Dari Wisata Tematik Sampai Festival, Ini Hal-hal yang Hanya Kamu Jumpai Saat Libur Natal

pixabay.com

Setiap tanggal 25 Desember, umat Nasrani di seluruh dunia merayakan hari kelahiran Yesus Kristus atau yang biasa disebut sebagai Hari Natal termasuk di Indonesia. Di belahan Bumi utara, bulan Desember adalah saat salju mulai turun menyelimuti kota dengan warna putih yang menyejukkan mata. Kita yang di Indonesia tentu nggak bisa menikmati itu karena iklim tropis. Meski demikian, ada lho hal-hal yang hanya bisa kamu temui saat libur Natal di Indonesia. Apa saja ya?

1. Pohon Natal yang konvensional (cemara biasa) sampai pohon Natal dari botol plastik bekas

denpostnews.com

Setiap rumah pasti memiliki pohon Natal sendiri untuk dihias bersama keluarga. Biasanya, dipilih pohon cemara baik asli maupun artifisial, ukurannya bervariasi. Tapi di Gereja Baptis Indonesia tepatnya di Kediri, Jawa Timur ada yang berbeda. Di sini pohon Natal bukan berbentuk pohon cemara, melainkan berbentuk tumpukan botol plastik bekas yang diisi dengan limbah plastik lalu dihias sedemikian rupa sehingga tetap memancarkan keindahan yang sama, bahkan lebih indah dari pohon biasanya.

2. Santa Klaus di pusat perbelanjaan sampai yang bagi-bagi helm juga ada. Sudahkah kamu menjadi anak baik?

kupang.tribunnews.com

Setiap menjelang Natal, biasanya sejak awal bulan Desember, pusat-pusat perbelanjaan di seantero negeri sudah memasang dekorasi khas Natal. Tentu saja pohon Natal, dominasi warna merah, hijau, dan emas serta ditambah Santa Klaus yang duduk di suatu kursi merah dengan kantung besar berisi hadiah di sampingnya. Pengunjung akan dipersilakan untuk berfoto bersama Santa dan mendapatkan hadiah jika beruntung.

Lain halnya dengan apa yang dilakukan Satlantas Polres Sumba Timur. Mereka mengenakan pakaian Santa Klaus dan membagi-bagikan helm kepada pengendara motor yang melintas tanpa memakai helm. Baik banget, ya? Bukannya ditilang malah dikasih helm gratis. 

3. Tempat wisata tematik yang menghadirkan suasana musim dingin. Jangan lupa pakai baju hangat kalau ke sini!

wartakota.tribunnews.com

Meskipun secara iklim kita nggak mungkin mengalami musim dingin sampai salju turun dari langit, bukan berarti kita nggak bisa menikmati salju lho. Di Indonesia ada tempat-tempat wisata dadakan yang muncul ketika menjelang Natal. Misalnya di Bekasi ada Snow World International Revo Park dan di Malang ada Malang Snow Paradise. Di dalamnya kamu bisa melihat patung-patung es beraneka bentuk mulai dari pohon Natal sampai rusa-rusa Santa Klaus juga ada. Suhu di dalam dunia salju ini juga dingin banget mencapai minus 5 derajat Celcius. Kebayang dong gimana dinginnya?

4. Festival Natal selama satu bulan penuh di Manado

www.seputarsulut.com

Berbahagialah jika kamu merayakan Natal di Manado karena di sini kamu akan menemukan suasana yang benar-benar semarak. Kemeriahan perayaan Natal ini nggak Cuma bisa kamu rasakan H-7 atau H-1, melainkan dari tanggal 1 Desember! Ada Festival Natal yang menampilkan Kompetisi Ornamen Natal, Lomba Pohon Natal, Peluncuran Kendaraan Hias, Teater Natal dan masih banyak lagi. Seru banget kan?

5. Tukeran kado dari anak kecil sampai pegawai kantoran
beritagar.id

Tradisi ini memang sangat menyenangkan. Rasanya kayak punya Santa Klaus rahasia. Ihiiiir. Meskipun pada awalnya tradisi ini hanya dilakukan saat masih kecil atau saat sekolah, nyatanya banyak organisasi atau instansi yang mengadakan acara tukar kado. Bahagia ya, serasa kembali ke masa kecil.

giphy.com

Di antara itu semua, mana nih yang jadi favoritmu? Apapun tradisinya, bagaimanapun cara merayakannya, yang penting semangat dan damai Natal selalu menyertaimu. Selamat Hari Natal 2018!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Kematian Jonghyun Shinee Karena Bunuh Diri, Hentikan Komentar Menghakimi

Kematian Jonghyun Shinee Karena Bunuh Diri, Hentikan Komentar Menghakimi

Inilah 10 Foto Perjuangan Ibu Melahirkan Anaknya ke Dunia yang Bikin Mewek!

Inilah 10 Foto Perjuangan Ibu Melahirkan Anaknya ke Dunia yang Bikin Mewek!

Maksud Hati Diedit Agar Terlihat Menarik, 10 Foto Editan Ini Malah Bikin Ngakak!

Maksud Hati Diedit Agar Terlihat Menarik, 10 Foto Editan Ini Malah Bikin Ngakak!

7 Tanda Pacar Nggak Dewasa Ini Bisa Bikin Hubunganmu Porak Poranda

7 Tanda Pacar Nggak Dewasa Ini Bisa Bikin Hubunganmu Porak Poranda

Kenali Kepribadian Cowok Berdasarkan Sepatu Kesukaannya, Kamu yang Mana Nih?

Kenali Kepribadian Cowok Berdasarkan Sepatu Kesukaannya, Kamu yang Mana Nih?

10 Band Hebat Jogja Paling Sukses hingga Saat Ini. Siapa Mereka?

10 Band Hebat Jogja Paling Sukses hingga Saat Ini. Siapa Mereka?

loading