Demi Menjaga Kualitas Kebersihan Rumah, Bersihkan Juga 9 Spot Tersembunyi Ini!

unsplash.com

Untuk menciptakan rasa nyaman di rumah, banyak cara yang dapat dilakukan oleh anggota keluarga. Setiap orang memiliki strateginya sendiri untuk membuat nyaman semua keluarganya. Entah itu dari dekorasi, pemilihan dalam furnitur atau melalui pembersihan barang di dalam rumah.

Tidak hanya kenyamanan yang akan timbul, penataan dan perawatan rumah yang baik bisa menciptakan kondisi rumah yang sehat. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana dan apa saja yang perlu dirapikan sekaligus dibersihkan di rumah.

Banyak hal kecil yang dianggap remeh dan terlupakan. Padahal jika lebih concern untuk merapikan dan membersihkan, bakal terasa seperti tinggal di tempat baru. Mulai sekarang, kamu harus lebih memperhatikan hal ini, ya!

1. Membersihkan ponsel dan gadget lainnya

unsplash.com

Ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk ponsel kamu. Melainkan juga untuk remot televisi dan AC hingga mouse komputer. Tanpa kita sadari, ponsel dan gadget lainnya sebenarnya dihinggapi kuman berbahaya yang tak nampak dengan mata telanjang. Untuk membersihkan ponsel dan remot, kamu bisa mengelapnya dengan alkohol menggunakan kain lap halus.

2. Membersihkan sepatu

unsplash.com

Malas mungkin menjadi salah satu alasan klasik untuk tidak membersihkan sepatu. Padahal, pendukung style ini juga penting untuk dijaga. Apalagi jika berwarna putih.

Untuk mempermudah membersihkan sepatu dan talinya, kamu bisa menambahkan sedikit pasta gigi ketika menyikat. Selama menyikat sepatu, rendam tali sepatu kamu ke dalam cairan yang sudah dicampurkan dengan pasta gigi.

3. Membersihkan pajangan di rumah

unsplash.com

Barang pajangan seringkali luput saat membersihkan rumah. Banyak orang menanggapnya bersih karena tidak dipakai langsung. Padahal benda pajangan juga berpotensi dihinggapi debu, kuman dan jamur. Karena itu, harus rutin untuk dikontrol kebersihannya.

Untuk membersihkan benda pajangan di rumah, kamu bisa membuat cairan pembersih serbaguna. Kamu hanya membutuhkan baking soda dan air. Kamu bisa menyimpannya di dalam botol spray dan mengelapnya dengan spon.

4. Membersihkan kaca jendela
unsplash.com

Untuk membersihkan kaca jendela di rumah, kamu bisa menggunakan cuka sebagai bahan dasarnya. Cara membuat racikannya yaitu dengan mencampur ½ gelas cuka putih dengan ¼ gelas alkohol. Kemudian, campurkan lagi dengan 2 gelas air dan dituang ke botol spray.

Untuk cara membersihkannya, kamu bisa menunggu di mana suasana sangat berembun atau penuh kabut. Kemudian kamu bisa menyemprotkannya ke kaca dan membersihkannya dengan kain microfiber yang bersih untuk menghindari adanya goresan.

5. Membersihkan talenan
unsplash.com

Peralatan dapur juga jangan sampai terlupakan, terutama talenan yang biasa digunakan untuk memotong daging atau sayuran setiap memasak. Jika concern dengan kesehatan, kamu bisa menggunakan talenan yang berbeda tergantung bahan yang akan kamu potong.

Jika kamu terbiasa menggunakan talenan untuk memotong sayuran dan daging, maka kamu bisa memiliki dua talenan sekaligus untuk mencegah kontaminasi silang. Lalu, bagaimana dengan yang memiliki satu talenan?Belum lagi yang sudah lama dipakai sehingga timbul noda di permukaan talenan.

Untuk membersihkannya, gosokkan jeruk lemon ke permukaan talenan. Jika belum ada perubahan, kamu bisa menaburi garam atau baking soda terlebih dahulu.

6. Membersihkan peralatan yang terbuat dari perak

unsplash.com

Memiliki barang yang terbuat dari perak untuk peralatan makan ataupun perhiasan? Jangan lupa untuk rutin membersihkannya juga. Kamu bisa membersihkannya dengan menyikat halus menggunakan pasta gigi. Gosokkan perlahan, kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu, lap dengan kain bersih untuk mendapatkan hasil kilau yang memukau.

7. Membersihkan kenop pintu dan keran

unsplash.com

Dua benda kecil ini memang sering terlupakan untuk dibersihkan. Padahal kedua benda ini hampir sama kotornya dengan gawai elektronik. Siapapun yang memegang kenop pintu, kita tidak tahu sebelumnya dia memegang sesuatu yang kotor misalnya sampah. Maka dari itu, alkohol atau desinfektan harus tersedia untuk membersihkan kenop pintu dan keran.

8. Gunakan lap berbeda

unsplash.com

Untuk membersihkan barang di rumah, kamu harus menyiapkan beberapa lap kering yang berbeda. Tidak mungkin kamu hanya menggunakan satu lap untuk digunakan di mana-mana. Tanpa disadari, kebiasaan memakai 1 lap untuk semua dapat mempermudah penyebaran kuman di area rumahmu.

9. Bersihkan tempat sampah
unsplash.com

Jangan sampai menunggu tempat sampah penuh dulu baru berinisiatif untuk membersihkannya. Usahakan untuk tetap membersihkannya seminggu sekali dengan cairan pembersih yang mengandung pemutih untuk menjaga aromanya. Meskipun menjadi tempat untuk sesuatu yang kotor, tempat sampah juga harus dijaga kebersihannya.

Itu dia beberapa hal yang mungkin disepelekan oleh banyak orang dan  sehingga terlupakan untuk dibersihkan. Untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga, hal kecil pun harus diberi perhatian. Sayangi keluarga dengan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Bak Langit dan Bumi, Begini Kisah Rumah Reyot di Tengah Apartemen Mewah Thamrin! | Keepo.me

Bak Langit dan Bumi, Begini Kisah Rumah Reyot di Tengah Apartemen Mewah Thamrin! | Keepo.me

7 Perubahan Sederhana yang Bikin Skripsimu Cepat Selesai

7 Perubahan Sederhana yang Bikin Skripsimu Cepat Selesai

Tak Punya Riwayat di Keluarga, Ibu Muda di Banyumas Lahirkan Bayi Kembar 4! | Keepo.me

Tak Punya Riwayat di Keluarga, Ibu Muda di Banyumas Lahirkan Bayi Kembar 4! | Keepo.me

Tips untuk Pendaki Pemula yang Mau Memulai Perjalanan ke Puncak Gunung

Tips untuk Pendaki Pemula yang Mau Memulai Perjalanan ke Puncak Gunung

Lebih Parah Dari Indonesia, ini Isi UU KUHP Versi USA, No 13 Bikin Muntah! | Keepo.me

Lebih Parah Dari Indonesia, ini Isi UU KUHP Versi USA, No 13 Bikin Muntah! | Keepo.me

8 Persiapan yang Harus Dimatangkan Sebelum Traveling Sendirian

8 Persiapan yang Harus Dimatangkan Sebelum Traveling Sendirian

loading