Desainer Kebaya Modern Indonesia yang Punya Reputasi Baik di Mata Dunia

www.instagram.com

Siapa bilang Indonesia tertinggal untuk urusan fashion? Siapa bilang Indonesia hanya bisa meniru gaya busana orang luar negeri? Kalau ada yang bilang begitu, pasti orang itu bukan orang yang mengikuti tren fashion di Indonesia dan di dunia.

Kini Indonesia sudah memiliki banyak desainer yang mampu “unjuk gigi” di industri fashion dunia. Salah satunya dengan menonjolkan pakaian khas perempuan Indonesia: kebaya. Ada beberapa desainer kebaya Indonesia yang telah Go International dan berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia fashion internasional.

1. Ramli

archive.tabloidbintang.com

Ramli Sarwi Gozali Kartowdijojo atau yang akrab disapa Ramli memang telah berpulang pada Januari 2013. Namun, Ia akan selalu diingat sebagai desainer senior yang terus berupaya merawat kain tradisional Indonesia.

Sulaman dan bordir memang jadi kekuatan Ramli sehingga seolah dua teknik tersebut naik kelas. Rancangan kebaya Encim miliknya mencuri perhatian berkat sematan bordir di sana-sini. Dia pula yang menyulap batik menjadi busana modern mulai dari blus, celana panjang, kebaya dan jaket.

2. Marga Alam

www.ngopibareng.id

Meski telah berpulang pada Mei 2018 silam, desainer Marga Alam meninggalkan kesan mendalam di kalangan pelaku mode Indonesia dan Internasional. Dia dikenal sebagai desainer yang konsisten meramu kebaya sebagai busana pernikahan.

Label 'Marga Alam' pun lahir di 1997 dan sejak saat itu karya-karyanya mulai dilirik penikmat fashion dan media massa. Kebayanya lekat dengan detail ukir-ukiran dan aneka bentuk kerah.

3. Raden Sirait

hijab.dream.co.id

Siapa sangka berkat tangan putera daerah Sumatera Utara ini kebaya bisa wara-wiri di red carpet Oscar 2012. Presenter Voice of America, Debby Samual mengenakan kebaya hitam rancangan Raden Sirait. Kebaya itu pun mencuri perhatian sekaligus menuai pujian. Di tanah air, kebayanya banyak dikenakan oleh selebriti seperti Ardina Rasti dan Magdalena dalam beberapa momen. Salah satunya pada acara pernikahannya masing-masing. 

4. Adjie Notonegero
lifestyle.okezone.com

Deret kasus penipuan hingga penggelapan uang memang jadi catatan buruk desainer Adjie Notonegoro. Namun, paman dari Ivan Gunawan ini jelas sangat diperhitungkan dalam keahliannya merancang busana. Karyanya pernah dikenakan tokoh dunia seperti Fidel Castro dan Bill Clinton. 

5. Ferry Sunarto

www.femina.co.id

Kebaya dan Ferry Sunarto tampaknya memang tak terpisahkan. Desainer asal Bandung, Jawa Barat ini dikenal sebagai desainer kebaya dengan sentuhan modern. Ia pun tak ragu mengutak-atik kebaya menjadi busana yang unik agar bisa diterima masyarakat internasional. 

6. Anne Avantie

www.sindoweekly.com

Perempuan yang akrab disapa Bunda Anne ini seperti tak pernah kehabisan ide dan inovasi. Kebaya rancangannya kerap memberikan kesan modern bahkan 'nyeleneh'. Namun dalam sebuah kesempatan Anne mengungkapkan bahwa dirinya terinspirasi dari kebaya kutubaru. Kebaya inilah yang menggugah dirinya untuk segera terjun ke dunia desain kebaya modern.

Indonesia sangat beruntung memiliki budaya yang amat kaya termasuk untuk urusan busana. Tapi di sisi lain, Indonesia pun beruntung karena terbuka dengan gaya busana dari negara lain. Hal itu justru membuat para Indonesia semakin kreatif dalam memadukan dua gaya busana tersebut.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

19 Cara Mengatasi WiFi Lemot di Laptop, Android, dan Indihome | Keepo.me

Aplikasi Nonton Film Terbaik untuk Hiburan di Waktu Luang

Aplikasi Nonton Film Terbaik untuk Hiburan di Waktu Luang

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Sering Diabaikan, Manfaat Buah Salak Ini Ternyata Nggak Kalah Magic | Keepo.me

Cara Jitu Menunda Rasa Kantuk di Jam-jam Produktif

Cara Jitu Menunda Rasa Kantuk di Jam-jam Produktif

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Cara Merawat Hamster yang Baik, Agar Si Bulu Gemas Bisa Hidup Lama | Keepo.me

Merantau ke Jakarta Tingkatkan Risiko Obesitas dan Diabetes?

Merantau ke Jakarta Tingkatkan Risiko Obesitas dan Diabetes?

loading