Dengarkan dan Patuhi Saran Orangtua Yuk, Supaya Tidak Menyesal Seperti Ayushita

06 April 2018
|Chandra W.
0SHARES

Kapan terakhir kali kamu benar-benar mendengarkan dan memahami atau paling tidak, berusaha memahami nasihat dan saran yang diberikan orangtua? Atau kamu sudah malas dan bosan lalu mendengarkannya sambil lalu? Jangan sampai menyesal seperti Ayushita karena tidak mendengarkan saran orangtua ya.

1. Seiring kita tumbuh remaja dan dewasa, kita merasa semakin tahu segalanya dan menganggap pendapat orangtua tidak relevan

Entah tidak relevan dengan kesukaanmu atau tidak relevan dengan masa kini, ada saja yang membuatmu malas mendengarkannya. Pikirmu, ‘Kan aku sudah besar, sudah bisa bertanggung jawab pada diri sendiri,’. Orangtuamu juga tahu itu. Tapi bagaimanapun mereka akan selalu khawatir pada keadaanmu, termasuk pilihan-pilihanmu di masa kini.

2. Orangtua berpikir jauh lebih panjang dibandingkan kita, anak-anaknya

Apalagi jika kamu termasuk anak yang hidup dengan prinsip You Only Live Once (YOLO) dan menerapkannya dengan cara hanya berpikir untuk hari ini. ‘Besok gampang.’ Orangtua tidak mungkin hanya berpikir untuk saat ini. Ketika kamu membuat sebuah pilihan, mereka akan langsung menganalisanya hingga jangka waktu sepuluh, dua puluh hingga tiga puluh tahun ke depan.

3. Hal ini dilakukan orangtua karena mereka sudah hidup lebih lama dari kamu

Jelas. Mereka yang lahir duluan. Ibumu yang melahirkanmu. Mungkin orangtuamu bukan tipikal petualang atau anak gaul pada zamannya sehingga kamu menganggap hidup mereka lurus-lurus saja dan dengan demikian kamu lebih kaya pengalaman. Hal ini membuatmu malas mendengarkan nasihatnya karena menurutmu, kamu sendiri lebih berpengalaman.

4. Biar bagaimanapun, orangtuamu telah melewati dan mengatasi masalah yang mendera selama hidup

Termasuk masalah ketika kamu sudah lahir. Masih mau bersaing masalah pengalaman? Sebagai anak, kita seringkali berpikir bahwa orangtua suka berlebihan ketika menasihati. Mereka sebenarnya ingin melihatmu bahagia dan tidak ingin melihatmu salah langkah atau salah menentukan pilihan. Intinya, semua pilihanmu kalau bisa jangan sampai membuatmu menyesal di akhir.

5. Ayushita yang tumbuh di lingkungan keluarga seniman sejak kecil disarankan untuk belajar tari, tapi menolak

Sekarang ketika ia sudah dewasa, ia baru sadar bahwa keterampilan menari ternyata sangat banyak dibutuhkan untuk pertunjukan hingga film. Apalagi ia juga berkarir di dunia seni peran dan hiburan. Padahal sejak kecil ia sudah disarankan orangtuanya untuk belajar menari, namun Ayushita selalu menolak. Sekarang baru menyesal.

6. Coba pikirkan, saran itu benar-benar bisa berguna untuk jangka waktu panjang, bukan?

Seandainya saran itu diberikan ketika Ayushita berusia 7 tahun dan sekarang usianya sudah 28 tahun. Menyesalnya tak akan bisa ditukar dengan mengembalikan waktu 21 tahun yang terlewatkan tanpa menjalankan saran orangtua tadi. Lagi, orangtua berpikir untuk jangka panjang.

Jangan sampai kamu menyesal padahal sudah diberitahu dari awal ya. Bukan berarti apa yang dikatakan orangtua selalu benar dan harus dituruti semua. Tapi setidaknya, dengarkan dan pikirkan sarannya matang-matang. Bisa jadi, saran itu jika dilakukan akan menyelamatkan hidupmu kelak di kemudian hari.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES