Dear Fresh Graduate, Begini 6 Cara Membuat Profil LinkedIn Menarik di Mata Employer

07 Februari 2018
|Chandra W.
0SHARES

Feeds Instagram mah rapi jali, isinya travelling, makan fancy, atau flat lay keren yang bikin iri. Tapi LinkedIn kosong melompong bingung mau diisi apa. Padahal sebentar lagi lulus. Atau malah sudah lulus dan belum dapat pekerjaan. Hmm, tahukah kamu bahwa banyak employer atau perusahaan yang screening melalui LinkedIn?

Supaya profil LinkedIn-mu terlihat menarik di mata employer, lakukan cara-cara berikut ini.

1. Lengkapi semua bagian profil

Profil LinkedIn ibarat curriculum vitae (CV). Semakin profesional, semakin menarik. Gimana caranya terlihat profesional apalagi menarik jika profilmu bolong-bolong? Lengkapi bagian pendidikan terakhir, pengalaman bekerja, keterampilan (tunjukkan bukti kongkritnya kalau ada. Misal: menulis esai. Lampirkan link esai tersebut atau misal esai tersebut menang di ajang tertentu). Lengkapi juga bagian summary agar employer bisa dengan mudah melihat kemampuan terbaikmu.

2. Koreksi, jangan sampai ada typo

Hanya karena LinkedIn sebuah aplikasi berbahasa Inggris, kamu nggak melulu harus mengisi deskripsinya dengan bahasa Inggris juga. Apalagi kalau bidang atau industri yang kamu tuju nggak menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari. Tapi, jangan sampai ada kata atau kalimat yang nggak padu dan typo. Kelihatan banget nggak profesional kalau begini.

3. Non-aktifkan pengaturan ‘Bagikan perubahan profil’

Nggak lucu dong kalau kamu masih mengubah banyak hal secara berkala dan ini muncul di linimasa koneksimu padahal perubahannya juga nggak signifikan. Nanti kalau kamu diterima di suatu tempat yang memang kamu banggakan atau bahkan naik jabatan, baru deh bagikan perubahan profil. Biar apa? Biar terlihat kalau kamu berproses.

4. Pasang foto profil terbaik

Ada sih orang yang nggak melihat orang lain dari penampilannya, tapi seberapapun nggak adilnya, dalam dunia pekerjaan dan ketika orang nggak ada informasi apapun tentang kamu, yang dilihat pasti penampilannya paling pertama. Makanya foto profil yang menarik sangat penting. Yang menarik itu yang bagaimana? Yang rapi. Nggak harus serta merta pakai jas, yang penting rapi dan enak dipandang.

5. Mengubah URL profil

Pada dasarnya, URL profilmu adalah kombinasi acak. Kamu bisa mengubahnya menjadi namamu sendiri. Caranya, pergilah ke bagian Privacy & Settings, lalu temukan Edit Public Profile di bawah Helpful Links. Setelah itu, ubah URL pada bagian Your public profile URL. Nanti ketika profilmu dibagikan, pasti terlihat lebih profesional.

6. Beri dan minta rekomendasi

Dalam kolom skill atau keahlian, kamu bisa mendapatkan endorse atau rekomendasi dari koneksi LinkedIn lainnya. Nah biar banyak yang endorse, kamu bisa mulai dengan meng-endorse yang lain atau minta rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah bekerja denganmu atau teman-temanmu.

Kalau sudah, jangan lupa tetap rajin mencari kerja bak dari platform LinkedIn maupun platform daring lainnya dan jobfair. Semoga cepat mendapatkan pekerjaan yang cocok denganmu!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Chandra W.
"Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca sampai akhir."
0SHARES