Dibuang Sayang, Ini Resep Simpel untuk Memanfaatkan Roti Sisa

www.pexels.com

Siapa yang akhir-akhir ini lagi suka mencoba bikin berbagai macam resep roti dan kue? Berhasil bikin berapa jenis kue dan roti, kamu jadi semakin semangat untuk bereksperimen dengan makanan berbahan dasar tepung ini. Tapi, apa yang akan kamu lakukan jika roti buatanmu sisa banyak?

Sekali-kali, pasti ada yang tersisa dan tak habis, entah itu roti buatan sendiri maupun beli. Ingin mengehabiskannya segera sebelum jamuran, tapi sudah bosan? Nggak usah bingung apalagi malah membuangnya. Manfaatkan roti sisa itu untuk bikin olahan lain yang nggak kalah enak.

1. Crumble

www.wildyeastblog.com

Makan roti dan kue yang punya tekstur lembut memang enak. Akan lebih nikmat lagi jika ada sensasi crunchy. Tekstur itu akan membuat sensasi yang beda dan tentu tidak akan cepat menimbulkan rasa enek. Selama ini mungkin yang banyak dilakukan orang agar dapat menambah tekstur dan rasa adalah dengan memberikan topping. Itu enak juga, tapi coba cara lain deh dengan memanfaatkan roti sisa yang hampir kedaluwarsa.

Caranya adalah dengan menggantikan separuh dari tepung dengan roti yang sudah dipanggang di oven hingga kering. Kalau rotinya sudah kering dan crunchy, kamu nggak perlu memasukkan lagi ke dalam oven. Langsung bisa mencampurnya dengan adonan. Kalau roti sisamu itu mengandung kacang dan berries kering juga nggak masalah. Itu justru akan menambah rasanya jadi lebih nikmat.

2. Breadcrumbs

infogrocery.com

Beli breadcrumbs di toko memang ada. Kalo bisa bikin sendiri di rumah dengan bahan sisa, kenapa tidak dicoba? Ini akan menghemat pengeluaran. Proses pembuatannya juga sangat mudah dan pasti bisa dilakukan oleh siapapun. 

Kamu hanya perlu memotong roti sisa hingga lebih kecil. Setelah itu panggang dengan oven dalam suhu 100? Celcius. Kalau sudah kering, tinggal dihancurkan dengan food processor atau blender. Resep ini tidak hanya berlaku untuk roti sisa. Kamu bisa melakukan hal yang sama terhadap biskuit dan sereal.

3. Stuffed tomatoes

www.thespruceeats.com

Bikin stuffed tomatoes bisa menjadi alternatif resep baru. Mulai sekarang, kamu bisa membuat makanan ini secara homemade dengan breadcrumbs dari roti sisa. Nggak usah takut jika hasilnya akan kering dan nggak seenak biasanya. Ada trik rahasia dalam memasaknya. Kamu bisa menambahkan sedikit jus tomat agar teksturnya sempurna dan tidak terlalu kering.

4. Puding
www.thespruceeats.com

Ada rencana membuat puding dalam waktu dekat? Pas banget, nih! Coba bikin puding dengan memanfaatkan roti sisa di dapur. Dijamin rasanya nagih dan proses pembuatannya juga nggak merepotkan. Anak kos pun pasti bisa bikin juga. Caranya semudah dengan merendam roti ke dalam susu. Lalu, tambahkan gula dan telur. Supaya lebih enak, kamu bisa menambahkan kismis, rum, coklat atau lainnya. Olahan ini pasti jadi dessert yang melting di mulut. 

5. French toast
www.thespruceeats.com

Makanan klasik ini rasanya memang nggak pernah membosankan. Kalau belom pernah mencoba bikin sendiri, sekarang waktunya kamu bikin french toast yang enak dari roti sisa sarapan. Cara membuatnya cukup sederhana. Masukkan roti ke dalam campuran susu dan telur yang udah dibumbui dengan gula, garam, dan kayu manis. Setelah itu, goreng dengan teflon yang udah diolesi dengan butter.

Selain bisa memanfaatkan roti sisa yang udah hampir kedaluwarsa, resep di atas bisa dicoba saat kamu mulai bosen tiap hari cuma makan roti dioles selai. Ada alternatif lain yang tidak kalah enak dan mengenyangkan perut 'kan ternyata!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Terlalu Banyak Duit, Pria Tajir Ini Beli Masker Berlapis Emas | Keepo.me

Terlalu Banyak Duit, Pria Tajir Ini Beli Masker Berlapis Emas | Keepo.me

Tips Mengatasi Sakit yang Umum Dikeluhkan Busui Newbie

Tips Mengatasi Sakit yang Umum Dikeluhkan Busui Newbie

Adu Kualitas 5 Penyanyi Cilik Terbaik Indonesia | Keepo.me

Adu Kualitas 5 Penyanyi Cilik Terbaik Indonesia | Keepo.me

OOTD Ala Revalina S. Temat untuk Gaya Hijab Anggun dan Kekinian

OOTD Ala Revalina S. Temat untuk Gaya Hijab Anggun dan Kekinian

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Depopulasi Dunia: Pesawat Semprot Zat Kimia Berupa Chemtrails di Angkasa (Project Cloverleaf)? | Keepo.me

Cara Mix and Match Hoodie Biar Terlihat Lebih Modis

Cara Mix and Match Hoodie Biar Terlihat Lebih Modis

loading