik seperti merapikan tempat tidur akan membawa kita ke kebiasaan baik lainnya seperti berolahraga atau menyiapkan bekal makanan yang sehat.

4. Malas menimbang berat badan

Kalau kamu sedang dalam proses penurunan berat badan, alangkah baiknya kamu menimbang badanmu setiap pagi. Menurut seorang ahli nutrisi, Lisa Jones, hasil menimbang berat badan di pagi hari itu lebih akurat. Jadi, jika di pagi hari kita sudah tahu angka berat badan kita, kita akan semangat berolahraga dan menjaga asupan makan sepanjang hari.

5. Melewatkan sarapan

Banyak yang beranggapan bahwa dengan tidak sarapan akan membantu menurunkan berat badan. Anggapan tersebut ternyata salah. Justru, orang yang melewatkan sarapan akan cenderung mudah gemuk. Pasalnya, ia akan merasa lebih lapar di sore atau malam hari dan cenderung banyak makan cemilan.

6. Mengawali dengan minuman manis

Kebanyakan orang ketika bangun tidur akan minum teh manis sembari menyambut pagi hari. Kebiasaan ini sebaiknya dihindari, Girls. Dengan kebiasaan menyantap minuman manis, kita akan terus-terusan menginginkan minuman manis sepanjang hari. Dengan begini, sumbangan kalori ke tubuh pun akan terus bertambah. Alhasil, kita pun akan semakin gendut dan kesulitan mengontrol asupan minuman manis.

 

Nggak mau kan jadi semakin gendut hanya karena kebiasaan-kebiasaan kecil di atas? Makanya, sebisa mungkin dihindari ya, biar dietmu berhasil!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
372SHARES