Dengan Tanaman Ini, Ruangan di Dalam Rumah Bakal Tetap Sejuk dan Asri

www.pexels.com

Mendekorasi rumah menjadi sesuatu hal yang esensial. Dengan begitu, kita dapat menciptakan kenyamanan di lingkungan rumah. Anggota keluarga juga menjadi lebih betah dengan suasana rumah yang enak dipandang.

Untuk melakukan dekorasi, setiap orang memiliki caranya masing-masing. Ada yang mengecat dinding rumahnya dengan warna kesukaan, menggantung pajangan kayu di beberapa sudut, menggunakan furniture unik ala tumblr dan mendekorasi rumahnya dengan menambahkan tumbuhan di dalam area rumah.

Jika termasuk salah satu orang yang menyukai tanaman hias dan pepohonan, mungkin kamu bisa menjadikan ulasan ini sebagai referensi. Berikut ini adalah beberapa tanaman yang bisa menambah keindahan serta kenyamanan di rumah.

1. Kaktus

unsplash.com

Kaktus memiliki beragam jenis. Ada yang ukuran besar dan mungil. Biasanya kaktus berukuran besar ditempatkan di halaman depan atau belakang rumah. Kaktus berukuran kecil diletakkan di dalam rumah menggunakan pot kecil atau dimasukkan ke dalam terrarium.

Kaktus mungil yang dapat kamu jadikan tanaman hias rumah sangat banyak jenisnya. Ada kaktus mini Echinocactus grusonii, Echinofossulocactus, Lobivia oganmaru, Haworthia attenuata dan masih banyak lagi.

Untuk kaktus mini Haworthia attenuata, mungkin tidak terlihat seperti kaktus pada umumnya. Masyarakat lebih familiar dengan lidah buaya mini atau tanaman zebra.

2. Umbrella tree

unsplash.com

Umbrella tree memiliki banyak jenis, namun yang paling terkenal adalah Australian Umbrella Tree. Perawatannya sangat mudah yaitu hanya dengan menggunting bagian ujung atau depan daunnya yang tumbuh secara berkala. Tanaman satu ini masih menjadi andalan bagi masyarakat untuk menghias halaman rumahnya.

3. Tanaman hias spider plant

unsplash.com

Spider plant atau yang dikenal juga dengan nama Chlorophytum comosum merupakan salah satu alternatif bagi kamu yang ingin mendekorasi rumah dengan lahan yang terbatas. Untuk menanam spider plant, kamu dapat menggantungnya.

Tanaman ini juga dapat merambat, jika sudah pesat mengalami perambatan, maka kamu dapat menggunting bagian yang merambat tersebut agar tidak terlalu panjang dan meletakkannya di pot lain. Kamu bisa memiliki spider plant lebih dari satu hanya dengan menanam bagian yang merambat tadi.

Untuk menggantungnya, kamu dapat menggantungkan pot spider plant di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung. Jika terkena cahaya matahari secara langsung di saat terik, maka tanaman ini dapat mati terbakar.

4. Sansevieria
www.amazon.com

Tanaman hias yang satu ini sudah sangat familiar di telinga masyarakat sebagai tanaman ular karena wujudnya hampir menyerupai ular. Namun, keindahannya masih saja dikagumi banyak orang dan dalam perawatannya pun terbilang sangat mudah. Asalkan tidak menanamnya di tempat yang terlalu panas maupun terlalu dingin saja.

5. Tanaman maple Jepang
id.pinterest.com

Japanese Maple ini menjadi salah satu alternatif masyarakat Jepang untuk mendekorasi halaman rumahnya. Tingginya yang mencapai 1 hingga 5 meter sangat cocok untuk menghias halaman rumah kamu yang berukuran kecil maupun sedang.

Jika taman kamu ternyata sudah dipenuhi oleh berbagai tanaman, tapi masih ingin menanam Japanese Maple ini tak usah risau. Karena dengan teknik bonsai kamu dapat memiliki Japanese Maple berukuran mini.

6. Aloe vera

unsplash.com

Banyak yang mengenal tanaman ini sebagai lidah buaya. Ukurannya yang mungil memang cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Kamu dapat meletakkannya di dalam pot kecil, selain itu juga tanaman ini sangat mudah sekali dalam perawatannya.

Dengan memelihara lidah buaya, kamu dapat memanfaatkan tanaman tersebut. Pasalnya, Aloe vera memiliki banyak sekali manfaat. Bisa dijadikan sebagai makanan, minuman hingga perawatan untuk kecantikan.

7. Kamboja

kimlombokbaratkab.wordpress.com

Masyarakat sering kali beranggapan bahwa bunga kamboja ini hanya cocok menjadi penghias di pemakaman. Persepsi itu salah. Ternyata kamboja ini tidak hanya tumbuh di tanah kuburan aja. Walaupun memang terkesan dengan kemistisannya, namun siapa sih yang menyangkal keindahan bunga yang satu ini?

Kamu bisa memilih kamboja menjadi penghias taman rumah kamu. Selain itu, dengan memiliki bunga ini keharuman di pekarangan rumah kamu juga akan terjaga dan kamu bisa memanfaatkan kamboja sebagai aromatherapy.

Itulah beberapa jenis tanaman yang dapat kamu jadikan dekorasi rumah agar rumah kamu tampak lebih asri dan natural. Jika halaman atau taman rumah luasnya terbatas, kamu bisa menjadikan tanaman berukuran mini. Kamu juga bisa menggantungnya sebagai alternatif agar rumah tetap nyaman dan asri.

Selain untuk keindahan, kehadiran tanaman di rumah juga bermanfaat sebagai penyuplai oksigen di rumah. Udara di rumah tidak terasa pengap, deh.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
100% Berkhasiat! 15 Manfaat Minyak dan Kapsul Habbatussauda untuk Kesehatan | Keepo.me

100% Berkhasiat! 15 Manfaat Minyak dan Kapsul Habbatussauda untuk Kesehatan | Keepo.me

Perubahan Kecil yang Bikin Cepat Kaya Sekaligus dan Ubah Bumi Jadi Lebih Bersih

Perubahan Kecil yang Bikin Cepat Kaya Sekaligus dan Ubah Bumi Jadi Lebih Bersih

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami Tanpa Operasi | Keepo.me

Trik Sederhana untuk Atasi Mood Swing Ketika Menstruasi

Trik Sederhana untuk Atasi Mood Swing Ketika Menstruasi

Tips & Trik Memilih dan Membeli Kondom Terbaik yang Dijual di Indonesia | Keepo.me

Tips & Trik Memilih dan Membeli Kondom Terbaik yang Dijual di Indonesia | Keepo.me

Pintar Akademik Aja Nggak Cukup, Kamu Juga Harus Cerdas Emosional Biar Sukses

Pintar Akademik Aja Nggak Cukup, Kamu Juga Harus Cerdas Emosional Biar Sukses

loading